Lapangan Pencak Silat: Ukuran, Sarana dan Prasarananya

3 min read

Gelanggang Lapangan Pencak Silat: Ukuran, Sarana dan Prasarananya

HermanAnis.com. Ukuran lapangan pencak silat dalam pertandingan profesional adalah 10 x 10 meter, di mana pada bagian lapangan, terdapat dua buah lingkaran yang memiliki diameter ukuran masing masing 8 meter.

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Selain lapangan pencak silat, dalam hemananis.com, teman teman juga dapat memperoleh informasi tentang lapangan olahraga beserta ukurannya seperti:

  1. Bola Voli,
  2. Bola Kasti
  3. Tenis Meja,
  4. Bola Basket,
  5. Bulu Tangkis,
  6. Sepak Takraw,
  7. Lompat Jauh,
  8. Tolak Peluru,
  9. Panahan,
  10. Tenis,
  11. Lempar Lembing, dan
  12. Futsal.

Selain lapangan pencak silat, dalam website ini anda juga dapat memperoleh informasi tentang bagaimana ukuran lapangan bola voli dan ukuran lapangan tenis meja. Untuk informasi selanjutnya, silahkan lanjutkan membaca!

Lapangan Pencak Silat: Ukuran, Sarana dan Prasarananya

Lapangan Pencak Silat Beserta Ukurannya

Lapangan pencak silat atau gelanggang dalam merupakan sarana dan prasarana pokok yang harus ada dengan standar tertentu dalam sebuah laga.

Kemudian, ukuran lapangan pencak silat dalam pertandingan profesional adalah 10 x 10 meter, di mana pada bagian tengah lapangan, terdapat dua buah lingkaran yang memilki diameter ukuran masing masing 8 meter.

Lapangan Pencak Silat: Ukuran, Sarana dan Prasarananya

Lebih lanjut, sebelum pertandingan berlangsung, pesilat juga harus jeli dalam memeprhatikan permukaan gelanggang dan pastikan tidak licin, karena berbahaya untuk keselamatan para atlet pencak silat.

Apa itu Pencak Silat?

Pencak silat atau silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia, selain itu pencak silat juga merupakan olahraga bela diri yang memerlukan banyak konsentrasi. Selain itu pada olahraga pencak silat terdapat pengaruh budaya Cina, agama Hindu, Budha, dan Islam dalam pencak silat, yang mana pada setiap daerah di Indonesia mempunyai aliran pencak silat yang khas.

Untuk tingkat nasional olahraga pencak silat dapat menjadi salah satu alat pemersatu Nusantara, bahkan untuk mengharumkan nama bangsa, dan menjadi identitas bangsa. Bahkan, sekarang ini olahraga pencak silat sudah di pertandingkan di skala internasional.

Pencak Silat Sebagai Olahraga Prestasi

Sekarang ini, Pencak Silat semakin terkenal di dunia. Hal ini terlihat dengan banyaknya perguruan silat yang berdiri di luar negeri, sehingga tidak heran jika olahraga ini akan sering kita temui jika kita berkunjung ke luar negeri. Berdasarkan jenisnya, pertandingan dalam Pencak Silat di bedakan menjadi dua kategori yaitu.

Kategori Tanding

Pada nomor tanding, olahraga pencak silat dibedakan berdasarkan berat badan. Sebelum pertandingan dimulai para atlet di haruskan mengecek berat badan pada petugas timbangan yang bersangkutan. Dengan didampingi oleh offical, atlet menuju meja penimbangan berat badan sebelum bertanding. Nomor tanding akan dipertandingkan dalam berbagai kelas.

Uraian kelas-kelas yang dertandingkan dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Lapangan Pencak Silat

Kategori Seni

Seni ialah sebuah nomor pertandingan pada pencak silat yang tidak melakukan body contact. Merupakan sebuah pagelaran gerak dengan menggunakan power, speed, mimik wajah dan di batasi oleh waktu. Setiap penampilan seni memiliki waktu 3 menit. Adapun nomor seni dibagi menjadi 3 bagian yaitu:

Kategori Seni Tunggal

Seni tunggal ialah seni yang di lakukan oleh satu orang/perorangan. Baik putra maupun putri. Sejata yang di gunakan adalah golok dan toyak. Aksesoris yang di gunakan adalah berupa srembong dan ikat kepala.

Seni Ganda

Kategori seni ganda ialah seni yang di lakukan oleh dua orang yang melakukan sebuah gerakan pertarungan yang sudah di latih dan di susun secara sistematis.

Senjata wajib yang di gunakan adalah toyak dan golok selebihnya atlet di haruskan menambah satu lagi senjata yang di gunakan. Aksesoris yang di gunakan adalah srembong dan ikat kepal.

Seni Beregu

Seni beregu adalah seni yang di lakukan oleh tiga orang baik putra maupun putri. Ketiga atlet melakukan gerakan sebanyak 100 gerakan secara bersamaan.

Tidak adanya senjata apapun dalam seni beregu ini. Aksesoris yang di gunakan hanya mengenakkan sabuk berwarna putih yang di ikat rapi pada bagian perut.

Sarana dan Prasarana Pencak Silat

Sarana dan Prasarana atau perlengakapan atlet pencak silat dalam sebuah pertandingan atau laga yang berlangsung harus sesuai dengan standar Ikatan Pencak Silat Iindonesia (IPSI).

Pada saat melakukan pertandingan, pihak penyelenggara serta para pesilat harus faham betul dengan kebutuhan yang harus di persiapkan.

Adapun sarana prasarana pertandingan pencak silat yaitu:

Lapangan pencak silat/gelanggang.

Ukuran, Sarana dan Prasarananya Pencaksilat

Matras

Matras

Ukuran matras pencak silat adalah 10 x 10 meter, memilki warna dasar hijau terang dengan garis putih setebal 5 cm. Dan pada lapangan berdiameter 8 meter, dengan lingkaran tengah berdiameter 3 meter.

Tebal matras pencak silat dalam pertandingan profesional adalah 5 cm.

Kegunaan matras adalah pemanfaatan sebagai alas dalam pertandingan yang berguna untukmenopang segala gerakan dan posisi atlet kerika dalam laga atau pertandingan pencak silat.

Peluit

Peluit Pencak Silat

Selain pluit alat yang sering pergunakan sebagai alat alternatif lainnya adalah bel atau gong

Lampu Babak

Lampu babak pencak Silat

Lampu babak yang di pakai, memiliki warna-warna tertentu yang memilik makna tersendiri. Warna-warna lampu tersebut adalah

  1. Merah.
  2. Biru.
  3. Kuning

Timbangan

Timbangan Pencak Silat

Seragam silat

Seragam silat

Atlet pencak silat juga harus menegnakan sabuk sesuai dengan tingkatan yang di peroleh. Serata seragam yang terdiri atasa baju dan celana silat. Pada baju seragam pesilat memiliki badge IPSI di area dada bagian kiri.

Body protector/pelindung badan

body protector/pelindung bada olahraga Pencak Silat

Perlengkapan atlet pencak silat berikutnya adalah body protector yang di pakai sebagai perlindungan tubuh. Seperti perlindungan:

  1. tulang kering (kaki).
  2. kemaluan.
  3. pada bagian depan tubuh yang berbentuk seperti rompi pada bagian dada ke bawah

Stopwatch

Stopwatch dalam olahraga Pencak Silat

Dalam sesi latihan stopwatch berguna dalam menghitung jumlah pertandingan dan pukulan seorang atlet dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan ketetapan yang berlaku.

Bendera

Bendera olahraga Pencak Silat

Selanjutnya adalah bendera. Bendera yang di siapkan adalah bendera yang berukuran kecil berwarna kuning, biru dan merah serat yang memiliki tangkai kecil. Ukuran pada masing-masing bendera yaitu 30×30 cm. Bendera kuning akan di pergunakan oleh wasit.

Pecing

Pecing Pencak Silat

Pelindung tulang kering

Pelindung tulang kering

Sebagai sarana latihan untuk pukulan dan tendangan

Kep Protector

Kep Protector Pencak Silat

dan yang terakhir adalah, Kep Protector. Alat ini di gunakan untuk pesilat putra melindungi bagian kemaluan.

Demikian uraian ukuran lapangan pencak silat dan sarana prasarana yang di butuhkan.
semoga ada manfaat

Telusuri Artikel Lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *