Soal Pedagogik PPG

Soal Pedagogik PPG

HermanAnis.com. Teman-teman semua, pada tulisan kali ini, kami akan memberikan pada informasi tentang contoh soal pedagogik PPG. Contoh Soal pedagogik PPG ini telah kami lengkapi dengan pembahasan atau jawabannnya yang kami ambil dari berbagai sumber.

Isi Tulisan

Latihan Soal Pedagogik PPG

Untuk melakukan latihan Soal Pedagogik PPG silahkan lakukan simulasi pada link di bawah ini.

[quiz-cat id=”14192″]

Soal Pedagogik PPG ini juga dapat dijadikan sebagai referensi dalam mempersiapkan diri mengikuti Tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru.

Beberapa penyelesaian dari latihan soal-soal pada kuis di atas sebagai berikut.

Soal Pedagogik PPG

Baca Juga: Contoh Soal PPG IPA

Nomor 1 Soal Pedagogik PPG

KompetensiCapaian PembelajaranIndikator Esensial
Perencanaan
pembelajaran
Merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusanBerdasarkan rumusan indikator kompetensi peserta dapat
merumuskan capaian pembelajaran (tujuan pembelajaran)

Baca Juga: Latihan Soal UP UKMPPG IPA

Pada sebuah rancangan pembelajaran (RPP) tertulis contoh rumusan indikator kompetensi yaitu menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras”, jika seorang pendidik akan menyusun menjadi tujuan pembelajaran maka rumusan yang tepat adalah….

ASetelah melaksanakan proses pembelajaran melalui praktik, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras berupa komponen input, proses dan output
BSetelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar
CSiswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras berupa komponen input, proses dan output secara benar
DMenjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras komponen input, proses dan output tanpa melihat catatan
ESetelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, materi kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar tanpa melihat catatan.

Pembahasan:
Soal Pedagogik PPG. Unsur-unsur dalam merumuskan tujuan pembelajaran hendaknya memenuhi kaidah ABCD yaitu; A : Audience adalah peserta didik yang akan belajar. B : Behavior adalah perilaku yang spesifik yang akan dimunculkan oleh peserta didik setelah selesai memperoleh pengalaman belajar dalam pelajaran tersebut.

Kemudian, C : Condition adalah kondisi, yang berarti batasan yang dikenakan kepada peserta didik atau alat/peralatan yang digunakan peserta didik pada saat dilakukan penilaian. D : Degree adalah tingkat keberhasilan peserta didik dalam mencapai perilaku.

Dari penjelasan ini jawaban yang paling tepat adalah : Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi (Condition), siswa (Audience) dapat menjelaskan operasi sistem komponen perangkat keras (Behavior) secara benar (Degree).

Jawaban B

Nomor 2

KompetensiCapaian PembelajaranIndikator Esensial
Perencanaan pembelajaranMenetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaranBerdasarkan capaian pembelajaran (tujuan pembelajaran) yang telah dirumuskan, peserta dapat menetapkan materi pembelajaran yang diperlukan

Naskah soal:
Soal Pedagogik PPG. Pada saat menyusun perencanaan pembelajaran pokok materi tentang Unggas, seorang guru merumuskan tujuan pembelajaran agar siswa dapat mendefinisikan hewan unggas, mengelompokan dan membedakan jenis-jenis unggas. Adapun pilihan strategi pembelajaran untuk menjelaskan materi kepada siswa tersebut yaitu strategi pembelajaran deduktif. Mendasarkan tujuan dan strategi pembelajaran tersebut mencerminkan ragam pengetahuan yang jenisnya….

A. Fakta
B. Prosedur
C. Keterampilan
D. Konsep
E. Prinsip

Pembahasan:
Berikut merupakan tabel untuk mempermudah dalam menentukan jenis materi.

Jenis MateriIndikator hasil belajar yang harus dikuasai siswa
FaktaApabila siswa diminta untuk menyebutkan nama, kapan, dimana suatu peristiwa terjadi
KonsepApabila siswa diminta untuk mengemukakan definisi, membedakan dua hal, mengklasifikasikan
ProsedurApabila siswa diminta untuk menjelaskan langkah-langkah pemecahan suatu persoalan menurut prosedur tertentu
PrinsipApabila siswa diminta untuk menjelaskan hubungan antar berbagai konsep, sebab akibat
KeterampilanApabila siswa diminta untuk membuat sesuatu
Aspek afektifApabila siswa diminta memilih dan melakukan sikap tertentu terhadap suatu kejadian
Aspek motorikApabila siswa diminta untuk melakukan kegiatan menggunakan anggota badan

Tujuan pembelajaran yang meminta siswa dapat mendefinisikan hewan unggas, mengelompokan dan membedakan jenis-jenis unggas termasuk jenis materi berupa konsep.

Dari penjelasan ini jawaban yang paling tepat adalah,

Jawaban D

Demikian mudah-mudahan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: