Gambar Lapangan Lompat Jauh beserta Ukurannya

2 min read

Gambar lapangan lompat jauh

HermanAnis.com.  Bagaimana gambar lapangan lompat jauh beserta ukurannya yang sesuai standar internasional, informasinya ada dalam tulisan ini, untuk selengkapnya silahkan melanjutkan membaca.

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Selain lapangan Lompat Jauh, dalam hemananis.com, teman teman juga dapat memperoleh informasi tentang lapangan olahraga beserta ukurannya seperti :

  1. Pencak Silat,
  2. Tenis Meja
  3. Bola Voli,
  4. Bola Kasti
  5. Tenis Meja,
  6. Bola Basket,
  7. Bulu Tangkis,
  8. Sepak Takraw,
  9. Tolak Peluru,
  10. Panahan,
  11. Tenis,
  12. Lempar Lembing, dan
  13. Futsal.

Gambar Lapangan Lompat Jauh beserta Ukurannya

Lompat Jauh adalah jenis olahraga atletik yang membutuhkan kecepatan, ketangkasan dan kekuatan seorang atlet untuk melompat sejauh mungkin dari titik lepas landas atau garis lompat kemudian melayang di udara dan mendarat sejauh-jauhnya dalam bak pasir.

Sebelum kita membahas tentang Gambar Lapangan Lompat Jauh beserta Ukurannya, terlebih dahulu akan diuraikan beberapa teknik dasar dalam lompat jauh dan macam-macam gaya lompat Jauh.

Teknik Dasar Lompat Jauh

Lompat jauh mempunyai teknik-teknik dasar. Teknik-teknik yang harus di pejari ketika akan melakukan olahraga lompat jauh di antaranya adalah:

Teknik awalan

Teknik awalan Lompat jauh

Pelompat melakukan ancang-ancang sekitar 20-30 meter dari garis lompat kemudian mendekati garis tersebut sambil meningkatkan kecepatan lari.

Namun jumper harus bisa mengendalikan kecepatan lari, terutama di 3-5 akhir sebelum garis lompat dan mempersiapkan untuk melakukan pengalihan dari kecepatan lari awalan (gerak horizontal) menuju tolakan/loncatan (gerek vertikal).

Teknik Tolakan atau Loncatan

Tolakan adalah tahap di mana kaki melakukan lompatan di garis lompat untuk mengangkat tubuh ke atas dan melayang di udara sebelum nanti mendarat.

Teknik Tolakan atau Loncatan Lompat jauh

Ketika melakukan tolakan, kaki sedikit di bengkokan, kaki di tapakan dan tungkai di luruskan. Pada, gerakan tolakan ini memerlukan kekuatan, kecepatan dan konsentrasi agar kaki tidak melewati batas garis loncat.

Teknik Melayang

Teknik Melayang atau Loncatan Lompat jauh

Gerakan kaki seperti berjalan ketika posisi tubuh melayang, itu akan memudahkan dan memperluas jarak pendaratan anda. Selain itu, ada beberapa hal yang harus di perhatikan ketika tubuh jumper berada dalam posisi melayang di antaranya:

  1. Menjaga keseimbangan badan.
  2. Berusaha melayang di udara selama mungkin
  3. Mempersiapkan kaki untuk melakukan pendaratan.

Teknik Pendaratan

Teknik Pendaratan Lompat Jauh

Pendaratan di lakukan dengan cara menundukan kepala, mengayunkan lengan dan menggerakan pinggang ke arah depan. Hal ini di lakukan agar ketika proses pendaratan.

Anggota badan lain tidak menyentuh pasir lebih belakang daripada kaki. Sehingga, untuk mengasah 4 teknik lompat jauh di atas, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, di antaranya:

  1. Mementukan jarak ancang-ancang yang tepat
  2. Menentukan irama lari awalan
  3. Mengasah dan mencoba beragam teknik tolakan, melayang dan juga pendaratan

Macam-Macam Gaya Lompat Jauh

Ada tiga gaya dalam olehraga lompat jauh, yaitu gaya:

  1. Jongkok atau melayang
  2. Berjalan di Udara, dan
  3. Menggantung

Gaya Jongkok / Gaya Mengambang

Model pertama ini merupakan gaya lompat jauh tertua, gaya jongkok mudah di lakukan karena pelompat hanya harus menekuk kedua kaki mirip seperti posisi jongkok ketika melayang di udara.

Gaya Berjalan di Udara

Bila gaya jongkok adalah gaya lompat jauh tertua. Gaya berjalan di udara atau walking in the air adalah gaya terpopuler para pelompat jauh Profesional, karena, gaya ini sangat efektif untuk menghasilkan lompatan terjauh di bandingkan gaya lainnya.

Teknik lompat jauh berjalan di udara di mulai dari saat kaki tumpu melakukan tolakan atau loncatan. Ketika tubuh melayang di udara lakukan gerakan seperti melangkahkan kaki atau seperti anda sedang berjalan.

Gaya Menggantung

Teknik lompat jauh menggantung adalah teknik di mana ketika tubuh melayang posisi dada di busungkan ke depan kedua tangan di angkat keatas sedangkan kedua kaki di tekuk kebelakang.

Hal ini untuk membuat tubuh selama mungkin berada di udara

Gambar Lapangan Lompat Jauh beserta Ukurannya

Gambar Lapangan Lompat Jauh beserta Ukurannya

Untuk membuat arena olahraga lompat jauh, ada ukuran dan standar sendiri dalam olahraga ini.

Gambar Lapangan Lompat Jauh beserta Ukurannya

Keterangan Gambar:

  • Panjang bak lompat jauh : 9 meter
  • Lebar bak lompat jauh : 2,75 meter
  • Panjang lintasan untuk awan lari sebelum melompat : 13-45 meter
  • Lebar lintasan untuk awan lari sebelum melompat : 1,22 meter
  • Panjang papan tumpu lompat jauh : 1,22 meter
  • Lebar papan tumpu lompat jauh : 20 meter
  • Pada area bak lompat jauh diisi dengan pasir

Gambar Lapangan Lompat Jauh beserta Ukurannya: Lintasan Lari Awalan

Panjang lintasan standar yang di gunakan jumper untuk melakukan ancang-ancang minimum sekitar 40 meter (131 kaki) dengan lebar 1,22 m sampai 1,25 m.
Kemudian pada samping kanan dan kiri lintasan di beri garis putih selebar 5 cm.

Gambar Lapangan Lompat Jauh beserta Ukurannya: Papan Tolak

Papan tolak berbentuk segi empat, terbuat dari kayu atau bahan lain yang sesuai dan di cat warna putih. Sehingga, papan tolakan ditanam tak kurang dari 1 meter dari tepi dekat tempat pendaratan.

Jarak papan tolak dengan sisi terjauh dari tempat pendaratan minimal 10 m. Untuk itu maka, papan tolak perlu di tanam di tanah dan bagian tanahnya rata dengan tanah lintasan.

Di belakang garis tolakan/loncatan tersebut kemudian di pasang papan plastisin atau bahan lainnya yang akan membuat tanda apabila jumper meloncat melewati garis loncatan.

Gambar Lapangan Lompat Jauh beserta Ukurannya: Tempat Pendaratan

Lebar dari tempat pendararan lompat jauh minimal 2,175 meter. Untuk itu, bak pendaratan ini di isi dengan pasir yang lembut halus dan sedikit basah dan juga permukaannya harus rata dengan permukaan garis loncat

Sumber:

Demikian pembahasan tentang
Gambar Lapangan Lompat Jauh beserta Ukurannya,
semoga ada manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: