Kelemahan dan Kelebihan Model Pembelajaran Inkuiri

2 min read

Kelemahan dan Kelebihan Model Pembelajaran Inkuiri

HermanAnis.com – Teman-teman semua, pada bahasan kali ini kita akan membahas salah satau model pembelajaran yang di sarankan dalam K-13 yakni Model Pembelajaran Inkuiri, di mana kita akan fokus pada pembahasan tentang Kelemahan dan Kelebihan Model Pembelajaran Inkuiri.

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan PBL

Kelebihan Model Pembelajaran Inkuiri

Menurut Sanjaya (2010), ada beberapa keunggulan atau kelebihan Model Pembelajaran Inkuiri. Beberapa keunggulan tersebut adalah:

  1. Merupakan strategi pembelajaran yang menekankan kepada pengembangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik secara seimbang, seingga pembelajaran melalui strategi ini di anggap lebih bermakna.
  2. Dapat memberikan ruang kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya mereka.
  3. Merupakan strategi yang di anggap sesuai dengan perkembangan psikologi belajar modern yang menganggap belajar adalah proses perubahan tingkah laku berkat adanya pengalaman.
  4. Keuntungan ini adalah strategi pembelajaran ini dapat melayani kebutuhan siswa yang memiliki kemampuan di atas rata – rata.
  5. Artinya, siswa yang memiliki kemampuan belajar bagus tidak akan terhambat oleh siswa yang lema dalam belajar.
Sintaks atau fase-fase dalam Model Pembelajaran Inkuiri

Selain itu, menurut Sahrul (2009) Kelebihan Model Pembelajaran Inkuiri di antaranya adalah,

  1. Membantu peserta didik untuk mengembangkan kesiapan serta penguasaan keterampilan dalam proses kognitif.
  2. Peserta didik memperoleh pengetahuan secara individual sehingga dapat di mengerti dan mengendap dalam pikirannya.
  3. Dapat membangkitkan motivasi dan gairah belajar peserta didik untuk belajar lebih giat lagi.
  4. Memberikan peluang untuk berkembang dan maju sesuai dengan kemampuan dan minat masing – masing
  5. Memperkuat dan menamba kepercayaan pada diri sendiri dengan proses menemukan sendiri karena pembelajaran berpusat pada peserta dengan peran guru yang sangat terbatas.

Sebagian perencanaannya dibuat ole guru siswa tidak merumuskan problem atau masalah jadi kesimpulan dalam pembelajaran inkuiri terbimbing ini guru tidak melepas begitu saja kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh siswa.

Dalam pembelajaran inkuiri di harapkan siswa secara maksimal terlibat langsung dalam proses kegiatan belajar, sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa tersebut dan mengembangkan sikap percaya diri yang di miliki oleh siswa tersebut.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Discovery Learning

Kelemahan dan Kelebihan Model Pembelajaran Inkuiri

Kelemahan Inquiry Learning

Selain keunggulan, terdapat pula kelemahan, beberapa kelemahan pembelajaran inkuiri menurut Prambudi (2010) di antaranya adalah:

  1. Model ini sulit dalam merencanakan pembelajaran oleh karena terbentur dengan kebiasaan siswa dalam belajar.
  2. Kadang – kadang dalam mengimplementasikannya, memerlukan waktu yang panjang seingga sering guru sulit menyesuaikannya dengan waktu yang tela di tentukan.
  3. Sulit di implementasikan jika kriteria keberhasilan belajar di tentukan oleh kemampuan siswa menguasai materi pelajaran.

Menurut Sanjaya (2010), di samping keunggulan strategi pembelajaran inkuiri juga memiliki kelemahan, yaitu :

  1. Di gunakan sebagai strategi pembelajaran, maka akan sulit mengontrol kegiatan dan keberasilan siswa.
  2. Strategi ini sulit dalam merencanakan pembelajaran ole karena ter bentur dengan kebiasaan siswa dalam belajar.
  3. Kadang – kadang dalam mengimplementasikannya, memerlukan waktu yang panjang seihngga sering guru sulit menyesuaikannya dengan waktu yang telah di tentukan.
  4. Selama kriteria keberasilan belajar di tentukan oleh kemampuan – kemampuan siswa menguasai materi pelajaran, maka strategi pembelajaran inkuiri akan sulit di implementasikan ole setiap guru.

Kesimpulannya siswa di sini di desain sebagai penemu atau mencari pengetauan itu, di sinilah tugas seorang guru dalam mengkostruk siswa agar mendapatkan pengetahuan dan menjadi bermakna. Karena dengan bermakna itulah pengetahuan akan masuk kedalam long term memories, sehingga akan selalu terkenang oleh siswa.

Siswalah yang melakukan semuanya guru hanya menyiapkan, karena murid yang melakukan maka pembelajaran akan menjadi pengalaman yang bermakna untuk siswa.

Baca Juga: Kelebihan PjBL menurut para Ahli

Demikian beberapa Kelemahan dan Kelebihan Model Pembelajaran Inkuiri. Mudah-mudahan ada manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: