Prinsip Kerja Elektroskop

Prinsip Kerja Elektroskop

HermanAnis.com – Teman-teman semua, pada kesempatan ini kita akan membahas tentang Prinsip Kerja Elektroskop. Prinsip kerja elektroskop adalah berdasarkan induksi listrik, ketika kepala elektroskop yang netral di dekatkan dengan benda bermuatan, maka daun elektroskop akan mengembang. Jika benda tidak bermuatan, maka daun elektroskop tidak akan mengembang.

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

A. Apa itu Elektroskop?

Elektroskop adalah alat yang di gunakan untuk mengetahui suatu benda bermuatan atau netral. Telah di jelaskan bahwa suatu benda dapat bermuatan listrik dengan cara benda tersebut di gosok dengan benda lain sesuai dengan kaidah Coehn. Untuk membuktikan benda bermuatan listrik di gunakan alat elektroskop.

Baca Juga: Proses Terjadinya Petir

Bagian-bagian Elektroskop

Elektroskop ada beberapa macam, namun dapat di lambangkan dengan Gambar 1 di bawah ini.

Bagian-bagian Elektroskop
Gambar 1. Elektroskop Daun

Elektroskop terdiri dari sebuah bola konduktor yang di hubungkan dengan dua buah daun logam (biasanya emas) dengan menggunakan batang konduktor. Dengan menggunakan bahan dari isolator sebagai penyekat, daun elektroskop di masukkan ke dalam sebuah wadah yang terbuat berdinding kaca.

Elektroskop seperti Gambar 1 di atas di sebut elektroskop daun. Bagian-bagian elektroskop seperti dalam Gambar satu adalah,

  • Elektroskop daun terdiri dari dua lembaran tipis emas berada atau aluminium yang merupakan daun A. Daun A dihubungkan dengan logam B yang melewati penyangga C dari bahan karet.
  • Daun A yang di hubungkan dengan logam B lewat penyangga C tersebut di lindungi kotak D yang transparan (dapat di lihat dari luar).
  • Kotak D ini berfungsi melindungi sistem dari arus udara luar’. Bagian elektroskop yang menonjol keluar dan berbentuk bola adalah tombol elektroskop F.
Gambar Elektroskop
Gambar 2. Elektroskop
Sumber: Rumah Belajar Kemdikbud

Keterangan gambar:
a = daun elektroskop
b = batang konduktor
c = tabung gelas
d = kepala elektroskop

Baca Juga: Contoh Soal Rangkaian Seri dan Paralel

B. Cara membuat Elektroskop

Tetapi apabila tidak ada dana maka elektroskop daun dapat di buat dengan menggunakan barang bekas yang ada di lingkungan sekitar. Perhatikan kembali Gambar 1 di bawah ini.

Bagian-bagian Elektroskop
Gambar 1. Elektroskop Daun

Apabila tombol elektroskop F ini di sentuh dengan suatu benda ternyata lembaran tipis A mengembang maka benda yang di sentuhkan tadi di katakan bermuatan listrik.

Sebaliknya apabila daun A tidak mengembang (tidak ada reaksi) maka di katakan benda tersebut tidak bermuatan atau netral. Peristiwa persentuhan benda dengan tombol elektroskop yang berakibat daun A mengembang tidak memandang benda itu bermuatan positif atau negatif.

Pada dasarnya semua benda yang bermuatan listrik bila di sentuhkan pada tombol F akan menyebabkan daun A mengembang.

Hal ini menunjukkan bahwa elektroskop tidak dapat mendeteksi jenis muatan dari benda yang di sentuhkan, tetapi elektroskop hanya dapat mendeteksi benda itu bermuatan atau netral. Elektroskop daun dapat di peroleh dengan mudah di pasaran, artinya dengan menyediakan dana alat tersebut dapat di pesan.

C. Prinsip Kerja Elektroskop

Prinsip kerja elektroskop adalah berdasarkan induksi listrik, ketika kepala elektroskop yang netral di dekatkan dengan benda bermuatan, maka daun elektroskop akan mengembang. Jika benda tidak bermuatan, maka daun elektroskop tidak akan mengembang.

Prinsip Kerja Elektroskop
Gambar 1. Elektroskop Daun

Misalnya, untuk daun A dapat di gunakan kertas platina (kertas grenjeng), kemudian untuk logam B di gunakan kawat kopling sepada motor vespa. Dalam hal ini tidak perlu penyangga dan bola logam sebagai tombol elektroskop, sebab kawat kopling sudah dapat berfungsi sebagai tombol F.

Sedangkan untuk kotak pelindung D dapat di gunakan bahan apa saja yang penting transparan misalnya, bola lampu bekas yang di hilangkan isi bagian dalamnya, botol kecap, botol plastik minuman aqua dan lain-lain.

Berdasarkan pengalaman alat elektroskop sederhana tersebut juga dapat di gunakan untuk kegiatan demonstrasi dalam proses belajar-mengajar. Peristiwa mengembangnya daun elektroskop saat tombol elektroskop di sentuh oleh benda bermuatan listrik di sebabkan oleh adanya induksi muatan.

Dengan demikian maka, prinsip kerja elektroskop adalah berdasarkan induksi listrik,

Baca Juga: Lampu manakah yang menyala lebih terang?

D. Induksi Muatan

Sebagaimana diketahui prinsip kerja elektroskop adalah berdasarkan induksi listrik, nah apakah induksi muatan itu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut harus di dasarkan pada sifat-sifat muatan listrik.

Telah di uraikan di atas bahwa bila dua muatan senama di dekatkan maka keduanya akan saling tolak-menolak, sebaliknya muatan tidak senama di dekatkan akan tarik-menarik. Sifat tersebut akan di terapkan pada peristiwa mengambangnya daun elektroskop saat tombol di sentuh benda bermuatan listrik.

Elektroskop pada awal sebelum di sentuh oleh benda bermuatan dalam keadaan netral dan semua muatan berada pada permukaan tombol elektroskop. Keadaan tersebut di tunjukkan oleh posisi daun elektroskop yang sejajar.

Bila tombol elektroskop di sentuh oleh benda bermuatan (misal bermuatan positif) maka muatan-muatan negatif yang ada pada permukaan tombol elektroskop akan mengadakan interaksi tarik-menarik dengan benda yang bermuatan positif tersebut.

Sebaliknya semua muatan positif yang berada di permukaan tombol elektroskop mengadakan interaksi tolakmenolak dengan benda yang di sentuhkan tadi. Akibat dari interaksi tolakmenolak tersebut muatan-muatan positif pada permukaan tombol elektroskop menjauhi muatan benda dan berada pada kedua daun elektroskop.

Jadi, kedua daun elektroskop terisi dengan muatan sejenis yaitu muatan positif sehingga kedua daun mengadakan interaksi tolak-menolak dan gejala tersebut di tunjukkan oleh mengembangnya daun elektroskop.

Peristiwa tersebut bila di cermati maka akan dapat di peroleh suatu gejala adanya pemisahan antara muatan positif dan muatan negatif yang ada di elektroskop. Untuk memperjelas timbulnya gejala pemisahan tersebut dapat di cermati pada Gambar 3. di bawah ini.

Prinsip Kerja Elektroskop
Gambar 3.
a. Elektroskop dalam Keadaan Netral
b. Elektroskop pada Saat Disentuh Benda Bermuatan Positif

Peristiwa pemisahan muatan positif dan muatan negatif pada benda netral di sebut induksi.

E. Cara Kerja penggunaan Elektroskop

Karena Prinsip kerja elektroskop adalah berdasarkan induksi listrik, maka gejala induksi yang telah di jelaskan di atas dapat di gunakan untuk memberikan muatan pada suatu logam netral. Artinya, logam tersebut menjadi bermuatan listrik. Untuk memudahkan, dalam pembahasan ini dapat di tinjau kembali gejala induksi pada elektroskop dengan memperhatikan Gambar 4.

Prinsip Kerja Elektroskop
Gamabr 4. Pemuatan dengan Induksi

Pada saat elektroskop di dekati oleh benda bermuatan listrik (misal muatan positif) maka dalam elektroskop akan terjadi pemisahan muatan (Gambar 4a.). Dalam posisi seperti Gambar 4a. elektroskop di hubungkan tanah dengan cara menyentuhkan jari telunjuk pada elektroskop atau menghubungkannya dengan kawat (Gambar 4b.).

Akibat dari hal tersebut muatan-muatan positif pada elektroskop akan mengalir ke tanah melalui jari, badan dan kaki atau melalui kawat. Hal ini berarti di dalam elektroskop tinggal berisi muatan negatif yang mengadakan interaksi tarik-menarik dengan muatan positif dari benda.

Bila hubungan dengan tanah di putus yaitu jari di tarik atau kawat diputus maka posisi muatan dalam elektroskop seperti Gambar 4c. Kemudian, benda bermuatan positif yang di dekatkan elektroskop ditarik atau di jauhkan maka muatan negatifnya akan mengisi seluruh elektroskop (Gambar 4d). Elektroskop sekarang menjadi bermuatan negatif.

Berdasarkan pemuatan pada elektroskop maka benda netral lainnya dapat juga di ubah menjadi bermuatan.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: