Eksplorasi Penyebab Masalah

Eksplorasi Penyebab Masalah -

HermanAnis.com. Teman-teman semua, pembahasan kali ini masih tentang bagaimana merancang pembelajaran inovatif dimana kita akan membahas tentang eksplorasi penyebab masalah. Sebagaimana di ketahui bahwa, setelah teman-teman melakukan identifikasi masalah, maka langkah selanjutnya adalah melakukan eksplorasi penyebab masalah. Pembahasan tentang hal ini, kita akan fokuskan pada langkah-langkah beserta aktivitas yang perlu di lakukan.

Baca Juga: Soal Pedagogik PPG

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Langkah-langkah dalam melakukan eksplorasi penyebab masalah

Teman-teman semua, setelah melakukan identifikasi masalah pembelajaran yang hasilnya berupa sejumlah masalah pembelajaran langkah selanjutnya adalah melakukan ekplorasi penyebab masalah tersebut atau yang lebih umum kita sebut sebagai akar masalah.

Khusus teman-teman yang sementara menyusun rencana penelitian atau yang sedang mengikuti Pendidikan Program Profesi Guru (PPG) Kemdikbud, langkah-langkah dalam melakukan eksplorasi penyebab masalah telah di berikan dalam LMS.

Baca Juga:

Baca Juga: Eksplorasi Alternatif Solusi

Berikut 5 langkah yang harus di lakukan dalam melakukan eksplorasi penyebab masalah:

  1. Mengelompokkan masalah yang teridentifikasi
  2. Melakukan kajian literatur untuk mengeksplorasi penyebab masalah yang di identifikasi
  3. Melakukan wawancara terkait masalah yang teridentifikasi dengan guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, rekan sejawat di sekolah, pakar yang di tentukan secara mandiri.
  4. Melakukan diskusi tentang hasil kajian literatur dan wawancara
  5. Melakukan presentasi hasil analisis beberapa penyebab masalah yang telah di identifikasi dan di eksplorasi penyebabnya.

Baca Juga:

Aktivitas pada setiap langkah eksplorasi masalah

Aktivitas yang dapat di lakukan pada setiap tahapan eksplorasi penyebab masalah dapat di lihat dalam tabel di bawah ini.

Tabel 1. Aktivitas pada setiap eksplorasi penyebab masalah

Aktivitas pada setiap langkah dalam Eksplorasi Penyebab Masalah

Baca Artikel Terkait:

Eksplorasi Penyebab Masalah
LangkahDeskripsi KegiatanAktivitas yang perlu dilakukanApa yang perlu di persiapkan
KeempatMelakukan diskusi tentang hasil kajian literatur dan wawancaraMelakukan FGD dengan teman sejawat, pakar untuk penajaman dan rasionalisasi akar masalah setiap masalah yang telah diidentifikasiKoordinasi dan konfirmasi kesediaan dengan teman sejawat, pakar (dosen pakar) yang di anggap dapat membantu.
KelimaMelakukan presentasi hasil analisis beberapa penyebab masalah yang telah di identifikasi dan di eksplorasi penyebabnya.Membuatkan slide presentasi yang menguraikan setiap masalah yang identifikasi lengkap dengan akar masalahnya berdasarkan hasil ekplorasi masalah.File hasil identifikasi masalah dan ekspolarasi penyebab masalah

Contoh Mengeksplor Masalah yang lain dapat dilihat dalam link artikel berikut: Contoh Mengeksplor Masalah

Tinggalkan pesan atau komentar jika anda menganggap informasi ini bermanfaat atau sekalian iklannya di klik juga yah. Hal tersebut sangat berarti bagi kami. Terima kasih.

Demikian, Semoga Bermanfaat.

Baca Artikel Terkait:

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: