Tips Membuat Buku Tahunan Sekolah atau Kampus

5 min read

Foto Buku Tahunan Sekolah

HermanAnis.comTips Membuat Buku Tahunan Sekolah atau Kampus. Apakah Anda sudah kelas 3 SMP/SMA atau sudah semester 8 di kampus? kalau iyah, maka sudah saatnya anda membicarakan tentang buku tahunan sekolah atau kampus.

Tujuan Membuat Buku Tahunan Sekolah

Foto Buku Tahunan Sekolah atau Kampus
Source: id.pinterest.com

Buku tahunan sekolah atau kampus secara umum bertujuan untuk mengabadikan momen seru selama di sekolah atau di kampus sebagai pengingat akan kenangan.

Melalui buku ini, anda dapat mengabadikan momen dan kenangan kebersamaan bersama teman-teman, guru, dosen, dan lainnya pada masa sekolah ataupun kuliah.

Baca Juga: Cara Belajar yang Baik: Bagaimana Einstein belajar Fisika?

8 Tips Membuat Buku Tahunan Sekolah atau Kampus

Bagaimana buku tahunan yang bagus? Berdasarkan pencarian yang telah kami lakukan tentang bagaiman Tips atau cara membuat Buku buku Tahunan sekolah atau kampus yang baik.

Buku tahunan ini tentu saja tidak bisa langsung jadi begitu saja. Berikut ini kami sajikan langkah-langkah dalam mempersiapkannya.

Tentukan tema atau konsep utama dari Buku Tahunan Sekolah atau Kampus Anda

Konsep adalah hal penting yang sering terlupakan. Konsep yang jelas akan menjadikan buku tahunan Anda akan terlihat lebih baik mulai dari cover depan sampai cover belakang.

Tips untuk menentukan tema, anda tidak bisa berpikir sendiri, libatkanlah teman, guru atau dosen, senior, dan semua sumber daya yang kalian punya untuk menyusun konsep ini.

Bentuklah panitianya, kasi tanggung jawab orang tertentu, lakukan diskusi dengan pihak terkait seperti, perwakilan kelas vendor/media organizer jika ada untuk mendapatkan tema dan konsep yang terbaik.

Pilihlah konsep yang unik dan juga tidak menyulitkan, misalnya ketika harus menyiapkan dress code dan tempat pemotretan yang sesuai dengan konsep.

Kemudian, jika konsep atau tema umum sudah fix, berikutnya pikirkanlah konsep turunannya.

Misalnya di sekolah, Anda pastikanlah ada konsep turuan untuk tiap-tiap kelas dan biarkan setiap kelas untuk menyesuikan berdasarkan kreativitas masing-masing.

Baca Juga: Tips Lolos Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri

Tentukan Konten/Isi Buku Tahunan Sekolah atau Kampus Anda

Ketika tema dan konsep umumnya telah ada, selanjutnya tentukanlah konten/isi buku tahunan sekolah atau kampus secara detail.

Dari hasil, penelusuran di google, berikut konten yang harus ada dalam buku tahunan Buku Tahunan Sekolah atau Kampus Anda.

  • Data sekolah atau kampus
  • Biodata guru atau dosen & para staf sekolah atau prodi/kampus
  • Foto siswa atau mahasiswa per kelas
  • Foto-foto momen seru selama masa sekolah atau kuliah
  • Narasi berupa cerita, kesan dan pesan selama sekolah atau kuliah

Tips agar data ini dapat diperoleh dengan cepat, upayakan khusus untuk data sekolah atau kampus dan biodata guru atau dosen & para staf sekolah atau kampus, anda minta seraca langsung di pimpinan sekolah atau pimpinan prodi.

Ini dapat Anda lakukan sekaligus sharing informasi tentang rencana Anda. Mereka pasti akan sangat mendukung apa yang Anda kerjakan.

Anda buatlah isian secara online melalui fasilitas google formulir untuk memperoleh data foto dan narasi dari teman-temanmu.

Silahkan anda searching cara menggunakan fasilitas ini. Sedangkan foto siswa per kelas nanti perlu koordinasi tiap kelas.

Nah untuk foto momen-momen seru nih nanti yang bakal menjadi tugas panitia pembuatan buku tahunan sekolah atau kampus untuk mencollect foto-foto mulai dari saat ospek dulu, sampai merencanakan foto-foto bareng dan mengabadikan kegiatan yang akan datang.

Tentukan Spesifikasi Buku Tahunan Sekolah

Anda mulailah menyusun draft halaman dari cover awal sampai akhir halaman, berapa halaman yang dibutuhkan, dummy atau sketsa layout dan apa saja yang akan dimasukkan kedalam buku tahunan sekolah atau kampus Anda.

Lakukan pemilihan material buku, mulai dari jenis kertas, finishing sampai fitur-fitur yang ada di buku (Pop Up, Spin Wheel, Poster, Packaging, etc).

Jika memungkinkan anda mintalah bantuan kepada orang yang profesional mengerjakan hal seperti ini. Sesuaikan spesifikasi buku dengan budget yang akan Anda keluarkan.

Buatkan Timeline Rencana Kerjanya

Tips berikutnya setelah menyusun daftar konten dan spesifikasinya, tentukanlah waktu pengerjaan masing-masing daftar konten tersebut.

Umumnya pada mulai Maret, Anda bakal sibuk oleh Ujian Sekolah, Ujian Praktek, Bimbingan, UN, dll. setelah UN pun bakalan libur panjang sehingga akan sangat susah ngumpul kalo misalnya mau buat foto angkatan.

Sesi Photoshoot Buku Tahunan Sekolah

Setelah mendapatkan tema baik, mulailah melakukan photoshoot. Kalo Anda memerlukan foto angkatan di buku Anda, ya mau ga mau Anda mesti kumpulin satu angkatan buat foto bareng.

Misalnya, cara yang ampuh buat foto satu angkataan adalah sehabis upacara. Hal lain akan sedikit susah mengaturnya kalo di kampus, olehnya itu, Anda harus mengingatkan akan konsep dasar dan komitmen awalnya.

Sedangkan untuk foto per kelas, briefinglah kepada seluruh kelas untuk memilih sub-tema yang masih berkaitan (conoh; Tema: music, Sub-tema: Rock, Jazz, Pop).

Lalu, setiap kelas berkewajiban untuk memakai dress code dari tiap sub-tema, jangan sampai satu murid tidak masuk tema atau salah kostum karena bisa merusak sub-tema dari kelas itu sendiri.

Setelah itu, pilihlah tempat yang sesuai dengan sub-tema, pilih tempat yang bisa dan mudah dijangkau, jangan memaksakan tempat yang terlalu jauh karena akan memberatkan salah satu teman sekelas Anda.

Foto Buku Tahunan Sekolah atau Kampus
Source: in.pinterest.com

Editing & Percetakan

Dalam tahap ini ada baiknya Anda menyerahkan kepada pihak yang Anda percayakan (vendor / media organizer), dalam tahap ini tugas Anda perlu mendampingi dan menjelaskan visual seperti apa yang Anda inginkan serta sesekali merevisi.

Persiapan untuk membuat Buku Tahunan Sekolah atau Kampus

Sebelum membuat Buku Tahunan Sekolah atau Kampus Anda anda perlu memastikan bahwa hal di bawah ini sudah anda lakukan.

Panitia Pembuat Buku Tahunan Sekolah

Bentuklah sebuah panitia yang terdiri dari teman-teman yang bertanggung jawab dan sekiranya mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Kemudian plihlah ketua atau pemimpin yang tepat, no leader, no good team.

Dana

Penting diperhatikan, sebelum Anda melangkah lebih jauh lagi, tentuin dulu budget Anda berapa. Kenapa? Supaya Anda bisa mempersempit pilihan Anda nanti.

Nggak harus paten berapa, tapi bisa berupa range. Nggak perlu tanya sana–sini, tapi pastikan kalo range itu tidak akan memberatkan salah satu temen angkatan Anda.

Harga cetak buku tahunan sekolah atau kampus dapat bervariasi, sesuai dengan spesifikasi buku tahunannya.

Sepertinya, kalo harga pasaran di Makassar sih antara 110 ribu sampai 250-an ribu per satuan. Biasanya, harga per satuan bisa semakin murah tergantug dengan quantity nya.

Apabila Anda keberatan di budget, ada tips untuk mendapat tambahan pendanaan yakni dengan cari mencari sponsor dengan “menodong” siswa yang ortunya punya bisnis atau usaha tertentu.

Mudah-mudahan saja diantara teman satu angkatan Anda, ada beberapa yg bisa jadi sasaran. Lumayan buat menyubsidi dana.

Namun, jangan harapkan sponsor ini akan mencover semua biayanya, karena bakalan sangat susah untuk dapat yang besar, sementara space buku Anda pasti terbatas.

Opsi untuk menggunakan jasa Vendor/Media Organizer

Jika Anda merasa tidak yakin untuk membuat buku secara sendiri, ga ada salahnya meng-hire vendor atau MO untuk mendapat hasil buku yang maksimal.

Pertama coba minta rekomendai kakak kelas atau senior anda mengenai vendor atau media organizer ini.

Sehingaa, kalo vendor yang dipakai kakak kelas tahun lalu udah oke, sebaiknya sih ga usah nyoba-nyoba vendor lain yg sekiranya belum proven.

Oleh karena dengan biaya yang relatif mahal dan cuma sekali cetak, jadi Anda mesti ati-ati milih vendor ini.

Kalo kakak kelas Anda ga punya rekomendasi, Anda dapat mencari sendiri vendor atau MO yang mempunyai portofolio atau pengalaman minimal 2 tahun, karena ini adalah sebuah tolak ukur Anda melihat hasil dan kualitas MO.

Hal lain yang perlu diperhatikan

Pastikan dalam buku tahunan sekolah atau kampus anda nantinya berisi biodata dosen atau guru Anda, biodata teman-teman seangkatan Anda, kumpulan foto momen berkesan selama Anda sekolah atau kuliah dan narasi berupa cerita, kesan dan pesan.

Biodata dosen atau guru penting agar anda tidak lupa dengan kontak mereka sebagai pengganti orang tua di lembaga pendidikan, pasti banyak cerita berkesan yang menyertainya.

Biodata teman-teman Anda, wow… pasti ini juga gak kalah penting, ada loh yang belum selesai sekolah udah lupa nama temannya, nah ini akan membantumu, Anda akan ingat namanaya, orang mana dia, dan bermacam-macamlah bisa diingat lewat uraian ini.

Foto-foto momen berkesan akan menjadi pengingat akan keseruan bersama, ada suka, ada duka, ada senang bahagia, ada macam-macam rasa. Sebuah gambar dapat merepresentasikan berjuta makna kata orang bijak.

Sehingga anda akan berlama-lama nantinya pada bagian ini ketika bukunya telah jadi, aku sangat yakin akan hal ini.

Narasi berupa cerita, kesan dan pesan yang dituangkan dalam buku akan selalu menarik untuk di baca, anda akan tersenyum simpul membaca pikiriran teman-teman Anda termasuk pikiranmu sendiri.

Ada senyum diiringi rasa kangen dengan mereka pastinya.

=Baca juga=
Apa yang menjadi Objek Pengamatan IPA?

Okay, demikian informasi tentang Tips Menyusun Buku Tahunan Sekolah atau Kampus, semoga informasi ini bermanfaat sehingga Anda bisa mengabadikan momen seru dengan kesan dan kualitas terbaik.

Sumber:

  • https://abankirenkcreative.tumblr.com/
  • https://halokampus.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *