Penentuan Solusi LK 2.2

Penentuan Solusi LK 2.2

HermanAnis.com. Teman-teman semua, pembahasan kali ini masih tentang bagaimana merancang pembelajaran inovatif di mana kita akan membahas Penentuan Solusi LK 2.2.

Setelah teman-teman menyelesaikan Eksplorasi Alternatif Solusi PPG 2022 langkah berikutnya adalah bagaimana penentuan solusi yang akan di ambil dalam menyelesaikan masalah berdasarkan eksplorasi penyebab masalah (akar masalah) dari identifikasi masalah, dan eksplorasi alternatif solusi, yang telah di lakukan sebelumnya.

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja di pisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Baca Juga: Model model Pembelajaran Inovatif

Langkah-langkah dalam Penentuan Solusi LK 2.2

Mengidentifikasi berbagai jenis solusi yang memungkinkan untuk alternatif solusi.

  • Menentukan solusi yang paling relevan dari alternatif solusi yang telah di eksplorasi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi (LK Penentuan solusi).
  • Melakukan kajian literatur untuk penentuan solusi sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan penentuan solusi.
  • Melakukan wawancara terkait penentuan solusi dengan guru/kepala sekolah/pengawas sekolah/rekan sejawat di sekolah, pakar yang di tentukan secara mandiri sebagai bahan untuk menyusun dan mempersiapkan bahan presentasi penentuan solusi.

Pada pembahasan kali ini kita akan memberikan cara dan penjelasan untuk mengerjakan Penentuan Solusi LK 2.2 pada kegiatan PPG dalam jabatan 2022 yaitu pada bagian penentuan solusi. Tampilan isian Penentuan Solusi LK 2.2 akan seperti pada gambar di bawah ini.

Penentuan Solusi LK 2.2

Jika informasi ini bermanfaat, jangan lupa untuk mengklik iklan yang tampil. Hal tersebut akan sangat berarti dan menjadi penyemangat bagi kami. Terima kasih.

Baca Juga: Identifikasi Masalah Model Pembelajaran Inovatif

Isian Penentuan Solusi LK 2.2

Pedoman untuk mengisi kolom kolom pada Penentuan Solusi LK 2.2 di atas, teman-teman bisa mengikuti petunjuk dari dosen dan guru pamongnya, sebagai tambahan petunjuk, berikut kami berikan penjelasan tambahan, mudah-mudahan dapat membantu.

Kolom Eksplorasi Alternatif Solusi

Kolom ini di isi dengan hasil ekplorasi alternatif solusi berdasarkan tabel 2.1. Isikan kolom ini dengan semua alternatif solusi yang telah di peroleh berdasarkan kajian literatur baik dari jurnal maupun dari hasil wawancara dengan pakar, pengawas sekolah, kepala sekolah, guru sebidang.

Semakin komprehensif isin kolom ini maka akan semakin mudah dalam menentukan solusi yang relevan antinya.

hasil ekplorasi alternatif solusi berdasarkan tabel 2.1

Penentuan Solusi LK 2.2 kolom solusi yang relevan

Untuk mengisi kolom ini teman-teman perlu mencermati masalah dan akar masalah yang telah teridentifikasi sebelumnya. Anda perlu menuliskan beberapa solusi yang relevan untuk di selesaikan dalam pembelajaran.

Namun, perlu di perhatikan bahwa alternatif solusi yang di pilih adalah altenatif solusi yang benar-benar rasional untuk di selesaikan dan solusi ini di yakini dapat menyelesaikan masalah yang di pilih sebelumnya.

Baca Artikel Terkait:

Tips Penentuan Solusi Melalui Kajian Literatur dan Wawancara

Kajian Literatur

  • Pahami isi literatur yang di anggap relevan dengan membacanya secara berulang-ulang.
  • Pada artikel, alasan solusi tersebut di anggap tepat biasanya di uraikan oleh penulis artikel pada bagian pendahuluan, kajian pustaka, atau pembahasan

Wawancara

Buat/siapkan pertanyaan yang berfokus pada penentuan solusi dari alternatif solusi untuk menyelesaikan masalah.

Contoh:

  • Masalah: Kemandirian belajar siswa rendah
  • Pertanyaan: “Dari beberapa alternatif solusi yang ada, solusi manakah yang di anggap paling relevan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa?”

Berdasarkan hasil kolom solusi yang relevan, teman-teman perlu untuk memberikan analisis secara teoritik dan secara praktis berupa deskripsi bagian-per bagian dari solusi yang di pilih. Contohnya ada pada tabel di bawah.

Penentuan Solusi LK 2.2

Cara mengisi kolom Analisis Penentuan Solusi

Cara mengisi LK 2.2 Penentuan solusi kolom Analisis alternatif solusi. Contoh untuk mengisi kolom analisis alternatif solusi ada dalam tabel di bawah ini.

Cara mengisi kolom Analisis Penentuan Solusi

Demikian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: