Kelebihan Google Slide

3 min read

Kelebihan Google Slide

HermanAnis.com – Teman-teman semua, tulisan kali ini akan membahas tentang kelebihan google slide. Selain kelebihan dari google slide, dalam bahasan ini akan di uraikan pula keunggulan dan kegunaan google slide dalam membuat presentasi secara online (daring).

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Baca Juga

Kelebihan Google Slide

Sebagaimana telah diuraiakn dalam artikel tentang Cara membuat PPT di Google Slide, bahwa langkah pertama untuk menggunakan google slide adalah telah memiliki akun google melalui www.google.com.

Kelebihan Google Slide yang pertama yakni tersedia gratis secara online yang hasilnya dapat di ekspor dalam format PPTX, ODP, PDF, JPEG, PNG, Text, dan Vector Graphics.

Kelebihan Google Slide

Berdasarkan pengalaman dalam menggunakan Google Slide untuk membuat file presentasi, ada beberapa catatan, ini juga mungkin kelebihan dari google slide ini, di antaranya adalah,

  1. Kita dapat menyisipkan gambar (image) dengan cara upload dari komputer, mencari dari internet, dari drive, dari foto google, dengan URL, maupun dari kamera.
  2. Pada tampilan tema kita dapat menyisipkan background berupa gambar dengan cara upload, kamera, URL, foto google, drive google, dan juga pencarian di google (mirip sama insert – image)
  3. Untuk setiap slide kita dapat menyisipkan diagram berupa grid, hirarki, timeline, proses, relationship, dan siklus. Hebatnya juga bisa mengubah/memilih levelnya dari 3 – 5.
  4. Selain itu kita juga dapat menyisipkan video dari search youtube, by URL, maupun google drive. Untuk audio bisa menyisipkan dari drive google maupun audio yang dishare ke kita.
  5. Dan yang paling penting adalah google slide yang telah kita buat, dapat kita bagikan kepada pengguna lain baik sebagai viewer maupun editor.
  6. Kemudian yang terakhir, google slide yang kita buat tadi dapat di-embed-kan ke blog/website melalui File – Publish to the web.

Keuntungan Google Slide

Google Slide adalah pesaing paling serius dalam hal perangkat lunak untuk presentasi, khsususnya Microsoft Office Power Point. Keuntungan dari google slide ini diantaranya adalah:

  1. Google slide dapat di akses di mana saja dengan gratis selama masih ada jaringan internet, tidak seperti software berbayar. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi yang suka gratisan yah. Google Slide tersedia secara gratis untuk siapa saja yang telah memiliki akun Google.
  2. Real-time editing. Dengan Google Slide, versi dari presentasi online anda akan selalu yang terbaru.
  3. Memfasilitasi bekerja secara tim (Kolaborasi). Dengan Google Slides, kerja sama tim tidak menjadi masalah. Melalui google slide kita dapat membagi link yang dapat di akses oleh siapa saja yang memiliki akses Internet, tidak peduli jenis sistem komputer yang mereka gunakan.
  4. Sharing dengan aman. Dengan google slide kita dapat mengontrol siapa saja yang mengakses kepada presentasi yang kita bagikan. Teman yang mendapat link dan hak akses dapat di kontrol seperti penulis dapat melihat, mengomentari, atau dapat mengedit presentasi.
  5. Revision History. Dengan Google Slide semua perubahan yang kita lakukan akan tersimpan secra otomatis, namun kita juga dapat melacak siapa saja yang melakukan revisi terakhir dari presentasi tersebut.
  6. Compatibility. Dengan Google Slides, kita dapat mengimpor banyak slideshow dari perangkat lunak presentasi lainnya. Kita juga dapat mengekspor presentasi ke format perangkat lunak lainnya.
  7. Fitur profesional. Google Slide mencakup fitur presentasi profesional seperti kemampuan untuk memformat slide, mengubah teks, mengimpor gambar, mengimpor video, dan banyak lagi.
  8. Ketersediaan template. Google Slides sekarang ini sudah di lengkapi dengan beragam template yang tersedia secara gratis.
  9. Online publishing. Google Slide memungkinkan anda mempublikasikan presentasi secara online. Gunakan link aman untuk membagikan presentasi anda atau embed presentasi ke situs web anda
Kelebihan Google Slide

Baca Juga

Kegunaan Google Slide

Dari beberapa literatur, berikut ini beberapa kegunaannya atau kelebihan dari google slide:

Membuat Presentasi Profesional

Kegunaan atau Kelebihan Google Slide yang pertama adalah Google Slide sangat ideal di gunakan untuk authoring dan mempresentasikan presentasi secara profesional. Dengan google slide kita memiliki perangkat/tools yang dapat memberikan fasilitas bagi pembicara dan notulen dalam sesi presentasi dan sesi tanya jawab.

Membagikan Presentasi Secara Online

Kegunaan atau Kelebihan Google Slide yang kedua adalah dengan mengunakan Google Slides, kita dapat membuat presentasi slideshow yang berjalan secara otomatis setiap kali ada yang mengaksesnya.

Dengan tools ini, anda dapat membuat link dari presentasi anda yang dapat di bagikan untuk di gunakan dengan media sosial. Anda juga dapat membuat kode yang memungkinkan anda menyematkan presentasi ke situs web anda.

Membuat Timeline

Kegunaan atau Kelebihan Google Slide yang ketiga adalah google slide di lengkapi dengan fasilitas untuk membuat timeline. Presentasi khususnya dalam bisnis sangat memerlukan timeline.

Apakah anda berada di tim proyek atau tim penjualan, di mana anda memerlukanpatokan waktu, dengan Google Slides kita dapat membuat timeline melalui drawing tools. Ini mungkin membutuhkan waktu tersendiri untuk menyiapkannya.

Bekerja sebagai Tim

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, Google Slides adalah tool hebat untuk yang dapat memfasilitasi kita dalam bekerja sebagai tim. Melalui tool ini teman-teman dapat mengerjakan satu slide secara bersama-sama.

Dapat menambahkan Video

Salah satu cara untuk menambahkan fitur menarik dalam presentasi adalah dengan menambahkan video. Dengan menambahkan video maka kita dapat memberi presentasi kita nilai lebih atau keunggulan dalam menarik perhatian audiens.

Selain itu melalui Google Slide, kita dapat menautkan video dalam format .mp4 atau YouTube. Template atau tema slide presentasi memudahkan anda membuat presentasi yang tampak profesional.

Selain kelebihan, tentu google slide memiliki kekurangan, beberapa kekurangannya di berikan dalam gambar berikut ini.

Kekurangan Google Slide

Baca Juga

Demikian penjelasan tentang kelebihan google slide
Mudah-mudahan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *