Ukuran Lapangan Panahan

3 min read

Gambar lapangan panahan beserta lukurannya

HermanAnis.com.  Bagaimana Ukuran Lapangan Panahan yang sesuai standar internasional, informasinya ada dalam tulisan ini, untuk selengkapnya silahkan melanjutkan membaca.

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Selain lapangan panahan, dalam hemananis.com, teman teman juga dapat memperoleh informasi tentang lapangan olahraga beserta ukurannya seperti:

  1. Pencak Silat,
  2. Tenis Meja
  3. Bola Voli,
  4. Bola Kasti
  5. Tenis Meja,
  6. Bola Basket,
  7. Bulu Tangkis,
  8. Sepak Takraw,
  9. Lompat Jauh,
  10. Tolak Peluru,
  11. Tenis,
  12. Lempar Lembing, dan
  13. Futsal.

Ukuran Lapangan Panahan – Peralatan Panahan Secara Umum

Olahraga panahan (Inggris:Archery) adalah suatu kegiatan menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah.

“Panah adalah semacam senjata yang berupa barang panjang, tajam pada ujungnya di beri bulu pada pangkalnya yang di lepaskan dengan busur, sedangkan memanah adalah melepaskan anak panah terhadap target”.

Seseorang yang gemar atau merupakan ahli dalam memanah di sebut juga sebagai pemanah.

Menurut berbagai sumber sejarah, panahan merupakan salah satu olahraga tertua di dunia yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Peralatan utama yang di gunakan dalam memanah yaitu busur/bow dan anak panah/arrow.

Selain itu, terdapat peralatan pendukung seperti kantong panah/quiver, pelindung jari/finger tab, pelindung lengan/armguard, teropong/field glasses, alat pembidik/visir, alat peredam getaran/stabilizer, dan juga beberapa peralatan penunjang seperti sasaran, yang terdiri dari bantalan/buttress, penopang bantalan/standard dan sasaran tembak/face target.

Jenis-Jenis Busur Panah – Ukuran Lapangan Panahan

Ukuran Lapangan Panahan

Jenis-jenis busur yang umum di gunakan – Ukuran Lapangan Panahan

Recurve Bow

Jenis busur yang ujungnya melekuk ke arah depan. Ujung ini akan melurus ketika busur di tarik. Hal ini akan memberikan kecepatan ekstra kepada anak panah

Long Bow

Merupakan panah jenis self-bow, panjangnya lebih dari 1,5 meter.

Takedown Bow

Takedown bow adalah jenis panah yang bisa di pisah bagiannya. Terdiri dari sebuah riser (bagian tengah), dua limb (pinggiran), dan bow string.

Compound Bow

Merupakan salah satu busur paling modern. Busur ini menggunakan sistem katrol sehingga memudahkan dan meringankan pemakainya.

Horse Bow

Busur yang secara khusus di buat untuk memanah sekaligus berkuda, busur ini cenderung lebih ringan dengan desain yang simple dan tanpa arrow rest.

Dimensi Busur Panah – Ukuran Lapangan Panahan

Ukuran Lapangan Panahan

Ukuran Lapangan Panahan – Sebelum memilih panah, seorang pemanah harus mengetahui dulu panjang tarikan tangannya. Panjang tarikan ini di ukur dengan mengukur panjang rentang tangan lebih dahulu.

Besar panjang rentang tangan ini bisa berbeda walaupun tinggi badan pemanah sama. Untuk mengukur rentang tangan ini gunakan ukuran inchi karena pada umumnya busur panah di jual dengan ukuran inchi.

Setelah panjang rentang tangan di dapat, maka hasil tersebut di bagi 2,5. Misal: seorang anak panjang rentang tangannya adalah 60, maka 60 : 2,5=24.

Ukuran Lapangan Panahan

Angka 24 ini adalah panjang tarikan tangan. Setelah itu lihatlah tabel ukuran busur anak dan dewasa yang cocok di bawah ini:

Ukuran Lapangan Panahan

Baca Juga: Sikap Lilin adalah Sikap Meluruskan Badan dengan Sikap

Ukuran Lapangan Panahan

Ukuren lapangan panahan memang memiliki ketentuannya sendiri. Biasanya dalam perlombaan atau pertandingan panahan terdapat penggunaan lapangan yang terdiri dari dua bagian seperti lapangan outdoor dan lapangan indoor.

Kedua jenis lapangan ini memiliki beberapa ketentuan di dalamnya seperti di bawah ini:

Ukuran Lapangan Panahan
  • Terdapat kamera di setiap sudutnya sehingga penilaian yang di lakukan oleh juri ketika berlangsungnya pertandingan dapat lebih mudah.
  • Ada/Terdapat batas jalur pada tempat peserta laki laki dan perempuan. Ukuran lebar jalur tersebut sekitar 5 meter.
  • Memiliki tiang penopang papan sasaran yang setiap tiangnya di berikan angka. Selain itu tiang harus kokoh dengan benar dan tertanam dalam tanah agar ketika memanah tidak ada kesalahan yang di lakukan oleh pemanah.
  • Dalam satu lapangan harus ada jumlah target minimal sebanyak 1 – 3 target. Pemasangan ini di lakukan pada masing masing lajur dan harus jelas pula tandanya.
  • Ukuran lapangan olahraga panahan ini memiliki jarak sasaran yang berbeda beda antara peserta laki laki dan perempuan. Untuk pemanah laki laki menggunakan jarak lapangan umum dengan urutan jarak 30, 50, 70, dan 90 m.
  • Sedangkan untuk pemanah perempuan menggunakan jarak lapangan umum dengan urutan jarak 30, 40, 60, dan 70 m.

Lapangan untuk pemainan – Ukuran Lapangan Panahan

Ukuran Lapangan Panahan – Lapangan Indoor yang di gunakan adalah lapangan atau kawasan yang mempunyai permukaan rata yang bertujuan untuk memperkecil kemungkinan cedera pada pemain dan lapangan ini di kelilingi oleh jaring/dinding pengaman untuk keselamatan di mana terjadi anak panah keluar (nyasar) dari lapangan.

Untuk ukuran yang di pakai khususnya pada game archery war battle adalah sekurang-kurangnya 55 x 33 meter.

Lapangan indoor untuk archery horse riding Lapangan khusus untuk bermain panahan sambil berkuda

Busur dan Anak Panah Khusus

Ukuran Lapangan Panahan – Khusus untuk permainan archery war battle, menggunakan arrow dengan point tumpul yang sudah di lapisi busa/pengaman di ujungya.

Safe Mask

Ukuran Lapangan Panahan – Mask berfungsi sebagai pelindung kepala pemain dari lemparan anak panah musuh.

Tempat Berlindung

Ukuran Lapangan Panahan – Terdapat beberapa jenis tempat berlindung yang akan di letakkan di lapangan panahan. Tempat berlindung tersebut dapat terbuat dari balon keras, dapat juga bungker yang terbuat dari papan kotak, drum, atau benda yang dapat melindungi pemain dari serangan musuh.

Berikut tempat berlindung yang sering di gunakan dalam bermain panahan.

Eva Foam Target

Ukuran Lapangan Panahan – Peralatan Eva foam target adalah peralatan yang di gunakan dalam bermain archery war battle yang fungsinya sebagai sasaran tembak nilai point dari para pemain.

Eva Foam Target - Panahan

Moving Target Track

ing Target Track -  Panahan

Peralatan ini berfungsi sebagai track target sasaran pada permainan archery moving target.

Uniform

Ukuran Lapangan Panahan – Seragam atau uniform berfungsi untuk membedakan kedua team yang sedang bertanding.

Sumber Rujukan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: