Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya

13 min read

Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya

HermanAnis.com. Pada tulisan kali ini, kita akan mengkaji tentang Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya sesuai dengan standar Internasional, berikut penjelasannya. Lebih jelasnya, silahkan teman-teman untuk melanjutkan membaca tulisan ini!

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Selain lapangan Futsal, dalam hemananis.com, teman teman juga dapat memperoleh informasi tentang lapangan olahraga beserta ukurannya seperti:

  1. Pencak Silat,
  2. Bola Voli,
  3. Bola Kasti
  4. Tenis Meja,
  5. Bola Basket,
  6. Bulu Tangkis,
  7. Sepak Takraw,
  8. Lompat Jauh,
  9. Tolak Peluru,
  10. Panahan,
  11. Tenis dan
  12. Lempar Lembing.

Futsal adalah permainan bola yang di mainkan oleh dua regu, yang masingmasing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki dan anggota tubuh lain selain tangan, kecuali posisi kiper.

Selain lima pemain utama, setiap regu juga di izinkan memiliki pemain cadangan. Futsal turut juga di kenali dengan berbagai nama lain. Istilah “futsal” adalah istilah internasionalnya, berasal dari kata Spanyol atau Portugis, football dan sala.

Daftar Isi Artikel Ini

Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya

Lapangan Futsal harus persegi panjang, di mana panjang garis batas kanan dan kiri lapangan(touch line) harus lebih panjang dari gari gawang.

Berikut adalah informasi mengenai ukuran lapangan futsal dan peraturan resmi permainan futsal berdasarkan aturan FIFA:

  • Ukuran: panjang 25-42 m x lebar 15-25 m.
  • Garis batas: garis selebar 8 cm, yakni garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan.
  • Lingkaran tengah: berdiameter 6 m.
  • Daerah penalti: busur berukuran 6 m dari setiap pos.
  • Garis penalti: 6 m dari titik tengah garis gawang.
  • Garis penalti kedua: 12 m dari titik tengah garis gawang.
  • Zona pergantian: daerah 6 m (3 m pada setiap sisi garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan.
  • Gawang: tinggi 2 m x lebar 3 m.

Lapangan di tandai dengan garis-garis yang melekat pada lapangan dan garis garis tersebut berfungsi sebagai pembatas. Dua garis terluar yang lebih panjang di sebut sebagai garis pembatas lapangan. Dua garis yang lebih pendek di sebut garis gawang.

Semua garis memiliki lebar 8 cm. Lapangan di bagi menjadi dua yang di belah oleh garis tengah lapangan. Tanda/titik tengah di tandai dengan sebuah titik di tengah-tengah garis tengah lapangan. Titik tengah di kelilingi oleh sebuah lingkaran dengan radius 3 meter.

Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya

Tabel 1. Ukuran Standar Lapangan Futsal

Wilayah penalti – Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya

Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya – Wilayah (daerah) pinalti ditentukan pada setiap sisi akhir dari lapangan. Seperempat lingkaran dengan radius 6 meter digambarkan berada ditengahtengah pada garis gawang. Seperempat lingkaran di gambarkan dari garis gawang sampai bertemu dengan garis bayangan yang di gambarkan berada di tengah pada sudut kanan padagaris gawang dari sisi luar posisi tiang gawang.

Bagian atas dari masingmasing seperempat lingkaran di hubungkan oleh garis sepanjang 3.16 meter yang membentang sejajar dengan garis gawang. Garis kurva yang terbentuk merupakan garis terluar dari daerah pinalti yang di kenal sebagai Garis wilayah pinalti.

Titik pinalti – Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya

Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya – Titik pinalti berjarak 6 meter dari titik tengah antara posisi tiang gawang vertikal dan jaraknya sama di antara kedua tiang tersebut.

Titik pinalti kedua – Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya

Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya – Titik pinalti kedua berjarak 10 meter dari titik tengan antara posisi tiang gawang vertikal dan jaraknya sama di antara kedua tiang tersebut.

Bujur sudut (titik tendangan pojok) – Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya

Bujur sudut/titik tendangan pojok berbentuk seperempat lingkaran dengan radius 25 cm di setiap sudut lapangan.

Zona pengganti pemain – Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya

Zona pengganti pemain di tempatkan persis di depan bangku tim di mana cadangan dari tim official berada. Daerah atau Zona ini adalah tempat di mana pemain masuk dan keluar lapangan apabila terdapat pergantian pemain.

Zona penggantian pemain di tempatkan secara langsung di depan dari bangku pemain cadangan dan memiliki panjang 5 meter. Daerah ini di tandai pada setiap sisinya denagn sebuah garis yang memotong garis pembatas lapangan, lebar garis 8 cm dan panjang 80 cm, di mana 40 cm berada di dalam lapangan dan 40 cm di luar dari lapangan.

Jarak antara masing-masing zona pergantian dengan titik perpotongan garis tengah lapangan dengan garis pembatas lapangan adalah 5 meter. Ruang yang bebas ini, secara langsung berada di depan meja penjaga waktu dan harus tetap terjaga kebebasan pandangannya.

Gawang

gambar lapangan futsal beserta ukurannya

Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya – Gawang harus di tempatkan pada tengah-tengah dari garis gawang. Gawang terdiri dari dua buah tiang sejajar vertikal dengan jarak yang sama dari setiap sudut dan pada sisi atasnya di hubungkan dengan batang horizontal.

Jarak kedua tiang vertikal adalah 3 meter dan jarak dari sisi bawah batangan atas ke dasar permukaan lapangan adalah 2 meter. Tiang vertikal maupun tiang horinzontal memiliki lebar dan kedalaman 8 cm. Net (jaring), terbuat dari tali rami, goni, atau nilon, di pautkan pada kedua tiang vertikal dan tiang horizontal pada sisi belakang gawang.

Bagian yang bawah di dukung oleh batangan melengkung ataupun bentuk lainnya untuk memberikan tahanan yang cukup. Kedalaman gawang adalah jarak dari ujung bagian dalam dari posisi gawang langsung kearah sisi luar lapangan, minimal 80 cm pada bagian atas dan 100 cm pada bagian bawah (permukaan lapangan).

Gawang dapat di pindah-pindah tetapi harus dapat tetap kokoh berdiam aman di permukaan lapangan selama pertandinagan berlangsung.

Permukaan lapangan

Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya – Permukaan lapangan haruslah mulus dan rata serta tidak kasar atau kesat. Penggunaan bahan dari kayu atau bahan buatan lainnya adalah sangat di anjurkan. Beton ataupun bata harus di hindarkan.

Bola Futsal

Daftar harga MOLTEN Bola Futsal F9V1500 - Lime/Black | Bhinneka
Contoh bentuk Bola Futsal
Sumber: Bhinneka

Bola harus berbentuk bulatan sempurna selain itu bola harus terbuat dari kulit atau bahan lainnya yang layak. Keliling bola tidak kurang dari 62 cm dan tidak lebih dari 64 cm.

  • Ukuran: Nomor 4.
  • Keliling: 62-64 cm.
  • Berat: 390-430 gram.
  • Lambungan: 55-65 cm pada pantulan pertama.
  • Bahan: kulit atau bahan yang cocok lainnya (yang tidak berbahaya).

Pada saat pertandingan di mulai, berat bola minimum 400 gram dan maksimum 440 gram. Bola juga harus memiliki tekanan sama dengan 0,4 – 0,6 atmosfer.

Sejarah Futsal

Futsal di ciptakan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani. Keunikan futsal mendapat perhatian di seluruh Amerika Selatan, terutamanya di Brasil.

Keterampilan yang di kembangkan dalam permainan ini dapat di lihat dalam gaya terkenal dunia yang di perlihatkan pemain-pemain Brasil di luar ruangan, pada lapangan berukuran biasa. Pele, bintang terkenal Brasil, contohnya, mengembangkan bakatnya di futsal.

Sementara Brasil terus menjadi pusat futsal dunia, permainan ini sekarang di mainkan di bawah perlindungan FIFA di seluruh dunia, dari Eropa hingga Amerika Tengah dan Amerika Utara serta Afrika, Asia, dan Oseania.

Pertandingan internasional pertama diadakan pada tahun 1965, Paraguay menjuarai Piala Amerika Selatan pertama. Enam perebutan Piala Amerika Selatan berikutnya di selenggarakan hingga tahun 1979, dan semua gelaran juara di sapu habis Brasil.

Brasil meneruskan dominasinya dengan meraih Piala Pan Amerika pertama tahun 1980 dan memenangkannya lagi pada perebutan berikutnya tahun pada 1984. Kejuaraan Dunia Futsal pertama diadakan atas bantuan FIFUSA (sebelum anggota-anggotanya bergabung dengan FIFA pada tahun 1989) di Sao Paulo, Brasil, tahun 1982, berakhir dengan Brasil di posisi pertama.

Brasil mengulangi kemenangannya di Kejuaraan Dunia kedua tahun 1985 di Spanyol, tetapi menderita kekalahan dari Paraguay dalam Kejuaraan Dunia ketiga tahun 1988 di Australia. Setelah beberapa tahun eksis, futsal semakin terorganisir, dan FIFA pun tertarik karena bagaimanapun juga futsal turut memajukan industri sepakbola internasional.

Pada tahun 1989 FIFA secara resmi memasukkan futsal sebagai salah satu bagian dari sepakbola, dan FIFA juga mengambil alih penyelenggaraan kejuaraan dunia futsal. Piala dunia futsal edisi FIFA yang pertama di gelar di Belanda pada 1989 dan yang kedua digelar di Hong Kong di tahun 1992, dengan Brazil sebagai juara di kedua edisi ini.

Dengan adanya beberapa pertimbangan, akhirnya FIFA mengubah jadwal piala dunia Futsal ini menjadi empat tahun sekali.

Sejarah Perkembangan Futsal Dunia

Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya – Di belantara sepakbola mancanegara, aksi gocek bola di dalam ruangan sebenarnya bukan barang baru. Para futsaller Amerika Latin percaya, kisahnya berawal dari Montevideo, ibukota Uruguay, tahun 1930, saat Juan Carlos Ceriani menyelenggarakan pesta menyepak kulit bundar 5 lawan 5.

Kejuaraan yang di ikuti para pemain muda itu di adakan di arena mirip lapangan basket. Namun literatur FIFA menyebutkan, sebelum populer di negara-negara Amerika Selatan, permainan ini sudah kerap di mainkan di Amerika Utara, tepatnya Kanada, sejak 1854.

Baru kemudian di kembangkan oleh Juan Carlos Ceriani, sekaligus membuka mata dunia pada tahun 1930-an. Kejuaraan resmi antarnegara pertama baru di selengarakan tahun 1965, untuk memperebutkan South American Cup, yang di laksanakan dan di juarai oleh Paraguay.

Selanjutnya, di bawah naungan Federation of Internationale De Futbol Sala (FIFUSA), Piala Dunia Futsal pun di gelar. Negara pertama yang mendapat kehormatan sebagai tuan rumah sekaligus kampiunnya adalah Brasil pada 1982.

Setelah FIFUSA melebur ke FIFA pada 1989, penyelenggaraan Piala Dunia Futsal di modernisasi, agar lebih berbau dolar dan tentu saja, di minati sponsor.

Sejak detik itu, di mulai pula usaha memasyarakatkan futsal ke seluruh jagad raya. Negara-negara yang sebelumnya tak memiliki tradisi sepakbola stadion tertutup, kini mulai membuka peluang berkembangnya sport hemat lahan ini.

Kalau di teliti lebih jauh, olahraga di lahan sintetis ini sebenarnya “makanan” orang Asia. Teorinya, dengan arena pertandingan hanya setengah lapangan bola biasa, serta durasi jauh lebih pendek (2 x 20 menit), organisasi tim dan kecepatan bergerak sangat di utamakan. Faktor yang oleh sebagian besar pengamat sepakbola, di anggap sebagai kelebihan pemain Asia..

Federasi Sepakbola Asia juga punya alasan lain untuk optimistis. Yakni keyakinan bahwa di lapangan futsal, ukuran tubuh tak banyak berpengaruh. Alasannya, beda dengan sepakbola, sepakbola indoor melarang kontak badan langsung. Dengan kependekannya, pemain Asia justru lebih bisa berkelit di saat-saat sulit.

Sejarah Perkembangan Futsal Dalam Negeri

Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya – Saat ini wabah futsal melanda Indonesia, tak sedikit pihak yang menyambut gembira. Hal ini tidak hanya hanya membuka cakrawala dan wacana baru buat atlet, tapi juga tontonan alternatif buat masyarakat.

Futsal bisa jadi pemecahan masalah langka dan mahalnya lahan untuk bersepakbola ria, seperti di suarakan banyak pencinta olahraga. Mending membuat stadion baru, lapangan yang ada saja kerap di sulap jadi tempat niaga. Kalau pun di temukan lokasi yang pas, harga lahannya belum tentu cocok dengan kocek pemerintah maupun para pembina olahraga.

Menurut PSSI meski terlambat, induk organisasi sepakbola nasional ini cukup tanggap menyikapi wabah futsal. PSSI mengakui, sepakbola dalam ruangan merupakan tempaan yang baik buat para pemain yunior. Selama ini yang menangani futsal yaitu PSSI, PSSI membentuk badan khusus yang menangani futsal yaitu BFN (Badan Futsal Nasional) sangat serius mengembangkan futsal.

Bahkan telah menyelenggarakan Kejuaraan Futsal Asia 2002 di Jakarta. Kemajuan olahraga Futsal kian pesat di tingkat nasional dan sudah adanya kompetisi yang mewadahi yaitu Indonesian Futsal League.

Pemain

Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya – Jumlah pemain pada setiap pertandingan di mainkan oleh dua tim, setiap tim terdiri dari tidak lebih dari lima pemain, salah satu di antaranya adalah penjaga gawang.

Prosedur Pergantian Pemain

Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya – Pergantian pemain dapat di gunakan di dalam setiap pertandingan yang dimainkan di bawah peraturan dari Kompetisi Resmi pada tingkat FIFA, konfederasi atau asosiasi. Jumlah maksimum pemain pengganti (cadangan) adalah tujuh pemain. Di mana, jumlah pergatian pemain selama pertandingan adalah tidak terbatas.

Seorang pemain yang telah di gantikan dapat kembali ke lapangan sebagai pemain pengganti untuk pemain lainnya. Pergantian pemain di lakukan ketika bola masih berada di dalam atau keluar Penjaga gawang dapat berganti tempat dengan setiap pemain lainnya.

Baca Juga: Sikap Lilin adalah Sikap Meluruskan Badan dengan Sikap

Perlengkapan Pemain

Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya – Perlengkapan dasar yang di wajibkan dari seorang pemain adalah:

  • seragam atau pakaian;
  • celana pendek – jika celana pendek berbahan panas yang di pakai, warnanya harus sama dengan warna utama;
  • kaos kaki;
  • pengaman kaki;
  • alas kaki (sepatu)- jenis sepatu yang di izinkan adalah sepatu kanvas atau kulit lembut atau sepatu gymnastic dengan alas yang terbuat dari karet atau bahan sejenisnya.

Seragam atau Pakaian

  • Nomor/angka 1 sampai dengan 15 orang harus tampak di belakang/punggung dari seragam dari seragam/pakaian pemain.
  • Warna dari nomor/angka harus kontras/berbeda dengan jelas dengan warna seragam.

Untuk pertandingan internasional, nomor/angka harus juga terlihat di bagian depan seragam/pakaian pemain dalam ukuran yang lebih kecil.

Pengaman kaki (Shinguard)

Contoh Pengaman kaki (Shinguard)
Contoh Pengaman kaki (Shinguard)
sumber: bukalapak.com
  • seluruh bagiannya harus dapat di tutupi oleh kaos kaki;
  • harus terbuat dari bahan-bahan yang layak (karet, plastic atau bahan-bahan sejenisnya);
  • memberikan tingkat perlindungan yang cukup.

Keselamatan

Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya – Seorang pemaian di larang keras menggunakan perlengkapan atau menggunakan segala yang membahayakan dirinya atau pemain lainnya, termasuk setiap jenis perhiasan.

Penjaga Gawang

  • Penjaga gawang di perbolehkan untuk menggunakan celana panjang.
  • Setiap penjaga gawang harus menggunakan warna yang dapat secara mudah membedakan diriya dari pemain lainnya dan Wasit.
  • Jika seorang pemain yang berada di luar lapangan menggantikan seorang penjaga gawang, baju seragam penjaga gawang yang di pakai oleh pemain harus di tandai dengan nomor punggung pemain itu sendiri.

Durasi Pertandingan

Babak dalam Pertandingan – Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya

  1. Pertandingan berakhir dalam dua babak yang sama dengan durasi masing-masing babak selama 20 menit. Penjagaan waktu di lakukan oleh Penjaga waktu yang tugasnya seperti di tetapkan dalam peraturan 7.
  2. Durasi dai salah satu babak permainan dapat di perpanjang untuk dapat di lakukan adu tendangan pinalti.

Jarak Waktu Antar Babak (Istirahat) – Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya

  • Waktu antar babak tidak boleh lebih dari 15 menit.

Keadaan Bola Terhadap Lapangan

Bola Keluar (Lapangan Permainan)

Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya – Bola di anggap keluar lapangan permainan, apabila:

  1. Bola secara keseluruhan melewati garis gawang ataupun menyentuh garis pembatas lapangan, baik pada permukaan maupun di udara;
  2. Permainan telah diberhentikan oleh wasit;
  3. Ketika bola tersebut menyentuh langit-langit.

Bola di dalam (Lapangan Permainan)

Bola berada dalam permainan termasuk ketika:

  • Ketika bola tersebut memantul dari tiang gawang vertikal atau memantul dari batang horizontal/ melintang kedalam lapangan;
  • Bola tersebut memantul balik setelah menyentuh wasit , sementara wasit tersebut masih berada di dalam lapangan.

Metode Penentuan Skor

Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya – Gol/Bola masuk gawang kecuali di tentukan lain oleh Peraturan ini, sebuah gol dinilai terjadi ketika seluruh dari bola melewati garis gol/gawang, antara dua tiang vertikal dan di bawah tiang horizontal.

Kecuali bola tersebut telah di lempar, di bawa atau secara sengaja di dorong oleh tangan atau lengan oleh seorang pemain dari sisi penyeram termasuk penjaga gawang.

Tendangan Bebas

Posisi Tendangan Bebas

  • Semua pemain lawan paling tidak harus berada 5 meter dari bola sampai bola tersebut kembali dalam permainan.
  • Bola kembali berada dalam permaianan setelah bola tersebut di tendang atau di sentuh.

Tendangan Pinalti

Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya – Tendangan pinalti di berikan kepada lawan dari tim yang melakukan setiap pelanggaran dalam bentuk sebuah tendangan langsung di dalam wilayah pinalti tim yang pemainnya melakukan pelanggaran pada saat bola masih dalam permainan.

Sebuah gol dapat di cetak secara langsung dari tendangan pinalti. Tambahan waktu dapat di berikan untuk sebuah tendangan pinalti yang di lakukan pada akhir dari setiap babak atau pada akhir dari periode waktu tambahan.

Tendangan ke Dalam

Pemain dari tim bertahan paling dekat posisinya adalah 5 meter dari tempat di mana tendangan kedalam di lakukan. Tendangan Sudut Pemain dari tim bertahan paling dekat posisinya adalah 5 meter dari tempat di mana tendangan sudut di lakukan.

Sepatu dan Kaos Kaki

Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya – Sepatu dengan model yang di perkenankan untuk di pakai terbuat dari kain atau kulit lunak atau sepatu gimnastik dengan sol karet atau terbuat dari bahan yang sejenisnya.

Sepatu sendiri berfungsi sebagai pelindung kaki terutama telapak kaki agar terhindar dari cedera saat pertandingan atau latihan. Kaos kaki yang di gunakan harus panjang. Penggunaan sepatu dan kaos kaki adalah wajib.

Pengaman Kaki (shinguards)

Pengaman kaki digunakan untuk melindungi tulang kering. Syarat dari pengaman kaki itu sendiri adalah:

  • Secara keseluruhan pengaman kaki harus di tutup oleh kaos kaki.
  • Terbuat dari bahan yang cocok (karet, plastik atau bahan sejenis).
  • Harus memberikan tingkat perlindungan yang cukup.

Seragam atau Kostum Warna kostum tim harus berbeda dengan warna kostum tim lainnya. Hal ini ditujukan agar mempermudah kerja wasit dan mengurangi kesalahan dalam permainan.

Dasar Permainan Futsal – Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya

Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya – Di dalam permainan futsal ada beberapa teknik dasar yang perlu di kuasai oleh pemain futsal. Berikut teknik-teknik dasar yang harus di kuasai dengan keahlian khusus oleh setiap pemain futsal :

Kontrol Bola – Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya

Teknik mengontrol bola dalam permainan futsal dapat di lakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan telapak kaki sebelah depan dengan memanfaatkan sol sepatu.

Teknik mengontrol bola dengan sol sepatu dalam futsal sangat penting sehingga harus di kuasai oleh setiap pemain.

Passing / Umpan – Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya

Umpanan dapat di lakukan dengan menggunakan beragam sisi kaki, yaitu menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, ujung kaki, tumit, atau sisi bawah.

Namun yang paling baik adalah menggunakan kaki bagian dalam dengan arah mendatar atau umpanan panjang yang menyusur tanah, karena umpanan akan memiliki akurasi paling baik jika di bandingkan dengan lainnya.

Dribbling / Menggiring – Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya

Untuk mengecoh pemain lawan dalam sebuah permainan futsal, seorang pemain futsal harus memiliki kemampuan dalam menggiring bola.

Ada beberapa teknik dalam menggiring bola yang harus di kuasai dalam bermain futsal, berikut ini beberapa teknik dalam menggiring bola pada permainan futsal:

Dribbling menggunakan kaki bagian luar – Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya

Dengan teknik ini jika menggunakan kaki kanan pemain futsal dapat mengecoh ke sebelah kiri lawan atau sebaliknya. Akan tetapi teknik ini tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kanan bila menggunakan kaki kanan, begitupula sebaliknya.

Dribbling menggunakan kaki bagian dalam – Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya

Dengan teknik ini pemain futsal dapat mengecoh lawan ke sebelah kanan lawan apabila menggunakan kaki kanan atau sebaliknya. Akan tetapi teknik ini tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kiri bila menggunakan kaki kanan, begitupula sebaliknya.

Dribbling menggunakan bagian punggung kaki – Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya

Dribbling menggunakan bagian punggung kaki adalah dapat menggiring bola dengan arah lurus apabila tidak ada lawan yang menghalangi. Akan tetapi teknik ini kurang efektif untuk mengecoh lawan ke sebelah kiri atau sebelah kanan.

Shooting / Menendang Keras – Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya

Teknik menendang keras yang efektif dalam permainan futsal adalah menendang bola dengan menggunakan ujung kaki / sepatu, karena dengan teknik ini bola akan melesat cukup kencang dan bola juga akan tetap bergerak lurus.

Kecepatan – Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya

Ciri dari permainan futsal adalah kecepatan, maka pemain futsal di tuntut cepat dalam mengalirkan bola, bergerak mencari ruang untuk menerima umpan, dan bereaksi, karena dengan pergerakan yang cepat, seorang pemain futsal akan dapat mengecoh lawan dan dalam melakukan penjagaan serta juga dapat dengan cepat menyusun formasi baik itu ketika melakukan penyerangan ataupun ketika bertahan.

Oleh karena itu kecepatan harus mutlak di kuasai sebagai salah satu teknik dasar futsal.

Fisik – Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya

Karena dalam permainan futsal di tuntut banyak bergerak, berlari dengan kecepatan, maka di butuhkan fisik yang bugar, karena tanpa fisik yang baik sangat sulit seorang pemain futsal menjalani pertandingan dengan tempo tinggi.

Skill dan Motorik – Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya

Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya – Skill individu menjadi senjata utama dalam teknik dasar futsal dan harus di miliki seorang pemain futsal. Di dalam olahraga futsal seorang pemain di tuntut melakukan banyak passing dan dribel.

Gerak motorik pemain pun harus lentur untuk mempermudah dirinya saat melakukan penguasaan bola atau memenangi perebutan bola.

Dengan gerak motorik yang lentur seorang pemain bisa dengan mudah memanfaatkan sebuah peluang emas dari sudut yang sempit sekalipun.

Taktik – Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya

Teknik dasar futsal lainnya adalah pengetahuan taktik, pengetahuan ini akan sangat membantu seorang pemain futsal untuk berkembang.

Di dalam futsal, seorang pelatih dapat mengganti pemain kapanpun yang dia mau, bahkan keseluruhan pemain pun dapat di gantinya. Di sini pemain di tuntut cepat beradaptasi dengan taktik yang di pakai seorang pelatih.

Biasanya pergantian seorang pemain di futsal di ikuti juga dengan pergantian pola permainan. Selain taktik, penguasaan formasi bermain akan sangat meningkatkan kemampuan. Dari formasi ini nantinya dapat di kembangkan ke berbagai bentuk formasi sesuai dengan kebutuhan tim.

Formasi – Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya

Selain taktik, Penguasaan akan formasi bermain akan sangat meningkatkan kemampuan. beberapa formasi dasar yang harus di ketahui oleh pemain adalah “4-0″ “3-1″ “2-2″ “2-1-2″.

Dari formasi ini nantinya dapat di kembangkangkan ke berbagai bentuk formasi sesuai dengan kebutuhan tim.

Pertahanan – Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya

Dalam mengorganisir pertahanan dalam futsal tidak jauh berbeda dengan sepakbola. Pola pertahanan zona marking ataupun man to man marking juga di gunakan di dalam futsal.

Perbedaannya hanyalah dari segi teknik individu dan kemampuan pemain dalam bertahan serta lapangan yang kecil sehingga jarak untuk melakukan pertahanan juga harus semakin pendek.

Gelanggang Futsal

Gambar Lapangan Futsal beserta Ukurannya – Gedung Olaharaga pada umumnya di sebut dengan Gelanggang yang merupakan sebuah wadah atau tempat yang di khususkan untuk mewadahi sebuah kegiatan olahraga, biasanya istilah gelanggang di pakai untuk sebuah tempat untuk cabang olahraga contohnya Gelanggang Renang dan Gelanggang Futsal.

Gelanggang dapat juga di artikan sebagai tempat berkumpulnya sebuah kegiatan seperti Gelanggang Remaja.

Istilah gelanggang ini memiliki kesan luas, dan sering terjadinya suatu kegiatan. Gelanggang harus memiliki lebih dari sekedar penyediaan wadah saja, karena jika tidak memiliki fungsi tambahan lain yang dapat mendukung maka tidak bisa disebut gelanggang.

Dalam penggunaannya, gelanggang seharusnya memiliki fasilitas atau penyediaan untuk memenuhi kegiatan lain yang mendukung atau berhubungan dengan fungsi utama bangunan, maka dari itu di namakan sebuah gelanggang.

Gelanggeng lebih bersifat jamak atau menunjukan arti lebih dari satu, pengertian ini bersifat sebuah tempat yang menyediakan lebih dari satu kegiatan atau fungsi yang mengacu pada kegiatan utama.

Gelanggang bersifat spesifik dan khusus, yaitu tidak menampung kegiatan di luar dari batasannya. Olehnya itu, gelanggang Futsal merupakan suatu tempat khusus yang mewadahi kegiatan olahraga futsal, memiliki fasilitas yang mendukung kegiatan olahraga futsal.

Studi Kasus Maracanazinho Gymnasium, merupakan gelanggang olahraga tertua yang terletak di Rio de Janeiro,Brazil. Di bangun pada tahun 1954 dengan kapasitas 12.000 terakhir di gunakan untuk menyelenggaran piala dunia futsal 2008.

Pada tahun 2007 gedung olahraga ini di renovasi, bergantung pada AC sentral dan menambahkan sisi papan skor empat sound system baru, kubah yang memungkinkan pencahayaan alami siang hari, tempat duduk yang nyaman, dan beradaptasi dengan semua persyaratan internasional.

Setelah renovasi awalnya berkapasitas sekitar 13.000 orang, berkurang menjadi 11.800 penonton. Tetapi penonton sekarang memiliki lebih banyak kenyamanan.

Penyesuaian yang mengurangi kapasitas akan meningkatkan bidang visi dan memberikan kenyamanan yang lebih besar kepada pengunjung.

Sumber rujukan:

Demikian pembahasan tentang gambar lapangan futsal beserta ukurannya
semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *