Tips Lolos Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri

7 min read

Tips Lolos Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri

HermanAnis.com – Teman-teman semua, pada kesempatan baik ini, kami akan memberikan berikan 12 Tips Lolos Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta. Jalur mandiri 2022 untuk semua PTN sekarang ini sudh di buka. Bagaimana cara agar teman-teman dapat tepat memilih Prodi dan dapat lulus, berikut beberapa tips yang telah kami rangkum.

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Bagi teman-teman yang belum berhasil di terima di Perguruan Tinggi Negeri lewat jalur, SNMPTN atau SBMPTN, masih ada satu jalur yang di sediakan oleh PT, jalur itu adalah jalur Mandiri. Lulus melalui jalur ini, tidaklah mudah, pada beberapa kampus, selain menerapkan nilai tes yang tinggi, juga mempersyaratkan kemampuan ekonomi yang juga tinggi.

Sebelum kita membahas tipsnya terlebih dulu kami akan menjawab beberapa pertanyaan yang biasa diajukan oleh calon mahasiswa,

Apakah jalur mandiri ada tes?

Pertanyaan apakah jalur mandiri ada tes? jawabannya tergantung kebijakan kampusnya. Bisa menggunakan ujian tulis misalnya dengan CBT seperti UTBK, bisa menggunakan nilai rapor, bisa juga menggunakan nilai hasil UTBK, dan bisa juga kombinasi diantaranya.

Selain itu, di beberapa kampus ada yang menambahkan tes wawancara. Inilah pentingnya teman-teman memahami proses penerimaan mahasiswa baru diporodi yang teman-teman inginkan. Untuk itu, kami telah merangkumkan Tips Lolos Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri sebagai bekal dalam mempersiapkan diri.

Apa perbedaan jalur mandiri dan sbmptn

Perbedaan jalur mandiri dan sbmptn dapat teman-teman baca dalam info grafis di bawah ini.

Tips Lolos Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri.  jalur mandiri its,  jalur mandiri 2022, jalur mandiri undip 2022, jalur mandiri unpad
biaya jalur mandiri

Apakah jalur mandiri mahal dan berapa biaya jalur mandiri?

Pertanyaan apakah jalur mandiri mahal, jawabannya iyah. Biaya untuk jalur mandiri sudah ditentukan dengan besaran tertentu yang nilainya pasti lebih mahal dari jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Sedangkan untuk pertanyaan berapa biaya jalur mandiri, yah tergangtung kampus atau prodi yang teman-teman pilih. Olehnya itu, teman-teman perlu mencari tahu besaran biaya yang akan dibayarkan melalui laman resmi kampus yang menjadi incaran.

Tak jarang ada calon mahasiswa yang memilih mundur duluan, karena melihat pembayaran yang bisa “selangit” untuk masuk pada Prodi yang di inginkan. Olehnya itu, adik-adik atau teman-teman yang memiliki keluarga dan berencana masuk kuliah melalui jalur mandiri ini, perlu stategi dan persiapan yang ‘matang’.

Nah, Bagaimana cara agar dapat lolos tes mandiri PTN? berikut kami sudah merangkum 12 Tips Lolos Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri. Tips ini mudah-mudahan dapat membantu adik-adik atau teman-teman dalam mempersiapkan diri atau keluarga untuk sukses lulus melalui jalur madiri di PT yang diminati.

12 Tips Lolos Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri

12 Tips Lolos Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri adalah sebagai berikut:

  1. Buatlah daftar Program Studi (Prodi) yang diminati
  2. Pilihlah Prodi yang sesuai Minat dan Kemampuan
  3. Pastikan Jadwal Tidak bentrok
  4. Mintalah pertimbangan orang tua dan keluarga
  5. Lakukan sholat istikharah untuk memilih yang terbaik
  6. Lakukan pendaftaran secara teliti dan tepat waktu
  7. Lakukanlah riset mendalam terhadap Prodi yang teman-teman telah pilih
  8. Berlatih soal-soal TPA dan soal-soal lainnya
  9. Pastikan semua Perangkat siap pada H-3
  10. Pahami jenis tesnya, ada secara langsung dan ada yang online
  11. Pahami mekanisme pelaksanaan ujian pada kampus yang anda tujuan
  12. Berdoalah dan mintalah doa serta restu dari Orang tua

Baca Juga: Cara Belajar yang Baik: Bagaimana Einstein belajar Fisika?

Penjelasan 12 Tips Lolos Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri secara lengkap adalah sebagai berikut:

Tips Lolos Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri.  jalur mandiri its,  jalur mandiri 2022, jalur mandiri undip 2022, jalur mandiri unpad
biaya jalur mandiri

Tips 1. Buatlah daftar Program Studi (Prodi) yang diminati

Untuk bagian ini, teman-teman perlu melakukan riset kecil-kecilan untuk memetakan Prodi yang sesuai keingingan dan kemampuan teman-teman. Beberapa Tips Lolos Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri hal yang perlu di perhatikan dalam membuat daftar Prodi di antaranya,

  1. Akreditasi Prodi, hal ini yang sangat penting, Prodi dengan predikat Unggul (dulu namanya terakreditasi A) menjadi jaminan kualitas penyelenggaraan di dalamnya.
  2. Biaya Perkuliahan, ini mungkin bagian kedua terpenting, biasanya mahasiswa jalur mandiri memiliki pembayaran yang lebih tinggi dari jalur yang lain. Olehnya itu teman-teman perlu mencatat dengandetail, semua biaya-biaya yang di butuhkan oleh Prodi yang di minati. Biasanya ini bisa diperoleh dari Website resmi kampus, atau dari mahasiswa yang sementara kuliah di Prodi tersebut. Mungkin teman-teman perlu melalukan riset kecil-kecilan untuk ini.
  3. Biaya hidup, ini juga penting di pertimbangkan, sebagai bagian kemampuan yang di butuhkan untuk bisa kuliah di kampus tersebut.
  4. Prospek Kerja, maksud bagian ini adalah, kalo teman-teman sudah selesai, bisa kerja dimana, atau bisa buat apa? bagian akhir ini penting untuk memastikan akan jalan karir masa depan teman-teman.

Demikian empat hal mendasar yang di butuhkan untuk membuat daftar Prodi yang di minati. Setelah membuat daftar tersebut langkah selanjutnya memilih Prodi sesuai minat dan kemampuan teman-teman.

Tips 2. Pilihlah Prodi yang sesuai Minat dan Kemampuan

Masuk PT adalah salah satu jalan menuju kesuksesan di masa depan. Salah dalam memilih Prodi, bisa sangat berdampak pada masa depan teman-teman. Olehnya itu, memilih Prodi ini perlu di lakukan secara terencana dan memiliki dasar pertimbangan yang komprehensif.

Dari daftar yang telah di buat tadi, pilihlah Prodi sesuai minat dan kemampuan teman-teman, khususnya dalam memilih Prodi atau Jurusan. Sederhananya adalah Pilihlah Prodi berdasarkan minat teman-teman

Telah banyak kasus sarjana yang kemudian menyesal, karena dulu memilih Prodinya hanya karena mengikuti keinginan orang tua, tanpa mempertimbangkan minat dan kemampuan sendiri, ada juga karena ikut-ikutan sama teman, atau mengikuti tren saja, seperti lagi “booming” tentang teknologi digital, trus memilih prodi yang terkait itu, padahal kemampuan dasar tidak mendukung.

Akibatnya dalam perkuliahan kewalahan, atau bisa jadi tidak mampu mengikuti perkuliahan dan akhirnya bisa Drop Out (DO). Pertimbangkanlah minat dan kemampuan yang di miliki terkait Prodi yang akan di pilih.

Tips 3. Pastikan Jadwal Tidak bentrok

Jika kamu ingin ikut beberapa seleksi mandiri PTN, maka kamu harus pastikan tidak ada jadwal tidak bentrok. Itulah pentingnya anda riset dulu, terutama jadwal tesnya.

Tips Lolos Ujian Mandiri PTN ke-4. Minta pertimbangan Orang tua atau keluarga yang lebih paham

Bagian ini sangat penting, perlu memberikan pengertian kepada orang tua teman-teman. Orang tua yang berpikir terbuka, akan menerima argumen teman-teman jika di dukung oleh data-data seperti dalam daftar yang telah di kerja pada bagian 1. Ajak mereka berdiskusi, kemukakan kelebihan dan kekurangan.

Pada bagian ini, perlu juga di pertimbangkan faktor ekonomi, jangan sampai teman-teman akan mengalami kesulitan dalam menjalani nantinya. Teman-teman mungkin tidak sepusing orang tuanya yang membiayai. Olehnya itu bagian ini perlu mendapat perhatian khusus.

Selain orang tua, mungkin teman-teman perlu menghubungi guru, atau keluarga terdekat yang memahami hal ini. Hasil komunikasi dengan orang tua, keluarga atau guru teman-teman perlu di pertemukan di elaborasi untuk menentukan Prodi yang teman-teman akan pilih.

Tips 5. Lakukan sholat istikharah untuk memilih yang terbaik

Bagian ini, adalah bagian akhir yang perlu teman-teman lakukan untuk memilih Prodi. Berdoalah di berikan petunjuk, mana yang terbaik untuk teman-teman dari Allah SWT. Setelah bagian ini, maka teman-teman harus menentukan pilihan. Bismillahirahmanirrahim, jatuhkan pilihan teman-teman.

Tips 6. Lakukan pendaftaran secara teliti dan tepat waktu

Tips Lolos Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri bagian ini terkadang kurang mendapat perhatian lebih, oleh karena kegiatannnya sudah jelas. Agar tidak terjadi kesalahan, adminsitrasi teman-teman sebelum mendaftar perlu untuk

  1. Membaca panduan pendaftaran secara cermat, perhatikan pesyaratan-persyaratannya.
  2. Catat tanggal-tanggal pentingnya, kapan terakhir pembayaran pendaftaran, apa yang perlu di persiapkan sebelum mendaftar secara online, kapan terakhir mengisi formulir pendaftaran, kapan tesnya, kapan pengumumannya, dan sebagainya.
  3. Jika ada yang kurang di pahami, jangan segan-segan untuk menghubungi panitianya. Biasanya selalu di sediakan nomor kontak panitia yang setiap kali bisa di hubungi oleh peserta.

Tips 7. Lakukanlah riset mendalam terhadap Prodi yang teman-teman telah pilih.

Setelah teman-teman menjatuhkan pilihan pada prodi tertentu, lakukan riset mendalam untuk mengetahui Prodi tersebut. Beberpa Tips Lolos Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri khususnya dalam melakukan riset terhadap prodi yang di pilih di antaranya adalah,

  1. Cari tau melalui dari website resmi Prodi tersebut. Cari tau, prodi yang anda pilih profil lulusannya seperti apa, atau mau jadi apa kalo sudah selesai. Biasanya informasi ini ada disemua website Prodi.
  2. Cari tau melalui mahasiswa yang sementara kuliah di prodi tersebut. Teman-teman seharusnya punya jurus untuk dapat berkomunikasi dengan mahasiswa yang ada di prodi tersebut. Setiap Prodi atau jurusan biasanya punya Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) atau Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP), teman-teman bisa menghubungi mereka lewat media sosial mereka. Teman-teman pasti ahlilah dibagian mencari media sosial mereka…
  3. Silahkan komunikasi dengan pimpinan Jurusan/Prodi yang akan dipilih, bisa sekedar bertanya tentang propek Prodi atau Jurusan tersebut kedepan. Kontak pimpinan biasanya bisa di peroleh di website resminya. Kalo Teman-teman sukan, bisa minta bantuan orang tua atau wali teman-teman semua. Biasanya pimpinan Jurusan/Prodi akan sangat terbuka untuk informasi ini.

Baca Juga: Tips Membuat Buku Tahunan Sekolah atau Kampus

Tips Lolos Ujian Mandiri ke-8. Berlatih soal-soal TPA dan soal-soal lainnya

Tips Lolos Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri bagian ini adalah bagian yang inti dalam mempersiapkan diri dalam mengikuti tes. Biasanya setiap Universitas punya kebijakan tersendiri terkait model rekrutmen mahasiswa jalur mandiri.

Ada Universitas yang langsung menggunakan nilai atau skor SBMPTN peserta, ada juga yang tetap mengadakan tes tersendiri.

Namun, yang paling banyak di temukan adalah menggunakan dua bentuk tes yakni tes tertulis dan tes wawancara. Untuk tes tertulis, biasanya berupa tes potensi akademik atau tes pengetahuan umum, tes skolastik. Apapun bentuk tesnya, teman-teman harus siap.

Itulah gunanya dati teman-teman harus melakukan riset mendalam terhadap Prodi yang teman-teman pilih. Tujuannya untuk mengetahui, bentuk tes yang akan di berikan seperti apa, teman-teman bisa menanyakan langsung kepada panitianya secara langsung.

Biasanyanya bentuk tes ini ada dalam panduan penerimaan yang di publikasikan oleh panitia penerimaan. Untuk tes tertulis, teman-teman dapat mempersiapkan diri dengan cara memahami terlebih dahulu karakteristik soal yang pernah muncul pada tahu-tahun sebelumnya. Biasanya ini bisa teman-teman cari internet, mudah-mudahan tersedia.

Banyak-banyaklah berlatih buku-buku latihan soal yang di rancang berdasarkan ciri khas soal-soal PTN tersebut. Pelajari jenis soal hingga sistem penilaiannya. Biasanya, secara umum soal-soal yang di berikan tidak jauh beda dengan soal UTBK SBMPTN. Jangan lupa biasakan untuk mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. 

Tips Lolos Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri untuk tes wawancara, teman-teman perlu untuk mempersiapkan diri dengan melakukan riset-riset lagi.

Apa sih yang sering di tanyakan oleh pewawancara pada saat tes. Dari pengalaman selama ini, beberapa hal yang biasa menjadi topik pertanyaan di antaranya adalah:

  1. Teman-teman akan di tanya terkait motivasi dan minat terkait Prodi yang di pilih. “Apa motivasi teman-teman memilih Prodi ini, dan kenapa memilihnya di Kampus A misalnya, kenapa bukan kampus B?” Ini pertanyaan standar, cara menjawab yang baik, silahkan teman-teman riset sendiri.
  2. Teman-teman akan di tanya tentang penguasaan konten terkait prodi yang di pilih. Misalnya teman-teman memilih prodi fisika, maka teman-teman akan di tanya berkaitan materi fisika. Tentunya fisika dasar yang telah di pelajari di SMA.
  3. Teman-teman akan di tanya terkait prestasi selama sekolah yang bisa dibanggakan. Upayakan jawaban teman-teman di kaitkan dengan prodi yang di pilih, bisa juga di tambahkan yang tidak terkait selama itu prestasi silahkan saja. Namun, teman-teman perlu mempersipakan jawaban jika di tanya mengapa tidak memilih Prodi di mana teman2 ada prestasi, kenapa pilih prodi ini misalnya. Ingat jangan sampai tak jujur, ketidak jujuran teman-teman biasanya sangat mudah di deteksi oleh pewawancara. “Jangan coba-coba yah’
  4. Pertanyaan akan terus belanjut, sebagai respon terhadap jawaban yang teman-teman sampaikan. Untuk itu, berpikirlah sebentar sebelum menjawab. Biarkan pewawawancara menyelesaikan pertanyaanya baru teman-teman menjawab. Jika ada pertanyaan yang kurang di paham, jangan segan untuk meminta penjelasan lebih lanjut. Pewawancara akan memaklumi itu.
  5. Gunakan pakaian yang sopan, jangan terlalu mencolok. Bersikaplah yang sopan, penuh perhatian dan menunjukkan antusias yang tinggi untuk kuliah di prodi ini.
Tips Lolos Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri.  jalur mandiri its,  jalur mandiri 2022, jalur mandiri undip 2022, jalur mandiri unpad
biaya jalur mandiri

Tips 9. Pastikan semua Perangkat siap pada H-3

Tips Lolos Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri pada bagian ini adalah lakukan persiapaan dengan baik terhadap perlengkapan ujian teman-teman seperti, pensil 2B, pulpen, papan jalan, penghapus, dan lain sebagainya.

Jangan lupa untuk survei lokasi ujian supaya tidak salah jalan atau salah gedung. Perkirakan waktu yang di butuhkan untuk sampai ke lokasi ujian dari tempat tinggal kamu, agar tidak terlambat di hari ujian.

Tips Lolos Ujian Mandiri PTN ke- 10. Pahami jenis tesnya, ada secara langsung dan ada yang online

Pada seleksi mandiri ini, khsusnya dalam kondisi pandemi Covid 19, PTN ada yang menggelar ujian seleksi secara langsung, ada juga yang secara online. Jika ikut yang online, maka cek perangkat, aplikasi dan jaringan internetnya.

Tips 11. Pahami mekanisme pelaksanaan ujian pada kampus yang anda tujuan

Setiap kampus telah memiliki ketentuan dan mekanisme ujian tersendiri. Biasanya mekanisme ini ada dalam laman pendaftaran. Olehnya itu teman-teman perlu mengakses semua yang berkaitan dengan hal ini, dan pastikan teman-teman memahami mekanismenya sebelum datang ke lokasi untuk ujian.

Tips Lolos Ujian Mandiri PTN ke-12. Berdoalah dan mintalah doa serta restu dari Orang tua

Tips Lolos Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Negeri bagian terakhir ini adalah faktor terpenting agar setiap usaha dan keinginan tercapai. Berdoalah secara konsisten dan mintalah doa dan restu dari orangtua. Jangan pernah lupakan hal ini. Dengan begitu setiap daya upaya kamu akan di beri kemudahan dan kelancaran.

Lumayan panjang juga ya prosedur masuk PTN lewat jalur mandiri. Jika semua sudah di persiapkan dengan baik, maka teman-teman harus optimis bahwa di mana ada usaha, di situ pasti ada jalan. Tetap semangat dan semoga teman-teman dapat lulus menembus jalur PTN sesuai keinginan. Sukses selalu.

Baca Juga : Jalur Trans Mamminasata: Rute Bus dan Jadwal

Demikian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *