Identifikasi Masalah Pedagogik

2 min read

Identifikasi Masalah Pedagogik

HermanAnis.com – Teman-teman semua, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas satu topik terkait persiapan pembelajaran yakni identifikasi masalah pembelajaran dengan fokus pembahasan adalah Identifikasi Masalah Pedagogik. Selain untuk persiapan pembelajaran, hal ini juga dapat di gunakan untuk merumuskan masalah dalam penelitian pendidikan.

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Baca Juga : Eksplorasi Penyebab Masalah

Identifikasi masalah pembelajaran merupakan satu fase yang penting di lakukan pendidik sebelum merancang pembelajaran. Identifikasi masalah pembelajaran bertujuan untuk mengetahui masalah yang ada, mengidentifikasi akar masalahnya, dan menganalisis solusi yang cocok untuk mengatasinya.

Dengan demikian, maka identifikasi masalah pembelajaran dapat berfungsi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran.

Identifikasi Masalah Pedagogik

Baca Juga: Soal Pedagogik PPG

Identifikasi Masalah terkait Pedagogik

Masalah pada aspek pedagogik adalah masalah klasik pada pelaksanaan pembelajaran. Seorang pendidik dalam membelajarkan peserta didiknya perlu untuk memahami pengetahuan TPACK. Dimana, salah satu bagian dalam TPACK tersebut adalah pengetahuan pedagogik.

Nah, untuk mengidentifikasi masalah terkait pedagogik, teman-teman dapat memulainya dengan melihat dan menganalisis pada aspek-aspek berikut:

  1. Tujuan dan nilai dalam proses pembelajaran
  2. Masalah-masalah pembelajaran
  3. Manajemen kelas
  4. Pengembangan Rencana Pembelajaran dan Perangkat Pendukungnya
  5. Implementasi Rencana pembelajaran (penggunaan strategi, teknik atau metode yang di gunakan)
  6. Karakteristik peserta didik (kemampuan awal, minat, gaya belajar)
  7. Teknik dan strategi untuk mengevaluasi pemahaman siswa

Berikut penjelasan setiap topik tersebut!

Baca Juga : Identifikasi Masalah Model Pembelajaran Inovatif

1. Identifikasi Masalah Pedagogik pada aspek tujuan dan nilai dalam proses pembelajaran

Contoh permasalahan yang paling umum pada aspek tujuan dan nilai-nilai adalah belum terdeskripsinya tujuan dan nilai-nilai yang jelas, seperti, orientasi pembelajaran dengan tujuan melatihkan PD dalam pemecahan masalah, meningkatkan keterampilan berpikir (kritis, reflektif, kreatif dan lainnnya).

2. Identifikasi Masalah Pedagogik pada aspek Masalah-masalah pembelajaran

Contoh permasalahan pada aspek masalah-masalah pembelajaran di antaranya adalah, data masalah-masalah real dalam pembelajaran belum tercatat (data pembelajaran lampau), referensi bentuk atau jenis permasalahan minim, dan sebagainya.

3. Identifikasi pada Aspek Manajemen kelas

Contoh permasalahan pada aspek manajemen kelas, seperti teknik pengelompokan dan organisasi dalam kelas belum di dasarkan atas pertimbangan yang rasional, atau tidak berdasar.

Baca juga:

4. Identifikasi pada Aspek Pengembangan Rencana Pembelajaran dan Perangkat Pendukungnya

Contoh permasalahan pada aspek Pengembangan Rencana Pembelajaran dan Perangkat Pendukungnya adalah perangkat pembelajaran belum dikembangkan berdasarkan secara serius sesuai tuntutan dan kebutuhan.

Selain, itu terkadang perangkat pembelajaran yang di gunakan adalah hasil kerja pada MGMP yang bisa saja hanya di kembangkan oleh segelintir orang. Sehingga, apa yang di kembangkan tidak kontektual (sesuai konteks dengan di sekolahnya).

5. Identifikasi Masalah Pedagogik pada aspek Implementasi Rencana pembelajaran (penggunaan strategi, teknik atau metode yang digunakan)

Contoh permasalahan pada aspek Implementasi Rencana pembelajaran (penggunaan strategi, teknik atau metode yang di gunakan) adalah sebagian besar pembelajaran, di laksanakan tidak sesuai perencanaan.

Model, pendekatan, teknik, strategi pembelajaran yang di gunakan sesuai kebiasaan saja, berdasarkan apa yang mudah dan nyaman untuk di terapkan. Ini contoh saja.

6. Identifikasi Masalah Pedagogik pada aspek Karakteristik peserta didik (kemampuan awal, minat, gaya belajar)

Permasalahan pada aspek karakteristik peserta didik (kemampuan awal, minat, gaya belajar) adalah pendidik belum melakukan identifikasi terhadap karakteristik peserta didik seperti kemampuan awal, minat, atau gaya belajar peserta didik.

Baca Juga: Contoh Mengeksplor Masalah

7. Identifikasi Masalah Pedagogik pada aspek Teknik dan strategi untuk mengevaluasi pemahaman siswa

Permasalahan pada aspek teknik dan strategi untuk mengevaluasi pemahaman siswa adalah implementasi assesment of, as, & for learning belum optimal.

Hal ini dapat di sebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari penguasaan dan pemahaman konsep guru tentang ini yang rendah, referensi yang minim, dan sebagainya.

Selain itu, berikut beberapa masalah yang umum terjadi dan dialami oleh guru dalam pembelajaran:

  1. Guru tidak menekuni profesinya secara utuh, hal tersebut dapat terlihat dari rendahnya profesionalisme guru.
  2. Guru yang belum memiliki kompetensi yang cukup untuk mengajar, dengan pemilikan kompetensi, guru dapat di lihat kemampuannya dalam melaksanakan tugas-tugas dan tanggungjawabnya.
  3. Guru yang menggunakan pola mengajar konvensional dari pada berdasarkan kompetensi, sehingga bisa di pastikan siswa tidak dapat berkembang sesuai dengan kompetensi yang di milikinya.
  4. Beban kerja guru tinggi, sehingga akan berdampak pada kualitas materi yang di sampaikan guru kepada peserta didik.
  5. Masih ada guru yang mengabaikan aspek-aspek mengenai dasar-dasar mengajar, sehingga siswa banyak yang di jadikan patung/bersifat pasif.

Baca Artikel Terkait:

Demikian semoga bermanfaat.

3 Replies to “Identifikasi Masalah Pedagogik”

  1. Masalah yang sangat penting bagi guru adalah mengidetifikasi masalah karakteristik siswa itu sendiri, karena dengan mengetahui karakristik siswa, guru akan mudah menerapkan da mentukan strategi, metode, dan teknik mengajar terhadap siswanya

Tinggalkan Balasan

close
× How can I help you?
%d blogger menyukai ini: