Laporan Field Study pada Program Studi Pendidikan Fisika UNM Tahun 2020

1 min read

HermanAnis.com – Berikut ini merupakan laporan hasil Field Study yang telah dilakukan untuk mengetahui profil kebutuhan perkuliahan yang berkaitan dengan konten-konten Elektronika Digital pada Prodi Pendidikan Fisika UNM untuk meningkatkan kecakapan hidup abad 21 mahasiswa calon guru fisika tahun 2020.

Permasalahan

Masalah yang akan dijawab dalam field study ini adalah “Bagaimana profil kebutuhan perkuliahan yang berkaitan dengan konten-konten dalam elektronika digital pada Prodi Pendidikan Fisika UNM untuk meningkatkan kecakapan hidup abad 21 mahasiswa calon guru fisika?”

Langkah-langkah Field Study

Langkah-langkah yang ditempuh dalam pelaksanaan field study ini dilakukan dalam tiga tahapan yaitu tahap pra-pelaksanaan field study, tahap pelaksanaan field study, dan tahap pasca pelaksanaan field study.

Tahap pra-pelaksanaan field study

  1. Meminta izin kepada pimpinan Jurusan Fisika FMIPA UNM, untuk melaksanakan Field Study terkait dengan konten perkuliahan Elektronika Digital. Pimpinan jurusan, menyambut dengan sangat baik dan menfasilitasi kami untuk memperoleh dokumen yang dibutuhkan. 
  2. Mempersiapkan instrumen studi lapangan yang siap digunakan, yaitu kuesioner, pedoman wawancara dan list dokumen yang diperlukan.

Tahap pelaksanaan field study

Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara dan mengambil dokumen.

  1. Mengumpulkan dokumen kurikulum beserta Rencana Program Semester (RPS) mata kuliah .
  2. Memberikan kuesioner kepada lulusan dan pengguna lulusan secara online melalui google formulir.
  3. Melakukan wawancara dengan dosen mata kuliah Elektronika Dasar dan Instrumentasi.

Tahap akhir

  1. Analisis hasil field study untuk pengembangan program.
  2. Penyusunan laporan terkait pelaksanaan field study.

Hasil

Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa diperlukan pengembangan perkuliahan terkait dengan konten elektronika digital sebagai mata kuliah prasyarat. Hal ini untuk mendukung perkuliahan instrumentasi yang memerlukan kemampaun dasar rangkaian digital. Semua hal ini sebagai upaya meningkatkan kecakapan hidup abad 21 mahasiswa calon guru fisika.

Salah satu matakuliah di Prodi Pendidikan Fisika UNM yang potensial untuk mengakomodasi hal tersebut adalah mengadakan mata kuliah Elektronika Digital. Mata kuliah ini potensial ditawarkan pada semester IV. Mata kuliah ini, dari segi konten bersifat abstrak sehingga dalam pelaksanannya dibutuhkan praktikum untuk menunjangnya. Konsep-konsep yang abstrak pada mata kuliah ini tentunya akan lebih bermakna jika dapat dibuktikan secara empirik melalui kegiatan praktikum. Kegiatan praktikum bertujuan untuk mendukung/menguatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep yang dipelajari.

Pembahasan

Berdasarkan uraian di atas maka, program yang akan dilakukan sebagai tindak lanjut dari Filed Study ini adalah merancang perkuliahan Elektronika Digital. Hal ini didasari atas kebutuhan lapangan berkaitan dengan konten elektronika digital sebagai satu matakuliah sendiri sebagai syarat konten dalam belajar pada mata kuliah Instrumentasi (Digital).

Pengembangan program akan dilakukan melalui pengembangan pembelajaran Elektronika Digital yang mengintegrasikan penggunaan mikrokontroler Arduino Uno sebagai pendukung praktikum Elektronika Digital. Pembelajaran sendiri akan dirancang dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis Proyek (PjBL) dalam Learning Management System (LMS).

Dengan demikian maka diharapkan melalui program pembelajaran Elektronika Digital berbantuan Mikrokontroler Arduino Uno yang diterapkan dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek  (PjBL) dalam Learning Management System (LMS), maka keterampilan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa calon guru fisika dapat ditingkatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *