Pertanyaan Wawancara dengan Guru Kepala Sekolah Pengawas Sekolah Rekan sejawat dan Pakar

Pertanyaan Wawancara dengan Guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Rekan sejawat, dan Pakar

HermanAnis.com. Teman-teman semua, pembahasan kali ini masih tentang bagaimana merancang pembelajaran inovatif di mana kita akan membahas Pertanyaan Wawancara dengan Guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Rekan sejawat, dan Pakar. Pertanyaan-pertanyaan ini akan dijadikan dasar dalam melakukan wawancara untuk mengekplorasi akar masalah dari setiap identifikasi masalah yang telah di lakukan.

Baca Juga: Eksplorasi Alternatif Solusi

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Langkah-langkah Eksplorasi Penyebab Masalah

Kegiatan mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi akar masalah dan selanjutnya menentuan penyebab utama dari masalah tersebut merupakan landasan dalam suatu penelitian ilmiah.

Selain itu bagi teman-teman yang sedang mengikuti Pendidikan Program Profesi Guru (PPG), aktivitas ini merupakan kegiatan awal dalam aktivitas pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan proyek.

Berikut 5 langkah yang harus di lakukan dalam melakukan eksplorasi penyebab masalah:

Baca Juga : Penentuan Penyebab Masalah

  1. Mengelompokkan masalah yang teridentifikasi
  2. Melakukan kajian literatur untuk mengeksplorasi penyebab masalah yang di identifikasi
  3. Melakukan wawancara terkait masalah yang teridentifikasi dengan guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, rekan sejawat di sekolah, pakar yang di tentukan secara mandiri.
  4. Melakukan diskusi tentang hasil kajian literatur dan wawancara
  5. Melakukan presentasi hasil analisis beberapa penyebab masalah yang telah di identifikasi dan di eksplorasi penyebabnya.

Nah, pada tulisan ini kita hanya akan membahas untuk langkah nomor 3 yakni Pertanyaan Wawancara dengan Guru Kepala Sekolah Pengawas Sekolah Rekan sejawat dan Pakar.

Baca Juga: Soal Pedagogik PPG

Pertanyaan Wawancara dengan Guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Rekan sejawat, dan Pakar

Sebelum melakukan wawancara untuk mengekplorasi penyebab masalah pembelajaran yang akan ditindak lanjuti dalam bentuk rencana aksi, maka teman-teman harus mempersiapkan semua dokumen terkait identifikasi masalah pembelajaran yang telah dilakukan. Dokumen ini harus dibawa pada saat melakukan wawancara, jika wawncara dilakukan secara luring.

Pertanyaan Wawancara dengan Rekan Sejawat

Sebelum melakukan wawancara dengan rekan sejawat, terlebih dahulu teman-teman harus menetapkan siapa rekan sejawat yang akan di wawancarai. Untuk memperoleh informasi yang lebih komprehensif maka teman-teman dapat mengadakan FGD dengan beberapa guru sebidang.

Kemudian setelah itu, teman-teman menyiapkan hasil dokumentasi identifikasi masalah pembelajaran yang di hadapi. Dokumen tersebut, silahkan di printout kemudian di bawa pada saat melakukan wawancara.

Dalam melakukan wawancara dengan rekan sejawat terkait ekplorasi penyebab masalah dalam pembalajaran, Bapak/Ibu perlu fokus pada:

  1. Masalah yang telah di identifikasi.
  2. Pertanyaan yang di ajukan fokus pada:
    • Tanyakan apakah masalah yang telah di identifikasi juga di alami oleh rekan sejawat.
    • Tanyakan apa masalah-masalah yang di hadapi rekan sejawat terkait persiapan pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi.
    • Tanyakan apakah identifikasi masalah yang di lakukan tersebut rasional dan penting untuk di selesaikan menurut bapak/ibu guru.
    • Tanyakan menurut rekan guru bagaimana solusi dari setiap masalah yang telah di identifikasi.
    • Selalu mengaitkan pertanyaan yang di ajukan sesuai dengan tugas sebagai guru.
    • Pertanyaan yang di ajukan di harapkan dapat mendapatkan jawaban yang rasional beserta solusinya dan dapat di selesaikan oleh guru dalam rencana aksi nantinya.

Baca Juga: Identifikasi Masalah terkait membangun Relasi-Hubungan dengan Orang Tua

Dari hasil identifikasi tersebut, berikut daftar-daftar pertanyaan kepada rekan sejawat yang dapat di ajukan.

Sebelum memberikan pertanyaan, Bapak/Ibu perlu memberikan penjelasan bagaimana teman-teman semua melakukan identifikasi sehingga muncul data-data sepeti dalam tabel nomor 1 sampai nomor 4 di atas.

Kemudian, berdasarkan masalah nomor 1 dan 4 ini, Bapak/Ibu guru mahasiswa PPG dapat mempertanyakan:

  1. Apakah masalah yang telah di identifikasi juga di alami oleh bapak/ibu?
  2. Apa saja masalah-masalah yang di hadapi bapak/ibu terkait persiapan pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi?
  3. Apakah identifikasi masalah yang di lakukan tersebut rasional dan penting untuk di selesaikan menurut bapak/ibu guru?
  4. Menurut bapak/ibu, bagaimana solusi dari setiap masalah seperti itu?
  5. Bagaimana motivasi belajar peserta didik yang Anda temukan dalam proses pembelajaran?
  6. Bagaimana kondisi literasi dan numerasi pada mata pelajaran bersangkutan menurut pengamatan Anda?
  7. Bagaimana relasi Anda dengan siswa?
  8. Bagaimana cara Anda menyampaikan beberapa hal tentang siswa kepada orang tua apakah secara langsung atau melalui wali kelas?
  9. Apa model pembelajaran inovatif yang sudah dilakukan?
  10. Bagaimana cara Anda meningkatkan potensi diri terkait model pembelajaran inovatif?
  11. Bagaimana antusiasme peserta didik dengan model pembelajaran yang diterapkan?
  12. Bagaimana dengan penggunaan soal-soal HOTS dalam mata pelajaran Anda?
    Sejauh mana pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran?
  13. Apakah fasilitas dari sekolah sudah mendukung pembelajaran inovatif tersebut?
  14. Silahkan di kembangkan sendiri!

Baca Selengkapnya: Pertanyaan Wawancara dengan Rekan Sejawat dalam Eksplorasi Masalah dan Solusinya

Pertanyaan Wawancara dengan Kepala Sekolah

Dalam melakukan wawancara dengan kepala sekolah terkait ekplorasi penyebab masalah dalam pembalajaran, Bapak/Ibu perlu fokus pada:

  1. Masalah yang telah di identifikasi
  2. Pertanyaan yang di ajukan fokus pada:
    – mengkonfirmasi apakah masalah yg di identifikasi ada kemiripan dengan bidang studi, terjadi pada hampir semua MP, masalah rasional untuk di selesaikan oleh pewawancara atau tidak.
    – Mengaitkan pertanyaan yang di ajukan sesuai dengan tupoksi kepala sekolah.
    – Pertanyaan yang di ajukan di harapkan dapat mendapatkan jawaban yang rasional dan dapat di selesaikan oleh guru dalam rencana aksi nantinya.

Dari hasil identifikasi tersebut, buatlah daftar-daftar pertanyaan kepada kepala sekolah. Setelah daftarnya selesai, lakukan koordinasi dengan KS dan tentukan waktu untuk melakukan wawancara.

Sebelum melakukan wawancara, teman-teman dapat memberikan pengantar terlebih dahulu tentang kondisi real yang bapak/ibu alami kemudian, Bapak/Ibu dapat melanjutkannya dengan pertanyaan-pertanyan berikut:

  1. Apakah masalah yg telah saya identifikasi ini ada kemiripan dengan bidang studi lain, apa ini terjadi pada hampir semua MP, atau seperti apa pak/bu (kepala sekolah)?
  2. Menurut Bapak/Ibu (kepala sekolah), apakah masalah seperti ini rasional sebagai masalah real yang terjadi di sekolah atau seperti apa? Mohon pendapatnya pak/bu (kepala sekolah)?
  3. silahkan di kembangkan sendiri!

Baca Selengkapnya: Pertanyaan Wawancara dengan Kepala Sekolah terkait Eksplorasi Penyebab Masalah Pembelajaran

Pertanyaan Wawancara dengan Pakar

Sebelum melakukan wawancara dengan Pakar, terlebih dahulu teman-teman harus menetapkan siapa pakar yang akan diwawancarai. Kemudian teman-teman perlu menyiapkan hasil dokumentasi identifikasi masalah pembelajaran yang di hadapi. Dokumen tersebut, silahkan di printout kemudian di bawa pada saat melakukan wawancara.

Sebagai contoh Pertanyaan Wawancara dengan Pakar dalam Eksplorasi Masalah dan Solusinya, kita merujuk pada hasil identifikasi masalah yang telah di lakukan sebelumnya.

Dalam melakukan wawancara dengan pakar terkait ekplorasi penyebab masalah dalam pembalajaran, Bapak/Ibu perlu fokus pada:

  1. Masalah yang telah di identifikasi.
  2. Pertanyaan yang di ajukan fokus pada:
    • bagaimana perkembangan penelitian yang berkaitan dengan setiap masalah yang di identifikasi beserta solusi-solusi yang dapat di tawarkan?
    • mengkonfirmasi apakah masalah yg di identifikasi tersebut rasional dan penting untuk di selesaikan oleh guru atau tidak.
    • Mengaitkan pertanyaan yang di ajukan sesuai dengan kepakaran dari ahli.
    • Pertanyaan yang di ajukan di harapkan dapat mendapatkan jawaban yang rasional beserta solusinya dan dapat di selesaikan oleh guru dalam rencana aksi nantinya.

Baca Selengkapnya :

Demkian ini hanya contoh saja.
Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: