Contoh Tujuan Pembelajaran

Contoh Tujuan Pembelajaran

HermanAnis.com – Dalam kesempatan ini, kita akan membahas satu topik berkaitan dengan pengembangan perangkat pembelajaran yakni contoh tujuan pembelajaran (TP). Contoh tujuan pembelajaran dalam tulisan ini berisi informasi tentang contoh TP yang berorientasi pada kolaborasi peserta didik dan guru, yang mengintegrasikan ICT, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), dan Penerapan HOTS dalam pembelajaran.

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Rancangan pembelajaran adalah suatu prosedur sistematis yang terdiri dari beberapa komponen menjadi satu kesatuan yang saling terkait dan mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu secara konsisten dan teruji.

Jika anda seorang guru di era industri 4.0 abad 21, Anda diharapkan mampu menjadi agen pembaruan. Pembaruan yang saudara lakukan bisa dimulai dari aktivitas perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, evaluasi hingga tindak lanjutnya. Untuk itu, Saudara perlu memahami beberapa karakteristik rancangan pembelajaran inovatif abad 21 yang akan Saudara terapkan dalam RPP.

Penerapan unsur-unsur terbaru dalam komponen RPP terletak pada: Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pendahuluan, Inti, dan Penutup Pembelajaran, serta Penilaian Pembelajaran.

Hal itu sejalan dengan rencana penguatan karakter siswa pada kurikulum 2013 (Kemdikbud, 2018). Pembedanya adalah pada unsur TPACK dan Neuroscience sebagai payung konsep pendekatan maupun model pembelajaran yang di pilih dalam rancangan pembelajaran dan juga adanya STEAM. STEAM merupakan salah satu pendekatan pembelajaran baru di Indonesia.

Contoh Rumusan Tujuan Pembelajaran

Ciri rancangan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik maupun kolaboratif biasanya tampak pada komponen tujuan, pilihan strategi pembelajaran, dan langkah-langkah kegiatan pembelajaran dalam RPP.

Untuk itu, Saudara harus mencermati kalimat rumusan tujuan dan kalimat-kalimat kegiatan pembelajarannya di RPP. Saudara juga harus mampu membedakan berbagai pendekatan, model, maupun metode pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, kolaborasi, atau selainnya.

Tulislah tujuan pembelajaran dengan redaksi kalimat yang jelas dan mengandung unsur ABCD sesuai modul RPP Kurikulum 2013 dari Kemdikbud (2018). Selain HOTS, unsur pembelajaran inovasi TPACK juga bisa di terapkan pada komponen RPP ini. Berikut ini contoh rumusan TP (dalam 1 pertemuan):

Contoh Rumusan Tujuan Pembelajaran

Perhatikan contoh tujuan pembelajaran tersebut, semuanya sudah di tulis dengan kalimat yang jelas dan mengandung unsur ABCD. Saudara juga bisa menjumpai penerapan Unsur TPACK dan HOTS di sana.

1. Contoh TP yang berorientasi pada kolaborasi peserta didik dan guru

Untuk lebih jelasnya, berikut contoh rumusan TP yang berorientasi pada tiga hal tersebut.

Tabel 1. Perbandingan 3 Orientasi Pembelajaran dalam Rumusan Tujuan Pembelajaran

Contoh TP yang berorientasi pada kolaborasi peserta didik dan guru

2. Contoh Penerapan HOTS dalam Tujuan Pembelajaran

Ciri kedua, rancangan pembelajaran yang berorientasi HOTS ada pada rumusan TP dalam RPP. Berikut ini contoh rumusan TP yang berorientasi HOTS atau tidak.

Tabel 2. Contoh Penerapan HOTS dalam Tujuan Pembelajaran

Contoh Penerapan HOTS dalam TP

Sekarang, coba Saudara perhatikan! Mengapa TP 2 dan 3 pada kolom sisi kanan berorientasi HOTS? Benar sekali, tujuan pembelajaran 2 dan 3 tersebut beroritentasi HOTS sebab sudah menggunakan kata kerja operasional dengan kategori berpikir tingkat tinggi pada level C4 dan C5.

3. Contoh TP yang Mengintegrasikan ICT

Ciri rancangan pembelajaran yang mengintegrasikan ICT dalam RPP ada pada komponen TP, Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran, pilihan Media dan atau Sumber Belajarnya.

Berikut contoh rumusan Tujuan Pembelajaran yang mengintegrasikan ICT maupun yang tidak.

Tabel 3. Contoh Integrasi ICT dalam Tujuan Pembelajaran

Contoh Tujuan Pembelajaran yang mengintegrasikan ICT

4. Contoh Tujuan Pembelajaran yang mengintegrasikan PPK

RPP yang mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) ada pada komponen TP dan Deskripsi Langkah-langkah Kegiatan Pembelajarannya. Berikut ini contoh rumusan Tujuan Pembelajaran yang menerapkan PPK:

Contoh Tujuan Pembelajaran yang mengintegrasikan PPK

Penjelasan tentang KKO kognitif dapat anda baca pada artikel berikut ini:\

Baca Juga:

Sumber Rujukan:
Yoki Ariyana, dkk. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Demikian,
semoga ada manfaat

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: