Permasalahan Pedagogik Literasi dan Numerasi

Permasalahan Pedagogik, Literasi dan Numerasi

HermanAnis.com – Teman-teman semua, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas satu topik terkait persiapan pembelajaran yakni permasalahan pedagogik, literasi dan numerasi. Identifikasi permasalahan pembelajaran ini merupakan dasar untuk merancang pembelajaran terutama untuk pembelajaran berbasis masalah.

Selain itu, hasil identifikasi ini juga dapat di gunakan untuk merumuskan masalah dalam penelitian.

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Baca Juga : Eksplorasi Penyebab Masalah

Identifikasi masalah pembelajaran merupakan satu fase yang penting di lakukan pendidik sebelum merancang pembelajaran. Identifikasi masalah pembelajaran bertujuan untuk mengetahui masalah yang ada, mengidentifikasi akar masalahnya, dan menganalisis solusi yang cocok untuk mengatasinya.

Permasalahan Pedagogik, Literasi dan Numerasi

Sehingga, identifikasi masalah pembelajaran dapat berfungsi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran.

Baca Juga: LK 1.1 Identifikasi Masalah

A. Permasalahan Pedagogik Literasi dan Numerasi

Pedagogik, literasi, dan Numerasi merupakan tiga konsep penting yang wajib di kuasai guru dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Nah, berikut ini akan kami berikan beberapa contoh aspek yang dapat di jadikan fokus dalam mengidentifikasi dan merumuskan suatu permasalahan pembelajaran.

Baca Juga : Penentuan Penyebab Masalah & Kriteria Pakar dalam Wawancara Eksplorasi Penyebab Masalah

B. Permasalahan terkait dengan pengetahuan pedagogik

Pengetahuan Pedagogik merupakan salah satu bagian dalam TPACK. Berikut beberapa aspek dan bentuk permasalahan pengetahuan pedagogik yang dapat di identifikasi.

Baca Artikel Terkait:

NoAspek dalam Pengetahuan PedagogikBentuk permasalahan yang dapat di identifikasi
1Tujuan dan nilai dalam proses pembelajaranTujuan dan nilai-nilai yang akan di kembangkan belum terdeskripsi  dengan jelas. Sebagai contoh, perangkat pembelajaran belum ada secara spesifik yang akan melatihkan PD keterampilan abad 21 seperti pemecahan masalah, keterampilan berpikir (kritis, reflektif, kreatif dan lainnnya)
2Masalah-masalah pembelajaranData masalah-masalah real dalam pembelajaran belum tercatat (data pembelajaran lampau), referensi terkait masalah-masalah dan cara mengatasinya masih minim, dan lainnya.
3Manajemen kelasTeknik pengelompokan dan organisasi dalam kelas
4Pengembangan Rencana Pembelajaran dan Perangkat PendukungnyaPerangkat pembelajaran belum di kembangkan berdasarkan kebutuhan PD, sarana dan prasarana yang tersedia sesuai tuntutan dan kebutuhan.
5Implementasi Rencana pembelajaran (penggunaan strategi, teknik atau metode yang di gunakan)Sebagian besar pembelajaran, di laksanakan tidak sesuai perencanaan yang di buat.
6Karakteristik peserta didik (kemampuan awal, minat, gaya belajar)Belum tersedianya data tentang kemampuan awal (pengetahuan prasyarat), minat atau gaya belajar PD sebagai dasar menyusun rencana pembelajaran.
7Teknik dan strategi untuk mengevaluasi pemahaman siswaImplementasi assesment of, as, & for learning belum optimal.

Baca Artikel Terkait:

C. Permasalahan Literasi dan Numerasi

Pengetahuan Pedagogik merupakan salah satu bagian dalam TPACK.

Untuk itu, berikut beberapa aspek dan bentuk permasalahan yang dapat di identifikasi.

NoAspek literasi dan numerasiBentuk permasalahan yang dapat di identifikasi
1Literasi sains
Literasi sain di definisikan sebagai kemampuan menggunakan pengetahuan sains, mengidentifikasi masalah sampai menarik kesimpulan berdasarkan bukti-bukti (NSES).
Literasi sains PD rendah Pembelajaran belum melatihkan PD keterampilan-keterampilan proses sains. Rancangan pembelajaran tidak mendukung literasi sains  
2Literasi numerasi (OECD)
Literasi numerasi adalah pengetahuan dan kecakapan untuk:
1. menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar dalam memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari
2. menganalisis informasi yang di tampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dsb.)
3. menggunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan.
Literasi numerasi rendah Rancangan pembelajaran tidak mendukung literasi numerasi, misalnya dalam pembelajaran tidak melibatkan aktivitas pengukuran à tidak ada data à kemampuan analisis dan interpretasi tidak di fasilitasi.  

Artikel terkait:

Demikian,
mudah-mudahan dapat membantu.

5 Replies to “Permasalahan Pedagogik Literasi dan Numerasi”

  1. Terima kasih pak atas pembelajaran yang dikirmkan sangat menambah pengetahuan saya sebagai pengajar.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: