Gambar Lapangan Tenis Meja Lengkap dengan Ukurannya

2 min read

Ukuran lapangan tenis meja

HermanAnis.com. Tenis meja merupakan cabang olahraga yang populer di negara kita maupun secara internasional, dalam tulisan ini akan diberikan gambar Lapangan Tenis Meja Beserta Ukurannya sesuai standar internasional.

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Selain lapangan tenis meja, dalam hemananis.com, teman teman juga dapat memperoleh informasi tentang lapangan olahraga beserta ukurannya seperti:

  1. Pencak Silat,
  2. Bola Voli,
  3. Bola Basket,
  4. Bulu Tangkis,
  5. Sepak Takraw,

Gambar Lapangan Tenis Meja Beserta Ukurannya

Gambar Lapangan Tenis Meja Beserta Ukurannya

Dalam prakteknya olahraga ini merupakan olahraga yang di mainkan oleh 2 orang pemain atau 2 pasang pemain yang saling berhadapan di lapangan yang berbentuk meja kayu yang sudah di lapisi karet dan di beri garis dan net.

Selanjutnya, dalam pertandingan, masing-masing pemain tenis meja akan di berikan bet atau raket sendiri sebagai alat pemukul bola ping pong, mereka akan berusaha mencetak poin sebanyak-banyaknya agar bisa menang.

Sehingga, bagi teman-teman penggemar olahraga tenis meja atau sedang ingin membuat lapangan tenis meja sendiri di rumah. Maka perlu mengetahui terlebih dulu berapa ukuran lapangan tenis meja standar nasional dan internasional. Untuk itulah, maka dalam tulisan ini akan di uraikan bagaimana Gambar Lapangan Tenis Meja Beserta Ukurannya.

Ukuran Meja Lapangan Tenis Meja

Dalam membuat lapangan tennis meja yang baik harus sesuai dengan ukuran standar internasional baik meja pertandingan maupun jaring net yang di gunakan.

ukuran Meja Lapangan Tenis Meja

Ukuran Meja Lapangan Tenis Meja sebagai berikut;

  • Ukuran Panjang = 274 cm
  • Lebar = 152,5 cm
  • Ukuran tebal garis sisi = 2 cm
  • Tinggi meja dari lantai lapangan = 76 cm
  • Luas = 4,1785 meter persegi
  • Lebar meja tenis : 152,5 cm
  • Ketebalan meja/papan : 3 cm

Tiang Net dan Jaring Net

Layaknya permainan tenis lapangan, tenis meja juga menggunakan net atau jaring sebagai batas tengah meja tenis. Di sini net juga berfungsi sebagai pemisah antara daerah pemain.

Selanjutnya, ukuran dan detail net lapangan tenis meja yang sesuai dengan standar adalah,

  • Ukuran Panjang/lebar Net = 183 cm
  • Tinggi Net = 15,25 cm
  • Ukuran Tiang penyangga net berjarak 15,25 cm (Jarak Meja Ke Tiang) dari batas permukaan meja tenis.
  • Jaring atau net akan di bentangkan dan di ikat di tiang dengan tali net.
  • Luas Net = 0,279075 meter persegi
Tiang Net dan Jaring Net

Ukuran Bet Tenis Meja 

Ukuran Bet

Ukuran standar bet yang di gunakan pemain tenis meja untuk memukul bola sesuai dengan standar Nasional dan Internasional yaitu,

  • Untuk Panjang bet long handle : 25,5 cm untuk bet short handle : 24 -24,5 cm
  • Lebar bet : 15 cm

Bola Tenis Meja

Bukan hanya alat pemukul bola saja yang membedakan antara tenis meja dan tenis lapangan, namun bola yang di pakai juga berbeda. Umumya bola tenis meja berwarna putih atau oranye dan terbuat dari bahan selulosa yang ringan. Selain itu, pada bola tenis meja terkadang ada gambar bintang, mulai bintang 1 sampai bintang 3. Ini adalah tanda di mana bola yang mempunyai bintang banyak adalah bola yang paling berkualitas.

Bola Tenis Meja

Berikut adalah detail ukuran bola yang di gunakan tenis meja:

  • Diameter bola tenis meja : 40 mm
  • Berat bola : 2,7 gram
  • Warna bola : Putih/oranye.

Baca Juga:

  1. Bola Kasti
  2. Lompat Jauh,
  3. Tolak Peluru,
  4. Panahan,
  5. Tenis Lapangan,
  6. Lempar Lembing, dan
  7. Futsal.

Sejarah Tenis Meja di Indonesia tentang Gambar Lapangan Tenis Meja Beserta Ukurannya

Menurut catatan sejarah, tenis meja di temukan di Inggris pada abad ke-19. Permainan ini dulunya sering di mainkan oleh orang-orang kaya untuk mengisi waktu setelah makan malam.

Di Indonesia sendiri, tenis meja mulai dikenal dari tahun 1930, saat itu permainan tenis meja hanya di mainkan ketika ada acara pertemuan orang-orang belanda sebagai olahraga atau permainan hiburan.

Selanjutnya, pada tahun 1939 para penggemar tenis meja di Indonesia mendirikan sebuah organisasi PPPSI atau persatuan ping pong seluruh Indonesia. Kemudian, pada tahun 1958 PPPSI resmi berganti nama menjadi PTMSI atau persatuan tenis meja seluruh Indonesia. 

Jika informasi ini bermanfaat, jangan lupa untuk mengklik iklan yang tampil. Hal tersebut akan sangat berarti dan menjadi penyemangat bagi kami. Terima kasih.

Demikian pembahasan tentang Gambar Lapangan Tenis Meja Beserta Ukurannya.
semoga bermanfaat.

Telusuri Artikel Lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *