Lapangan Bola Voli beserta Ukurannya

3 min read

Lapangan Bola Voli beserta Ukurannya

HermanAnis.com. Teman-teman semua, pembahasan kita kali ini masih terkait dengan lapangan olehraga, dimana kita akan membahas tentang Lapangan Bola Voli beserta Ukurannya.

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Fasilitas Lapangan Bola Voli beserta Ukurannya

Pembahasan pada Fasilitas Lapangan Bola Voli beserta Ukurannya akan membahas bagaimana detail daerah permainan, ukuran luas, permukaan lapangan,

Posisi Pemain Bola Voli

Daerah Permainan

Daerah permainan meliputi lapangan permainan dan daerah bebas. Nah, daerah permainan tersebut harus berbentuk segi empat dan simetris.

Ukuran Luas Lapangan Bola Voli beserta Ukurannya

Ukuran Luas Lapangan Bola Voli beserta Ukurannya dapat di lihat dalamm gambar di bawah ini.

Lapangan Bola Voli beserta Ukurannya

Lapangan permainan berbentuk persegi panjang dengan ukuran 18 x 9 m, di kelilingi oleh daerah bebas dengan minimal di semua sisi 3m. Daerah bebas permainan adalah ruang di atas daerah permainan yang bebas dari segala halangan.

Daerah bebas permainan harus memiliki ketinggian minimal 7 m dari permukaan lapangan. Untuk kejuaraan Dunia dan Pertandingan Resmi FIVB, daerah bebas harus berukuran minimal 5 m dari garis samping dan 8 m dari garis akhir. Daerah bebas permainan harus memiliki ketinggian minimal 12,5 m dari permukaan lapangan.

Gambar Lapangan Bola Voli beserta Ukurannya

Permukaan Lapangan Permainan

Permukaan harus datar, horizontal, dan seragam. Tidak boleh sampai menimbulkan bahaya cidera bagi pemain. Tidak di perkenankan bermain di permukaan lapangan yang tidak rata atau licin.

Untuk Kejuaraan Dunia dan Pertandingan Resmi FIVB, hanya di perkenankan permukaan lapangan yang terbuat dari kayu atau sintetis. Jenis permukaan lapangan yang lain harus mendapat pengesahan dari FIVB.

Untuk lapangan indoor permukaan lapangan berwarna terang. Untuk Kejuaraan Dunia dan Pertandingan Resmi FIVB, untuk garis di gunakan warna putih. Warna-warna lain, yang berbeda di gunakan untuk lapangan permainan dan daerah bebas.

Semntara untuk lapangan outdoor di perkenankan kemiringan 5 mm per meter untuk keperluan drainase. Tidak di perkenankan membuat garis lapangan dari bahan padat yang keras.

Garis-Garis Lapangan Lapangan Bola Voli beserta Ukurannya

Semua garis lebarnya 5 cm. Garis-garis tersebut harus berwarna terang dan berwarna lain dari lantai dan garis-garis lainnya.

Garis-Garis Batas

Lapangan permainan di tandai dengan dua garis samping dan dua garis akhir. Garis-garis tersebut termasuk dalam lapangan permainan.

Garis Tengah

Poros dari garis tengah membagi lapangan permainan menjadi dua bagian lapangan yang sama, dengan ukuran masing-masing 9 x 9 m. Garis ini terdapat di bawah net, menghubungkan garis samping ke garis samping lainnya.

Garis Serang

Pada setiap lapangan, daerah serang (depan) di tandai oleh garis serang, yang di buat dengan jarak 3 m kea rah belakang dari poros garis tengah.

Untuk Kejuaraan Dunia dan Pertandingan Resmi FIVB, garis serang di tambah dengan garis putus-putus dari garis samping dengan total panjang 1,75 m, yang terdiri dari garis-garis pendek 15 cm, lebar garis 5 cm dan di buat dengan jarak 20 cm setiap garis.

Daerah depan (serang) Lapangan Bola Voli beserta Ukurannya

Dalam setiap lapangan, daerah depan (serang) di batasi poros garis tengah dan ke belakang sampai garis serang. Daerah depan (serang) mempunyai perpanjangan garis samping yang tidak terbatas hingga akhir daerah bebas.

  • Daerah servis adalah daerah selebar 9 m di belakang setiap garis akhir.
    Daerah ini di batasi oleh dua garis pendek sepanjang 15 cm yang di buat 20 cm di belakang garis akhir, sebagai kepanjangan dari garis samping.
    Kedua garis pendek tersebut sudah termasuk di dalam batas daerahservis.
    Perpanjangan daerah servis adalah ke belakang sampai batas akhir daerah bebas.
  • Daerah pergantian di batasi oleh perpanjangan dari ke dua garis serang hingga ke meja pencatat (skorer).
  • Daerah pemanasan untuk Kejuaraan Dunia dan Pertandingan Resmi FIVB, daerah pemanasan berukuran 3 x 3 m, tempatnya adalah di kedua pojok bangku cadangan, di luar daerah bebas.
  • Daerah penalti berukuran 1 x 1 m dan di lengkapi dengan dua bangku yang terletak di daerah kontrol, yaitu daerah di luar perpanjangan garis akhir. Daerah ini di batasi oleh garis merah selebar 5 cm.

Penerangan Lampu

Untuk Kejuaraan Dunia dan Pertandingan Resmi FIVB, penerangan lampu pada lapangan pertandingan harus 1000 sampai 1500 lux, pada jarak 1 m di atas lapangan permainan.

Net Lapangan Bola Voli beserta Ukurannya

Di pasang tegak lurus di atas garis tengah, dengan ketinggian 2,43 m untuk putra dan 2,24 m untuk putri. Ketinggian net di ukur dari tengah lapangan permainan. Tinggi net (di atas kedua garis samping) harus tepat sama tinggi dan tidak boleh lebih tinggi dari 2 cm.

Ukuran Tiang dan Net olahraga bola voly

a. Struktur Net,

Lebar net 1 m dan panjang 9,50 – 10 m (dengan pita samping 25-50 cm di setiap sisi), terbuat dari jalinan mata jala hitam 10 cm, berbentuk persegi. Pada puncak net terdapat pita horizontal selebar 7 cm, terbuat dari 2 lapis kain kanvas putih yang terpasang memanjang sepanjang net.

Setiap akhir pita terdapat sebuah lubang, melalui lubang itu di masukkan tali untuk menaris pita ke tiang-tiang agar net tersebut tegang. Di dalam kanvas terdapat kabel yang lentur untuk mengencangkan net ke tiang-tiang dan menjaga ketegangannya.

Pada bagian bawah net terdapat pita horizontal selebar 5 cm, mirip dengan pita bagian atas yang juga di lalui tali. Tali itu untuk mengencangkan net ke tiangtiang dan menjaga bagian bawah net tetap tegang.

b. Pita Samping

Dua pita putih di pasang tegak lurus pada net dan di pasang pada setiap sisi net.

c. Antena

Sebuah antenna adalah tongkat yang lentur, sepanjang 1,80 m dan bergaris tengah 10 mm, terbuat dari fiberglass atau bahan sejenis. Sebuah antenna di pasang pada bagian luar dari setiap pita samping. Antena di letakkan berlawanan pada sisi-sisi net.

Tinggi antenna di atas net adalah 80 cm dan diberi garis-garis yang berwarna kontras sepanjang 10 cm, lebih baik berwarna merah dan putih. Antena adalah bagian dari net dan sebagai batas samping dari daerah (ruang) penyeberangan bola.

Tiang-Tiang Lapangan Bola Voli beserta Ukurannya

Sebagai penunjang net, tiang-tiang di letakkan dengan 0,50 – 1,00 m di luar garis samping. Tinggi 2,55 m dan sebaiknya dapat di atur naik turunnya. Untuk Kejuaraan Dunia dan Pertandingan Resmi FIVB, tiang- tiang di tempatkan pada jarak 1 m di luar garis samping.

Tiang harus bulat dan licin, di tegakkan pada lantai tanpa bantuan kawat-kawat. Tiang harus tidak membahayakan atau ada perlengkapan yang merintangi.

Sumber rujukan:

  • Dwi Yulia Nur Mulyadi & Endang Pratiwi. 2020. PEMBELAJARAN BOLA VOLI. Bening Media Publishing.

Selain lapangan bola voli, dalam hemananis.com, teman teman juga dapat memperoleh informasi tentang lapangan olahraga beserta ukurannya seperti:

  1. Pencak Silat,
  2. Bola Kasti
  3. Tenis Meja,
  4. Bola Basket,
  5. Sepak Takraw,
  6. Lompat Jauh,
  7. Tolak Peluru,
  8. Panahan,
  9. Tenis,
  10. Lempar Lembing, dan
  11. Futsal.

Demikian semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: