Gambar Lapangan Bola Kasti Beserta Ukurannya

6 min read

Gambar Lapangan Bola Kasti Beserta Ukurannya

HermanAnis.com.  Bagaimana Gambar Lapangan Bola Kasti yang sesuai standar internasional? Informasinya ada dalam tulisan ini, untuk selengkapnya silahkan melanjutkan membaca.

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Selain lapangan Bola Kasti, dalam hemananis.com, teman-teman juga dapat memperoleh informasi tentang lapangan olahraga beserta ukurannya seperti :

  1. Pencak Silat,
  2. Bola Voli,
  3. Tenis Meja,
  4. Bola Basket,
  5. Bulu Tangkis,
  6. Sepak Takraw,
  7. Lompat Jauh,
  8. Tolak Peluru,
  9. Panahan,
  10. Tenis,
  11. Lempar Lembing, dan
  12. Futsal.

Apa itu Permainan atau Olahraga Bola Kasti?

Permainan bola kasti adalah salah satu jenis permainan bola kecil yang dimainkan secara beregu. Kasti merupakan permainan tradisional yang mengutamakan kerjasama antar pemain, kekompakan, ketangkasan serta kesenangan.

Permainan Bola Kasti dimainkan oleh 2 regu, yaitu regu pemukul serta regu penjaga. Permainan bola kasti biasa dimainkan di lapangan terbuka. Sehingga permainan ini sangat bagus untuk melatih kedisiplinan diri serta memupuk kebersamaan dan juga solidaritas antar teman.

Untuk bisa bermain kasti dengan baik dan benar, maka kita dituntut untuk mempunyai beberapa keterampilan seperti memukul, menangkap, dan melempar bola serta kemampuan berlari.

Permainan kasti merupakan olahraga yang sangat menyenangkan. Semua anak di seluruh Indonesia sudah mengenal permainan kasti.

Permainan kasti termasuk dalam permainan bola kecil yang dimainkan secara beregu, yaitu regu pemukul dan regu penjaga.

Kemudian, permainan di nyatakan menang apabila salah satu regu mengumpulkan poin lebih banyak. Kasti merupakan salah satu jenis permainan bola kecil. Permainan kasti termasuk permainan beregu. Selain itu, permainan ini juga mengutamakan kegembiraan dan ketangkasan para pemainnya.

Untuk dapat memenangkan permainan, satu regu di tuntut untuk bekerja sama dengan baik. Permainan kasti adalah permainan yang sangat popular, hingga di beberapa daerah permainan ini mengalami beberapa perkembangan, yang kemudian menimbulkan kesukaran-kesukaran karena perbedaan pendapat.

Akan tetapi, kesukaran-kesukaran tersebut (terutama yang mengenai peraturannya) ada yang tidak mungkin untuk di tetapkan menjadi suatu peraturan. Dalam hal ini bila ada pertandingan, segala sesuatu hanya di pertanggungjawabkan atas kebijakan wasit.

Lapangan Permainan Bola Kasti

Gambar Lapangan Bola Kasti Beserta Ukurannya

Lapangan yang di gunakan untuk permainan bola kasti dapat secara khusus di persiapkan atau menggunakan lapangan sepakbola atau lapangan sekolah yang di beri beberapa perlengkapan seperti base pelempar, base pemukul, base pemberhentian pertama, kedua, dan ketiga, sebaiknya di lengkapi dengan area sebagai berikut:

  1. Ruang bebas/ruang tunggu pemain
  2. Tempat pelampar (pelambung).
  3. Area tempat pemukul
  4. Tempat penjaga belakang
  5. Area tempat pemberhentian pertama
  6. Tempat pemberhentian kedua
  7. Area tempat pemberhentian ketiga

Seperti cabang olahraga lain, kasti memiliki lapangan permainan yaitu suatu area di mana di dalamnya dapat memainkan dan menjaga bola dengan sah, lapangan kasti yang baik hendaklah memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan. Terdiri dari lapangan berumput berbentuk segi empat dengan ukuran 30 x 60 meter.

Dengan gambar :

Gambar Lapangan Bola Kasti Beserta Ukurannya
Keterangan
Sumber: i1.wp.com

Rincian dari Gambar Lapangan Bola Kasti Beserta Ukurannya adalah sebagai berikut:

Lapangan ini berbentuk persegi panjang dengan ukuran:

a. Panjang sekitar 60 sampai 70 meter
b. Lebar 30 meter
c. Ruang bebas ada 1
d. Area Ruang pertolongan ada 1
e. Ruang hinggap ada 2

Gambar Lapangan Bola Kasti Beserta Ukurannya
Sumber: cdnwpedutorenews.gramedia.net

Peralatan Bola Kasti

Selain menggunakan lapangan, peralatan dalam bermain bola kasti juga di perlukan agar proses dalam permainan bola kasti dapat berjalan. Peralatan yang di gunakan adalah:

Pemukul Bola Kasti

  • Terbuat dari kayu yang berbentuk stik pemukul
  • Panjang ± 50 – 60 cm
  • Penampangnya berbentuk bulat telur (oval) dengan ukuran lebar 5 cm dengan tebal 3,5 cm.
  • Serta panjang pegangan 15 – 20 cm
Pemukul dan bola
Pemukul dan bola kasti

Bola Kasti

  • Terbuat dari karet yang diselimuti dengan benang
  • Ukuran keliling bola 19 -20 cm
  • Berat 30 – 70 gram atau 70 – 80 gr
  • Diameternya 20 cm

Bendera kecil/keset

Bila memakai bendera, maka persiapannya adalah ada pada setiap sudut lapangan dengan ada tanda tengah lapangan.

Tiang hinggap

Untuk tiang hinggap sendiri pun perlu terdiri dari tiang yang sudah dipasang bendera lalu menanamkannya supaya ketika permainan berlangsung tak akan mudah tergeser atau tercabut, khususnya saat pelari memegangnya.

Taktik Dasar Permainan Kasti

Teknik Memukul Bola – Gambar Lapangan Bola Kasti

Memukul bola hendaknya yang rendah-rendah saja supaya lawan tak ada kesempatan untuk membuat bola tangkap.

1) Bilamana bola harus di pukul kesamping kiri atau kanan?

Apabila di tiang pertolongan banyak kawan. Untuk memberi kesempatan kepada kawan-kawan itu supaya dapat lari ketiang bebas, maka bola berganti-ganti di pukul kekiri dan kekanan. Dengan demikian pasangan lawan di lapangan terpaksa di ubah-ubah saja karena pukulan yang berganti-ganti arahnya itu.

2) Bilamana bola harus di pukul tinggi jauh kebelakang?

Apabila di tiang bebas banyak kawan yang akan masuk. Supaya kawan-kawan itu dapat. lari pulang kurang bebas maka bola harus di pukul tinggi sekali hingga jatuh jauh di belakang. Bola harus tinggi karena waktu bola sedang melayang di udara pelari-pelari mendapat kesempatan lari ke ruang bebas.

3) Bagaimana pembebas harus memukul bola ?

Pemukul yang pertama kesamping kiri atau ke kanan supaya teman-temannya dari pertolongan dapat lari ketiang bebas. Pukulan yang selanjutnya jauh tinggi ke belakang supaya teman-temannya dari tiang bebas dapat masuk ke ruang bebas.

Teknik Melempar Bola – Gambar Lapangan Bola Kasti

Bola dil empar kepada kawan untuk di tangkap yang bertujuan untuk mematikan lawan. Lemparan yang di lakukan dari dekat sekali tidak mengenai sasarannya. Sebabnya? karena pelempar kurang teliti menjalankan lemparan itu.

  1. Janganlah sekali-kali melempari kalau jarak dengan lawan itu tidak dekat sekali.
  2. Hendaklah melempari dua kali, yang pertama lemparan “tipuan” supaya lawan menjatuhkan diri dsb. Sehingga ia dengan mudah dapat di lempar.
  3. Janganlah melempari kearah samping, tetapi sedapat mungkin kearah muka.
  4. Kalau dari lawan banyak yang akan masuk, pada umumnya pelempar menjadi “bingung” tidak tahu siapa yang akan di lempar.

Dalam hal ini:

  • Jangalah ragu-ragu
  • Serahkan bola kepada seorang teman yang cepat larinya dan keras lemparannya
  • Kejarlah seorang lawan yang dekat dan kejarlah terus hingga ia dapat lempar.
  • Sekali-kali jangan berganti mengejar orang lain.

Teknik Lari

Teknik lari dalam permainan Kasti.

  1. Larilah selalu menjauhi bola dengan melihat kepada bola.
  2. Janganlah memegang tiang pertolongan, supaya sewaktu waktu dapat mencoba lari ketiang bebas dan kembali lagi, kalau percobaan itu gagal.
  3. Kalau bola yang di pukul itu jatuh di dekat tiang pertolongan, larilah terus ketiang bebas.
  4. Cobalah lari masuk keruang bebas, kalau bola terpukul atau terlempar tinggi dan jauh.
  5. Kalau ada teman yang gagal percobaannya untuk lari keruang bebas, hendaklah teman-teman yang lain turut membantu dengan mencoba lari masuk keruang bebas.

Dalam hal ini :

  • Hendaknya. pelari-pelari di bagi menjadi dua bagian.
  • Yang sebagian lari dekat pada garis batas kiri, yang lain dekat pada garis batas kanan.
  • Kalau di kejar lawan hendaklah lari kembali sehingga bagian yang lain ada kesempatan untuk lari masuk keruang bebas.

Bekerja Bersama – Gambar Lapangan Bola Kasti

Dalam permainan kasti bekerja bersama atau kerjasama sebagai suatu tim adalah inti dalam permainan. Teknik dalam bekerja sama di antaranya adalah:

  1. Rombongan lapangan harus dapat bekerja bersama (team work) sebaik-baiknya. Bermainlah secara :jarak dekat” dengan melemparkan bola (mengoperkan) kepada teman yang dekat-dekat saja.
  2. Melemparkan bola janglanlah tepat kepada orang, tetapi kearah muka orang itu.
  3. Teman yang minta di beri bola janganlah berdiri dengan diam di tempatnya saja, tetapi larilah mendekati lawan yang di kejar itu.
  4. Hendaklah rombongan lapangan sering-sering melakukan “gerakan tipuan” untuk menipu lawannya. Umpama: bola purapura di lemparkan jauh kebelakang (sedangkan bola itu masih di pegang oleh seorang pemain di muka), sehingga lawan yang ada di tiang bebas tertipu dan mencoba lari masuk keruang bebas. Atau sebaliknya seorang pemain di belakarng melakukan “gerakan tipuan” itu untuk menipu pemain-pemain di tiang pertolongan.

Teknik Dalam Permainan Kasti

Sebelum mulai dengan bermain kasti anak-anak tentu harus telah cukup cakap dalam melempar, menangkap dan memikul bola.

Karena itu guru janganlah tergesa-gesa dengan permainan kasti, hendaklah anak-anak di latih dahulu dalam teknik permainan itu, yaitu: melempar, menangkap dan memukul bola.

Bagaimana dalam bentuk melempar, menangkap dan memukul. Semata-mata tetapi harus di lakukan secara permainan yang menarik sehingga tidak membosankan anak. Teknik permainan kasti di antaranya adalah:

Cara melempar bola – Gambar Lapangan Bola Kasti

Untuk dapat bermain kasti dengan baik, seorang pemain di tuntut untuk dapat memegang bola dengan baik dan pandai melemparkan bola. Ada beberapa cara melempar bola kasti, antara lain lemparan melambung dan lemparan lurus atau datar.

Cara memegang bola

Berikutnya, cara memegang bola kasti dapat di lakukan dengan cara: Pegang, bola dengan seluruh jari tanganmu, jari-jari tangan terbuka menghadap ke atas, pegang bola dengan erat agar bola tidak terlepas dari genggaman.

Cara melempar bola melambung – Gambar Lapangan Bola Kasti

Lemparan dengan cara melambung di maksudkan untuk mengoperkan bola kepada teman yang agak jauh jaraknya dari kita. Lemparan ini di gunakan oleh seorang pelambung.

Jika kamu menjadi seorang pelambung. Jika kamu menjadi seorang pelambung maka kamu harus dapat melambungkan bola ke arah pukulan sesuai permintaannya. Lambungan yang benar adalah posisi bola antara pusar dan dada pemukul.

Cara melempar bola melambung di antaranya adalah:

  1. Mula-mula lakukan posisi berdiri menyamping (kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang)
  2. Bukalah kakimu dengan lebar (lutut kaki kiri di luruskan dan lutut kaki kanan di bengkokkan)
  3. Peganglah bola dengan tangan kananmu dan letakkan tanganmu lurus di samping badan.
  4. Letakkan tangan kiri di depan badan dan lurus sejajar dengan bahu.
  5. Pandangan mata lurus ke arah depan
  6. Bola di lemparkan dari atas kepala hingga jalannya bola akan melambung tinggi.
  7. Setelah bola di lemparkan arahkan tangan mengikuti arah jalannya bola
  8. Lakukan gerakan dengan berulang-ulang agar terampil.

Cara melempar bola lurus atau datar

Lemparan bola lurus di gunakan untuk melempar pelari atau pemukul. Ketika mengarahkan bola kita perlu mengatur arah dan kecepatannya dengan tepat.

Sasaran pukulan pemain yang di tuju adalah punggung atau pantatnya. Di larang memukul ke arah bagian dada ke atas karena akan sangat berbahaya. Ketika melemparpun, jangan terlalu keras. Agar sasaran yang kita tuju dapat lebih tepat.

Cara melempar bola lurus atau datar adalah sebagai berikut:

  1. Mulu-mula lakukan posisi berdiri menyamping (kaki kiri di depan dan kaki kanan berada di belakang.
  2. Buka kakimu dengan lebar (lutut kaki di bengkokkan dan lutu (kaki kanan di luruskan).
  3. Pegang bola dengan tangan kananmu dan bengkokkan sikutmu 90 derajat.
  4. Letakkan tangan kirimu di depan dan lurus sejajar bahu.
  5. Pandangan mata ke arah depan.
  6. Lemparkan bola sejajar sehingga arah jalannya bola akan sejajar dengan dada.
  7. Setelah bola di lemparkan arahkan tangan mengikuti arah jalannya bola.
  8. Agar lebih terampil melambungkan bola dengan cara lurus atau datar, lakukan latihan ini berulang-ulang.

Cara menangkap bola – Gambar Lapangan Bola Kasti

Setelah kamu mahir melakukan gerakan melempar bola, sekarang mari latihan menangkap bola. Cara menangkap bola kasti sangatlah bervariasi.

Berdasarkan arah datangnya bola, cara menangkap bola kasti dapat di lakukan dengan menangkap bola melambung tinggi, menangkap bola mendatar (setinggi dada), menangkap bola rendah (antara lutut dan pinggang), menangkap bola bergulir di tanah.

Cara menangkap bola dapat di lakukan dengan cara:

  1. Mula-mula berdiri tegak kedua kaki agak di buka dan lutut sedikit di tekuk.
  2. Condongkan sedikit badanmu ke arah depan.
  3. Pandangan mata tertuju ke arah datangnya bola.
  4. Bengkokkan siku dan tempatkan kedua tanganmu di depan dada.
  5. Renggangkan kedua telapak tangan serta jari-jarinya dengan lemas.
  6. Segera jemput bola dengan kedua tanganmu ketika bola datang menghampiri kita.
  7. Setelah bola di tangan kita.
  8. Tarik kearah dada dan pegang erat-erat bola tersebut.

Sumber:

  • Widayanti, S.Pd, dkk. 2020. Pendidikan Olahraga dan Rekreasi Paket B Setara SMP/MTs Kelas IX. Modul Tema 11: Melatih Gerak dengan Bola. Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus–Direktorat Jenderal, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah–Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Demikian.
Semoga ada manfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: