Manfaat Media Pembelajaran

4 min read

HermanAnis.com – Bahasan kita kali ini adalah Manfaat Media Pembelajaran. Selain manfaat, dalam tulisan ini akan di uraikan beberapa fungsi dari media pembelajaran tersebut.

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Manfaat Media Pembelajaran

Secara umum manfaat Media Pembelajaran adalah untuk memperlancar interaksi guru dengan peserta didik, dan membantu peserta didik belajar secara optimal.

Namun demikian, secara khusus Kemp dan Dayton (1985), memberikan beberapa manfaat media pembelajaran, di antaranya adalah:

Manfaat Media Pembelajaran
Sumber: Witti Aprilia

Baca Juga: Jenis Media Pembelajaran

Penyampaian materi ajar dapat kita seragamkan

Manfaat Media Pembelajaran yang pertama adalah dengan media pembelajaran penyampaian materi ajar dapat kita seragamkan.

Guru mungkin mempunyai gaya dan penafsiran yang beraneka ragam dalam menyampaikan subtansi materi ajar. Untuk mata pelajaran yang di ampu secara team teaching dan banyak guru, maka di mungkinkan terjadi perbedaan penafsiran terhadap materi ajar.

Dengan media yang kita rancang bersama, penafsiran yang beragam ini dapat kita reduksi dan kita sampaikan kepada peserta didik secara seragam.

Proses pembelajaran menjadi lebih menarik

Manfaat Media Pembelajaran yang ke-dua adalah dengan media pembelajaran maka proses pembelajaran dapat menjadi lebih menarik.

Media dapat menyampaikan materi ajar, yang dapat di dengar (program audio) dan dapat kita lihat (media visual), sehingga dapat mendeskripsikan prinsip, konsep, proses atau prosedur yang bersifat abstrak dan tidak lengkap menjadi lebih kongkrit dan lengkap.

Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif

Manfaat Media Pembelajaran yang ke-tiga adalah dengan media pembelajaran maka proses pembelajaran menjadi lebih interaktif

Jika kita pilih dan kita rancang dengan benar, maka media dapat membantu guru dan peserta didik melakukan komunikasi dua arah secara aktif. Tanpa media, guru mungkin akan cenderung berbicara “satu arah” kepada peserta didik.

Media yang dapat menfasilitasi peserta didik ini kita sebut sebagai media interaktif. Media interaktif adalah metode komunikasi di mana output dari media berasal dari masukan dari pengguna. 

Olehnya itu media interaktif efektif berfungsi pada pengguna yang partisipasif. Media memerlukan fitur dapat berinteraksi dengan pengguna.

Dan, dalam interaksi tersebut masukan pengguna dapat kita tambahkan untuk menambah interaksi atau membuat fitur-fitur menarik untuk sistem pembelajaran yang lebih baik.

Berdasarkan penjelasan pada jenis-jenis media pembelajaran, Seels & Glasgow mengelompokkan media interaktif merupakan kelompok pilihan media teknologi mutakhir.

Media teknologi mutakhir sendiri kita dapat bedakan menjadi (1) media berbasis telekomunikasi, misalkan teleconference,kuliah jarak jauh, dan (2) media berbasis mikroprosesor, misalkan computer-assistted instruction,permainan komputer, sistem tutor intelejen, interaktif, hypermedia, dan compact (video) disc.

Waktu belajar mengajar lebih efisien

Manfaat Media Pembelajaran yang ke-empat adalah dengan media pembelajaran maka waktu belajar mengajar lebih efisien.

Sering kali terjadi, para guru memerlukan waktu yang lama untuk menjelaskan materi ajar, sehingga estimasi waktu yang kita sediakan tidak mencukupi.

Padahal waktu untuk menjelaskan dapat kita efisienkan, jika guru memanfaatkan media pembelajaran dengan baik.

Baca Juga: Strategi Penggunaan Media Pembelajaran

Kualitas belajar peserta didik dapat kita tingkatkan

Manfaat Media Pembelajaran yang ke-lima adalah dengan media pembelajaran maka kualitas belajar peserta didik dapat kita tingkatkan.

Pemanfaatan media tidak hanya membuat proses pembelajaran lebih efisien. Akan tetapi, proses pembelajaran dapat lebih kita tingkatkan efektivitasnya untuk membantu peserta didik menyerap materi ajar secara lebih mendalam dan utuh.

Proses pembelajaran dapat terjadi di mana saja dan kapan saja

Manfaat Media Pembelajaran yang ke-enam adalah dengan media pembelajaran maka proses pembelajaran dapat terjadi di mana saja dan kapan saja.

Media pembelajaran dapat kita rancang sedemikian rupa sehingga pembobotan belajar terstruktur dan mandiri dapat peserta didik dilakukan untuk belajar di mana saja dan kapan saja mereka mau, tanpa tergantung pada sumber belajar primer (guru).

Sikap positif peserta didik terhadap proses belajar dapat kita tingkatkan

Manfaat Media Pembelajaran yang ke-tujuh adalah dengan media pembelajaran maka sikap positif peserta didik terhadap proses belajar dapat kita tingkatkan

Dengan media, proses pembelajaran menjadi lebih menarik. Dan hal ini dapat meningkatkan kecintaan dan apresiasi peserta didik terhadap ilmu pegetahuan yang telah di sampaikan guru, yang akhirnya mendorong peserta didik untuk aktif untuk mendalami secara mandiri.

Peran guru dapat berubah ke arah yang lebih positif dan produktif

Manfaat Media Pembelajaran yang ke-delapan adalah dengan media pembelajaran maka peran guru dapat berubah ke arah yang lebih positif dan produktif.

Dengan media guru tidak perlu mengulang-ulang penjelasan dan dapat mengurangi penjelasan verbal (lisan). Olehnya itu, guru dapat memberikan perhatian lebih banyak kepada aspek pemberian motivasi, perhatian, dan pembimbingan peserta didik.

Fungsi media pembelajaran

Manfaat Media Pembelajaran

Ada dua fungsi utama media pembelajaran yang perlu di eksplor oleh para guru, yaitu:

Media pembelajaran sebagai alat bantu dalam pembelajaran

Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran pertama adalah media pembelajaran sebagai alat bantu dalam pembelajaran.

Kita pahami bahwa setiap materi ajar memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Pada satu sisi ada materi ajar yang tidak memerlukan alat bantu, tetapi di sisi lain ada materi ajar yang sangat memerlukan alat bantu berupa media pembelajaran.

Media pembelajaran yang kita maksud, antara lain berupa peta, grafik, gambar, model, simulator, dan sebagainya. Materi ajar dengan tingkat kesukaran yang tinggi tentu sukar di pahami oleh peserta didik. Tanpa bantuan media, maka materi ajar menjadi sukar di cerna dan di pahami oleh setiap peserta didik.

Hal ini akan semakin terasa apabila materi ajar tersebut abstrak, dan kompleks. Sebagai alat bantu, media pembelajaran mempunyai fungsi untuk memperlancar tercapainya tujuan pembelajaran. Hal ini di landasi keyakinan bahwa kegiatan pembelajaran dengan bantuan media pembelajaran dapat mempertinggi kualitas belajar peserta didik dalam tenggang waktu yang cukup lama.

Itu berarti, pengalaman belajar peserta didik dengan bantuan media pembelajaran akan menghasilkan proses dan hasil belajar yang lebih baik daripada tanpa bantuan media pembelajaran.

Media pembelajaran sebagai sumber belajar

Fungsi Media Pembelajaran ke-dua adalah media pembelajaran sebagai sumber belajar. Ketika kita berbicara tentang sumber belajar, maka ini sering kita di kaitkan dengan media pembelajaran. Olehnya itu, kedua istilah tersebut dapat menimbulkan berbagai pertanyaan.

Di antaranya apakah sumber belajar sama dengan media pembelajaran, apakah sumber belajar bagian dari media pembelajaran atau media pembelajaran merupakan bagian dari sumber belajar. Dan, adakah keterkaitan antara sumber belajar dan media pembelajaran?

Sumber belajar memiliki cakupan yang lebih luas daripada media pembelajaran. Selain itu, sumber belajar dapat berupa pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan latar/lingkungan

Salah satu sumber belajar yang dapat guru dan peserta didik gunakan dalam mengajar dan belajar adalah portal online: Rumah Belajar Kemendikbud

Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat kita pergunakan sebagai bahan pembelajaran untuk belajar peserta didik.

Sumber belajar dapat dikelompokkan menjadi enam kategori, yaitu pesan, manusia, mesin, alat, strategi dan lingkungan.

Media pembelajaran, sebagai salah satu sumber belajar, dapat membantu guru dalam memudahkan tercapainya pemahaman peserta didik terhadap materi ajar, serta dapat memperkaya wawasan peserta didik.

Dalam proses belajar mengajar khususnya di masa pandemi sekarang ini, banyak sekali kendala. Untuk mengatasi masalah tersebut, kita perlukan media pembelajaran yang tepat.

Media pembelajaran bisa berfungsi sebagai alat bantu untuk membantu melancarkan jalannya kegiatan belajar mengajar, sehingga semua tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Setiap mata pelajaran mempunyai tingkat kesukaran yang beragam atau bervariasi, ada materi ajar yang tidak memerlukan alat bantu. Namun demikian, ada materi ajar yang sangat sulit sehingga memerlukan alat bantu.

Manfaat Media Pembelajaran

Baca Juga

Sumber:

  • Catatan Kuliah dan Modul PPG dalam Jabatan 2019

Demikian,
semoga bermanfaat.

Kelebihan Google Slide

Herman
3 min read

Apa itu Google Slide?

Herman
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *