Apa itu Google Slide?

3 min read

Apa itu Google Slide?

HermanAnis.com – Teman-teman semua, tulisan kali ini akan membahas tentang apa itu google slide? Google Slide ini merupakan perangkat lunak yang disediakan Google secara gratis untuk membuat slide presentasi atau biasanya kita sebut PPT secara online

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Apa itu Google Slide?

Saya yakin teman-teman semua pasti sangat familiar dengan mesin pencari Google. Kita sangatlah terbantu dengan si ‘google’ ini. Melaluinya, kita bisa mencari informasi apa saja.

Baca Juga

Apa itu Google Slide?

Apa itu Google Slide?

Nah, yang mungkin teman-teman tidak ketahui adalah Google sebenarnya tidak hanya menyediakan semua informasi yang kita butuhkan, namun lebih dari itu.

Saat anda membuat akun Google gratis, beberapa perangkat lunak yang tersedia untuk teman-teman. Perangkat tersebut meliputi:

  • Gmail. Ini sebuah platform email.
  • Google Drive. Ini bukan sekedar sebuah tool, melainkan penyimpanan berbasis cloud gratis.
  • Google Docs. Perangkat lunak pengolah kata yang populer, Google Docs menawarkan banyak fitur profesional.
  • Google Sheets. Tool spreadsheet ini memiliki banyak fitur built-in.
  • Google Slide. Google Slide adalah tool presentasi yang memungkinkan anda membuat presentasi online dan offline

Yang terkhir inilah yang akan menjadi fokus pembahasan kita kali ini. Seperti dikemukakan sebelumnya bahwa google menawarkan seperangkat alat (tool) yang dapat mendungkung pekerjaan kita di kantor, di sekolah, di kampus atau di mana saja dalam hal melakukan presentasi. Perangkat itu adalah Google Slides.

Google Slides ini merupakan perangkat lunak yang disediakan Google secara gratis untuk membuat slide presentasi atau biasanya kita sebut PPT secara online.

Dengan google slide kita dapat membuat presentasi secara online. Kelebihan menggunakan aplikasi ini jelasnya terbebas dari penggunaan software bajakan. Mengenai bagus tidaknya slide yang dibuat tergantung pada kemampuan yang menggunakan alias kreativitas pembuatnya. 

Kelemahan menggunakan google slide, mungkin menjalankannya membutuhkan jaringan internet. Namun di zaman sekarang ini, dengan kuota yang makin murah serta biaya langganan internet yang juga makin murah, kendala internet bukan lagi menjadi masalah.

Bagi teman-teman yang familiar dengan Microsoft Power Point, sebenarnya Google Slides ini memiliki fungsi yang sama, tetapi dilengkapi dengan beberapa fitur yang lebih canggih.

Siapa yang Membutuhkan Google Slide?

Siapa pun yang perlu membuat presentasi bisa mendapatkan keuntungan dari penggunaan Google Slide. Ini termasuk pemilik usaha kecil, pelajar dan pendidik, pembicara publik, dan banyak lagi.

Google Slide tersedia secara gratis, sehingga menjadikannya sebagai tools yang ideal bagi siapa saja asal memiliki akses internet.

Keuntungan Menggunakan  Google Slides

Google Slide adalah pesaing serius dalam hal perangkat lunak presentasi. Jika anda memilih tools untuk presentasi anda, inilah beberapa keuntungan yang akan anda nikmati:

  1. Pilihan yang tidak ada biaya. Tidak seperti beberapa software berbayar, Google Slides tersedia secara gratis untuk siapa saja yang memiliki akun Google.
  2. Real-time editing. Dengan Google Slide, versi dari presentasi online anda akan selalu yang terbaru.
  3. Kolaborasi. Apakah anda bekerja dengan tim? Dengan Google Slides, kerja sama tim tidak menjadi masalah. Sharing presentasi anda dengan siapa saja yang memiliki akses Internet, tidak peduli jenis sistem komputer yang mereka gunakan.
  4. Sharing dengan aman, Kontrol siapa saja yang memiliki akses ke presentasi anda saat anda membagikannya. Bergantung pada level sharing yang anda lakukan, rekan penulis dapat melihat, mengomentari, atau mengedit presentasi.
  5. Revision History, Google Slides tidak hanya otomatis menyimpan presentasi profesional anda, namun juga melacak versi terakhir dari presentasi tersebut.
  6. Compatibility. Dengan Google Slides, mengimpor banyak slideshow dari perangkat lunak presentasi lainnya. Anda juga dapat mengekspor presentasi ke format perangkat lunak lainnya.
  7. Fitur profesional. Google Slide mencakup fitur presentasi profesional seperti kemampuan untuk memformat slide, mengubah teks, mengimpor gambar, mengimpor video, dan banyak lagi.
  8. Ketersediaan template. Google Slides memiliki beragam template yang tersedia secara gratis.
  9. Online publishing. Google Slide memungkinkan anda mempublikasikan presentasi secara online. Gunakan link aman untuk membagikan presentasi anda atau embed presentasi ke situs web anda.

Apa yang Dapat Anda Lakukan dengan Google Slide?

Apakah anda telah memilih Google Slide sebagai perangkat lunak presentasi atau anda masih mempertimbangkan tool software presentasi, anda mungkin bertanya-tanya apa yang dapat anda lakukan dengan Google Slides. Berikut adalah beberapa kegunaannya:

Membuat Presentasi Profesional

Google Slides sangat ideal untuk authoring dan mempresentasikan presentasi profesional. Alat presenter mencakup catatan pembicara dan kemampuan untuk menyiapkan sesi Tanya Jawab selama presentasi anda.

Membagikan Presentasi Secara Online

Gunakan Google Slides untuk membuat presentasi slideshow yang berjalan secara otomatis setiap kali ada yang mengaksesnya. Dengan tools ini, anda dapat membuat link dari presentasi anda yang dapat dibagikan untuk digunakan dengan media sosial. Anda juga dapat membuat kode yang memungkinkan anda menyematkan presentasi ke situs web anda.

Membuat Timeline

Banyak presentasi bisnis berkisar ada timeline. Apakah anda berada di tim proyek atau tim penjualan, Anda mungkin terpatok pada batas waktu. Anda dapat membuat timeline dengan Google Slides menggunakan drawing tools. Sekalipun membutuhkan sedikit kerja.

Bekerja sebagai Tim

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, Google Slides adalah tool yang hebat untuk tim. Melalui tool ini teman-teman dapat mengerjakan satu slide secara bersama-sama.

Dapat menambahkan Video

Salah satu cara untuk menambahkan fitur menarik dalam presentasi adalah dengan menambahkan video. Dengan menambahkan video maka kita dapat memberi presentasi kita nilai lebih atau keunggulan dalam menarik perhatian audiens.

Selain itu melalui Google Slide, kita dapat menautkan video dalam format .mp4 atau YouTube. Template atau tema slide presentasi memudahkan anda membuat presentasi yang tampak profesional.

Dengan template atau tema yang dirancang secara profesional, presentasi anda akan memberi kesan yang baik, oleh karena menghadirkan desain slide yang kreatif.

Sumber:

Baca Juga

Demikian,
semoga bermanfaat.

close
× How can I help you?
%d blogger menyukai ini: