Gambar Lapangan Tenis Meja Lengkap dengan Ukurannya

5 min read

Gambar Lapangan Tenis Meja Lengkap dengan Ukurannya

HermanAnis.com. Teman-teman semua, pembahasan kita kali ini masih terkait dengan lapangan olehraga, dimana kita akan membahas tentang Gambar Lapangan Tenis Meja Lengkap dengan Ukurannya. Tenis meja merupakan cabang olahraga yang populer di negara kita maupun secara internasional.

Lapangan tenis meja memiliki ukuran standar yang telah ditetapkan oleh International Table Tennis Federation (ITTF). Berikut adalah deskripsi dan ukuran standar lapangan tenis meja:

  1. Panjang Lapangan: 274 cm (9 kaki)
  2. Lebar Lapangan: 152,5 cm (5 kaki)
  3. Tinggi Lapangan: 76 cm (2,5 kaki)
  4. Garis Pertandingan: Garis putih setebal 2 cm mengelilingi seluruh lapangan.
  5. Net: Net dipasang di tengah lapangan, memisahkan area permainan pemain satu dengan pemain lainnya. Tinggi net adalah 15,25 cm (6 inci).

Garis-garis di lapangan tenis meja mencakup garis tengah, garis sisi, dan garis akhir. Lapangan tersebut dibagi menjadi dua setengah lapangan yang digunakan oleh dua pemain atau dua tim yang bermain melawan satu sama lain.

Baca Juga: Lapangan Bola Voli beserta Ukurannya

A. Gambar Lapangan Tenis Meja Beserta Ukurannya

Dalam prakteknya olahraga ini merupakan olahraga yang di mainkan oleh 2 orang pemain atau 2 pasang pemain yang saling berhadapan di lapangan yang berbentuk meja kayu yang sudah di lapisi karet dan di beri garis dan net.

Selanjutnya, dalam pertandingan, masing-masing pemain tenis meja akan di berikan bet atau raket sendiri sebagai alat pemukul bola ping pong, mereka akan berusaha mencetak poin sebanyak-banyaknya agar bisa menang.

Sehingga, bagi teman-teman penggemar olahraga tenis meja atau sedang ingin membuat lapangan tenis meja sendiri di rumah. Maka perlu mengetahui terlebih dulu berapa ukuran lapangan tenis meja standar nasional dan internasional. Untuk itulah, maka dalam tulisan ini akan di uraikan bagaimana Gambar Lapangan Tenis Meja Beserta Ukurannya.

B. Berapa ukuran lapangan tenis meja dan gambarkan?

Ukuran lapangan tenis meja adalah 2,74 meter panjang dan 1,525 meter lebar. Berikut adalah gambar lapangan tenis meja beserta ukuran panjang dan lebarnya:

ukuran Meja Lapangan Tenis Meja
Gambar 1. Lapangan Tenis Meja

Lapangan tenis meja berbentuk persegi panjang dengan panjang 2,74 meter dan lebar 1,525 meter yang di batasi oleh garis-garis yang membentuk tepi lapangan, dengan lebar garis 2 cm. Nah, lapangan terdiri dari meja tenis meja (ping-pong) yang di tempatkan di tengah lapangan. Lapangan tenis meja tidak memiliki net permanent, tetapi net di tempatkan di atas meja pada saat permainan di lakukan.

Untuk informasi terkait Satuta ITTF dapat Anda lihat dalam dokumen berikut:

Satuta ITTF

C. Berapakah ukuran lapangan tenis meja kelas internasional?

Ukuran lapangan tenis meja kelas internasional sama dengan ukuran standar lapangan tenis meja, yaitu:

  • Panjang: 2,74 meter
  • Lebar: 1,525 meter

Namun, untuk turnamen tenis meja kelas internasional, ada persyaratan tambahan terkait kebersihan dan pencahayaan lapangan, serta kualitas meja, net, dan bola. Misalnya, meja harus memiliki permukaan yang rata dan tidak terlalu halus atau kasar, net harus terbuat dari bahan yang tepat dan memiliki ketinggian yang tepat, dan bola harus memenuhi standar ITTF.

Selain itu, ada persyaratan khusus terkait pencahayaan lapangan, yang harus memastikan kondisi cahaya yang merata dan cukup terang di seluruh lapangan.

D. Berapa Ukuran tinggi net tenis meja?

Ukuran tinggi net tenis meja adalah 15,25 cm, di ukur dari permukaan meja. Net tenis meja di bentangkan di atas meja dan di bagi menjadi dua bagian oleh sebuah tiang yang di tempatkan di tengah meja.

Tiang ini memiliki ketinggian 15,25 cm dan panjang 15,25 cm, sehingga membuat net mencapai ketinggian yang tepat di tengah meja. Net tenis meja harus terbuat dari bahan yang lentur dan memiliki ketebalan tepat untuk menjamin kualitas permainan.

E. Berapakah ukuran standar bola tenis meja?

Ukuran standar bola tenis meja adalah sebagai berikut:

  • Diameter bola: 40 mm
  • Berat bola: 2,7 gram

Bola tenis meja harus terbuat dari bahan yang terstandarisasi dan memenuhi kriteria yang di tetapkan oleh Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF). Selain itu, bola juga harus berwarna putih atau oranye terang dan memiliki permukaan yang halus dan bulat untuk memastikan permainan yang adil.

F. Peralatan tenis meja

1. Meja tenis meja – Gambar Lapangan Tenis Meja

Meja tenis meja terdiri dari permukaan datar yang terbuat dari bahan kayu atau bahan lainnya, dengan ukuran 2,74 meter panjang dan 1,525 meter lebar. Dalam membuat lapangan tennis meja yang baik harus sesuai dengan ukuran standar internasional baik meja pertandingan maupun jaring net yang di gunakan.

Ukuran Meja Lapangan Tenis Meja seperti dalam gambar 1 di atas sebagai berikut;

  • Ukuran Panjang = 274 cm
  • Lebar = 152,5 cm
  • Ukuran tebal garis sisi = 2 cm
  • Tinggi meja dari lantai lapangan = 76 cm
  • Luas = 4,1785 meter persegi
  • Lebar meja tenis : 152,5 cm
  • Ketebalan meja/papan : 3 cm

2. Net tenis meja

Layaknya permainan tenis lapangan, tenis meja juga menggunakan net atau jaring sebagai batas tengah meja tenis. Di sini net juga berfungsi sebagai pemisah antara daerah pemain. Net tenis meja terbuat dari bahan kain dengan ukuran 15,25 cm tinggi di tengah meja dan 183 cm panjang.

Gambar dan Ukuran net tenis meja – Selanjutnya, ukuran dan detail net lapangan tenis meja yang sesuai dengan standar adalah,

  • Ukuran Panjang/lebar Net = 183 cm
  • Tinggi Net = 15,25 cm
  • Ukuran Tiang penyangga net berjarak 15,25 cm (Jarak Meja Ke Tiang) dari batas permukaan meja tenis.
  • Jaring atau net akan di bentangkan dan di ikat di tiang dengan tali net.
  • Luas Net = 0,279075 meter persegi
Tiang Net dan Jaring Net
Gambar 2. Ukuran Net Tenis Meja

Net tenis meja terletak di tengah meja dengan ketinggian 15,25 cm dari permukaan meja, dan memiliki panjang 183 cm. Bagian pinggir net harus sedikit lebih tinggi dari bagian tengah, yaitu sekitar 15,75 cm, untuk mencegah bola keluar lapangan jika terkena bagian pinggir net.

Net juga harus diregangkan dengan kencang dan rata di kedua sisi meja. Ukuran net ini telah ditetapkan oleh International Table Tennis Federation (ITTF) sebagai ukuran resmi net tenis meja

3. Raket tenis meja – Gambar Lapangan Tenis Meja

Raket tenis meja terdiri dari pegangan dan kepala, dengan permukaan kepala yang terbuat dari karet dan kayu. Ada banyak merek dan jenis raket yang tersedia di pasaran dengan harga yang bervariasi.

Gambar dan Ukuran Bet Tenis Meja 

Ukuran Bet
Gambar 3. Bet atau raket tenis meja

Ukuran standar bet yang di gunakan pemain tenis meja untuk memukul bola sesuai dengan standar Nasional dan Internasional yaitu,

  • Untuk Panjang bet long handle : 25,5 cm untuk bet short handle : 24 -24,5 cm
  • Lebar bet : 15 cm

4. Bola tenis meja

Bola tenis meja terbuat dari plastik dengan diameter 40 mm dan berat 2,7 gram. Ada berbagai merek dan kualitas bola tenis meja yang tersedia di pasaran.

5. Sepatu tenis meja

Sepatu tenis meja biasanya memiliki sol yang halus dan fleksibel untuk memberikan cengkeraman dan keseimbangan yang baik di atas permukaan lapangan tenis meja.

6. Pakaian olahraga

Pakaian olahraga yang nyaman dan sesuai dengan ukuran tubuh adalah penting untuk memberikan kebebasan gerakan dan kenyamanan saat bermain.

7. Pelindung

Pelindung seperti penutup kepala, pelindung pergelangan tangan, dan pelindung lutut dapat membantu melindungi pemain dari cedera saat bermain tenis meja.

Itulah beberapa peralatan yang umumnya dibutuhkan untuk bermain tenis meja. Pastikan untuk memilih peralatan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai pemain.

4. Bola Tenis Meja

Bukan hanya alat pemukul bola saja yang membedakan antara tenis meja dan tenis lapangan, namun bola yang di pakai juga berbeda. Umumya bola tenis meja berwarna putih atau oranye dan terbuat dari bahan selulosa yang ringan. Selain itu, pada bola tenis meja terkadang ada gambar bintang, mulai bintang 1 sampai bintang 3. Ini adalah tanda di mana bola yang mempunyai bintang banyak adalah bola yang paling berkualitas.

Berikut adalah detail ukuran bola yang di gunakan tenis meja:

  • Diameter bola tenis meja : 40 mm
  • Berat bola : 2,7 gram
  • Warna bola : Putih/oranye.

G. Sejarah Tenis Meja di Indonesia

Menurut catatan sejarah, tenis meja di temukan di Inggris pada abad ke-19. Permainan ini dulunya sering di mainkan oleh orang-orang kaya untuk mengisi waktu setelah makan malam.

Di Indonesia sendiri, tenis meja mulai dikenal dari tahun 1930, saat itu permainan tenis meja hanya di mainkan ketika ada acara pertemuan orang-orang belanda sebagai olahraga atau permainan hiburan.

Selanjutnya, pada tahun 1939 para penggemar tenis meja di Indonesia mendirikan sebuah organisasi PPPSI atau persatuan ping pong seluruh Indonesia. Kemudian, pada tahun 1958 PPPSI resmi berganti nama menjadi PTMSI atau persatuan tenis meja seluruh Indonesia. 

H. Harga lapangan tenis meja

Harga lapangan tenis meja dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti merek, bahan, ukuran, dan fitur tambahan. Untuk lapangan tenis meja indoor, harga biasanya berkisar antara beberapa ratus ribu hingga beberapa juta rupiah. Sedangkan untuk lapangan tenis meja outdoor yang terbuat dari bahan yang lebih tahan terhadap cuaca dan kondisi luar ruangan, harga bisa lebih tinggi.

Selain itu, ada juga beberapa lapangan tenis meja yang dilengkapi dengan fitur tambahan seperti penahan bola atau roda yang memudahkan pemindahan lapangan, yang mungkin memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan lapangan tenis meja standar.

Namun, harga pastinya dapat berbeda tergantung pada tempat Anda membeli, kualitas produk, dan negosiasi harga dengan penjual. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membandingkan harga dari beberapa toko atau penjual sebelum memutuskan untuk membeli lapangan tenis meja.

Selain lapangan tenis meja, dalam hemananis.com, teman teman juga dapat memperoleh informasi tentang lapangan olahraga beserta ukurannya seperti:

Demikian pembahasan tentang Gambar Lapangan Tenis Meja Beserta Ukurannya.
semoga bermanfaat.

close
× How can I help you?
%d blogger menyukai ini: