Profil Pelajar Pancasila

2 min read

Profil Pelajar Pancasila

HermanAnis.com – Uraian pokok tentang Profil Pelajar Pancasila tertuang dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Visi Kemendikbud 2020-2024

Sebagai kementerian yang mengemban amanat mengendalikan pembangunan SDM, Kemendikbud memiliki tanggung jawab besar dalam meningkatkan mutu pendidikan dan memajukan kebudayaan. Hal ini, didasarkan pada UU pendidikan Nasional, Visi Presiden pada RPJMN Tahun 2020-2024, serta Visi Indonesia 2045.

Baca Juga: Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Sementara, Visi Kemendikbud 2020-2024,

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendukung Visi dan Misi Presiden untuk mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.

Uraian dan pembahasan visi misi Kemendikbud, dapat teman-teman baca pada artikel berikut: Visi, Misi dan Tujuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Salah satu aspek yang menjadi fokus dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan memajukan kebudayaan di Indonesia adalah terciptanya Profil Pelajar Pancasila. Dimana, Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Adapun enam ciri utamanya adalah beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, seperti di tunjukkan oleh Gambar di atas.

Baca Juga : Sejarah Lahirnya Pancasila

6 Profil Pelajar Pancasila

Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran

Ke enam Profil Pelajar Pancasila atau elemen kunci adalah,

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia
  2. Berkebhinekaan Global
  3. Bergotong Royong
  4. Mandiri
  5. Bernalar Kritis
  6. Kreatif

Profil Pelajar Pancasila ke-1: Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia

Profil Pelajar Pancasila yang pertama adalah beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia. Pelajar Indonesia yang berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Ia mampu memahami ajaran agama dan kepercayaan serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari.

Adapun elemen kunci dari profil pertama ini adalah;

  1. Akhlak beragama
  2. Akhlak Pribadi
  3. Watak pada manusia
  4. Akhlak kepada alam
  5. Akhlak bernegara

Profil ke-2: Berkebhinekaan Global

Profil Pelajar Pancasila yang kedua adalah Berkebhinekaan Global. Dalam Berkebhinekaan Global, Pelajar Indonesia perlu untuk mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain.

Sehingga, menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya dengan budaya luhur yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.

Adapun elemen kunci berkebhinekaan global yakni;

  1. Mengenal dan menghargai budaya
  2. Kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama
  3. Refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.

Profil ke-3: Bergotong Royong

Profil ketiga adalah Bergotong Royong. Pada profil gotong royong ini, pelajar Indonesia memiliki kemampuan gotong royong, yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan.

Adapun, elemen kunci profil gotong royong yaitu;

  1. Kolaborasi
  2. Kepedulian
  3. Berbagi

Profil Pelajar Pancasila ke-4: Mandiri

Profil Pelajar Pancasila yang keempat adalah mandiri. Pada profil ini, Pelajar Indonesia yang mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya.

Adapun elemen kunci dari pelajar mandiri yakni;

  1. Kesadaran akan diri dan situasi yang di hadapi
  2. Regulasi diri

Profil ke-5: Bernalar Kritis

Profil kelima adalah Bernalar Kritis. Pada profil bernalar kritis ini, pelajar indonesia diharapkan mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, mengalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya.

Adapun elemen kunci dari pelajar yang mampu bernalar kritis yakni;

  1. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan
  2. Menganalisis dan mengevaluasi penalaran
  3. Merefleksi pemikiran dan proses berpikir
  4. Mengambil keputusan

Profil Pelajar Pancasila ke-6: Kreatif

Profil yang keenam adalah kreatif. Pada profil ini, pelajar Indonesia yang kreatif adalah pelajar yang mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.

Adapun elemen kunci dari pelajar yang kreatif yakni;

  1. Menghasilkan gagasan yang orisinal
  2. Mengciptakan karya dan tindakan yang orisinal

Selanjutnya bagaimana cara mengintegrasikannya dalam pembelajaran dapat teman baca pada artikel berikut ini Cara Mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran.

Baca Juga: Prinsip dan Prosedur Penyusunan Modul Ajar

Sumber Informasi:

Terim kasih telah membaca artikel ini
semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *