Cara membuat PPT di Google Slide

HermanAnis.com – Teman-teman semua, dalam tulisan kali ini, kita akan membahas tentang Bagaimana Cara membuat PPT di Google Slide. Google slide merupakan salah satu aplikasi yang di sediakan oleh google secara gratis.

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Kondisi Pandemi Covid 19 yang melanda dunia pada awal 2021 sampai sekarang ini (akhir 2021) memberi dampak yang sangat signifikan terhadap pembelajaran. Salah satu yang menjadi trennya adalah penggunaan media pembelajaran daring.

Cara membuat PPT di Google Slide

Untuk mendukung hal tersebut di butuhkan, media presentasi yang mendukung. Salah satu yang dapat menjadi alternatif adalah google slide.

A. Cara membuat PPT di Google Slide

Langkah-langkah untuk membuat membuat PPT di Google Slide dalam tulisan ini akan di berikan tahap demi tahap agar teman-teman dapat mudah untuk mempraktekkannya. Mari kita mulai.

1. Tahap 1. Masuk ke dalam google Account

Tahap pertama dalam Cara membuat PPT di Google Slide adalah teman-teman harus memiliki akun google. Untuk itu, pada tahap ini silahkan teman-teman mengetikkan pada mesin pencari www.google.com. Setelah itu masuk ke dalam ke google accountnya. Jika teman-teman sudah memiliki akun google maka tampilannya akan seperti pada gambar di bawah ini.

2. Tahap 2. Masuk ke google slide

Tahap kedua dalam Cara membuat PPT di Google Slide adalah masuk ke google slide. Untuk itu, maka pada tahap ini silahkan teman-teman klik ikon yang di lingkari warna merah seperti pada gambar di bawah ini.

Setelah itu akan tampil sejumlah aplikasi yang tersedia dari google. Selanjutnya klik (double klik) pada ikon ‘google slide’. Ikon ‘google slide’ adalah ikon yang di lingkari putih pada gambar di bawah ini.

Posisi ikon ‘google slide’ dari setiap desktop bisa berbeda-beda, olehnya itu, silahkan teman-teman mencari ikon yang ada tulisan “Slides”, lalu klik atau double klik. Setelah ikon tersebut di klik maka akan tampil.

3. Tahap 3 membuat PPT di Google Slide. Membuat Presentasi Baru

Tahap ketiga dalam Cara membuat PPT di Google Slide adalah membuat Presentasi Baru. Untuk membuat presentasi baru, klik tanda tambah (+) seperti pada gambar 4 di bawah.

Setelah ikon tambah ini di klik maka akan muncul tampilan halaman kerja seperti pada gambar di bawah.

4. Tahap 4. Pilih tema yang sesuai

Tahap keempat dalam Cara membuat PPT di Google Slide adalah memilih tema yang sesuai. Untuk itu, sebelum memasukkan konten yang akan di presentasikan, terlebih dahulu teman-teman perlu memilih tema yang dianggap sesuai. Teman-teman pasti ngerti kan, apa itu tema!

Google Slide telah di lengkapi dengan berbagai tema. Namun, secara estetis, tema yang tersedia tidak sebanyak yang ada pada microsoft office power point 365. Meskipun demikian, tema-tema yang tersedia sudah sangat memadai untuk membuat presentasi yang menarik.

Kolom Tema tampil pada bagian kanan (yang di lingkari warna merah pada gambar di bawah ini). Untuk memilih tema yang sesuai gunakan scroll bar untuk berpindah menuju berbagai tema lainnya yang tersedia. Setelah di pilih satu tema, maka akan tampil seperti pada gambar di bawah ini.

5. Tahap 5. Mengisikan konten presentasi pada setiap slide

Tahap kelima dalam Cara membuat PPT di Google Slide adalah mengisi konten presentasi pada setiap slide. Langkah pertamanya, adalah membuat judul presentasi pada halaman pertama.

Anda dapat mengatur jenis huruf, ukuran huruf dan posisi tulisan ataupun gambar yang anda inginkan agar tampak ‘cantik’. Misalnya seperti pada gambar di bawah.

Selanjutnya, teman-teman dapat menambahkan slide berikutnya dengan mengklik tanda tambah ‘+’ seperti pada gambar di bawah ini.

Setelah di klik maka akan slide presentasi akan bertambah. Tambahkan slide sesuai dengan kebutuhan presentasi teman-teman.

Selanjutnya, silahkan teman-teman melanjutkan mengisi konten presentasinya pada setiap slide. Fasilitas yang tersedia dalam google slide ini, cukup banyak. Silahkan di eksplorasi sendiri.

Bagi teman-teman yang sudah sering membuat presentasi pada MO power point, maka membuat slide presentasi di google slide akan lebih mudah. Oleh karena, fitur-fitur dalam google slide hampir sama dengan pada MO power point.

6. Tahap 6. Mempresentasikan dan menyimpan google slide

Tahap kelima dalam Cara membuat PPT di Google Slide adalah mempresentasikan dan menyimpan google slide yang telah di buat. Olehnya itu, maka setelah teman-teman menyelesaikan semua slide presentasi yang di inginkan, untuk mempresentasikannya silahkan klik tombol ‘Present’ atau ‘Presentasikan’ dan pamerkan apa yang kamu punya.

Jika Anda akan melakukan presentasi pada tempat yang tidak memiliki akses internet. Anda dapat mengeksport presentasi anda sebagai file .pptx dengan mengklik File > Download As > Microsoft PowerPoint

Setelah itu, maka secara otomatis hasil download filenya teman-teman dapat di ambil dan anda bagikan.

B. Kelebihan menggunakan Google Slide

Selain menyimpan filenya dalam .pptx, anda dapat menyimpan filenya dalam format ODP, PDF, JPEG, PNG, Text, dan Vector Graphics.

Berdasarkan pengalaman dalam menggunakan google slide untuk membuat file presentasi, ada beberapa catatan, ini juga mungkin kelebihan dari google slide ini, di antaranya adalah,

  • Kita dapat menyisipkan gambar (image) dengan cara upload dari komputer, mencari dari internet, dari drive, dari foto google, dengan URL, maupun dari kamera.
  • Pada tampilan tema kita dapat menyisipkan background berupa gambar dengan cara upload, kamera, URL, foto google, drive google, dan juga pencarian di google (mirip sama insert – image)
  • Untuk setiap slide kita dapat menyisipkan diagram berupa grid, hirarki, timeline, proses, relationship, dan siklus. Hebatnya juga bisa mengubah/memilih levelnya dari 3 – 5.
  • Selain itu kita juga dapat menyisipkan video dari search youtube, by URL, maupun google drive. Untuk audio bisa menyisipkan dari drive google maupun audio yang dishare ke kita.
  • Dan yang paling penting adalah google slide yang telah kita buat, dapat kita bagikan kepada pengguna lain baik sebagai viewer maupun editor.
  • Kemudian yang terakhir, google slide yang kita buat tadi dapat di-embed-kan ke blog/website melalui File – Publish to the web.

Baca Juga

Demikian penjelasan tentang cara membuat ppt di google slide
Mudah-mudahan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: