Kelebihan PjBL menurut para Ahli

2 min read

Kelebihan PjBL menurut para Ahli

HermanAnis.com – Teman-teman semua, pada bahasan kali ini kita akan membahas salah satau model pembelajaran yang di sarankan dalam K-13 yakni Pembelajaran Berbasis Proyek, di mana kita akan fokus pada pembahasan tentang kelebihan pembelajaran berbasis projek (PjBL) menurut Ahli. Kelebihan PjBL menurut para Ahli dalam tulisan ini merujuk pada pendapat ahli atau pakar tentang apa saja yang menjadi keunggulan atau kelebihan.

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan PBL

Kelebihan PjBL menurut para Ahli

Model pembelajaran berbasis proyek bukan sekedar merupakan rangkaian pertemuan kelas serta belajar kelompok kolaboratif, akan tetapi model ini memfokuskkan pada kreatifitas berpikir, pemcahan masalah dan interaksi antara siswa dengan siswa untuk menciptakan dan menggunakan pengetahuan baru.

Kelebihan PjBL menurut Moursund

Keuntungan atau kelebihan pembelajaran berbasis proyek PjBL menurut Moursund di antaranya adalah:

  1. Increased Motivation, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terbukti dari beberapa laporan penelitian tengang pembelajaran berbasis proyek yang menyatakan bahwa siswa sangat tekun, berusaha keras untuk menyelesaikan proyek, siswa merasa lebih bergairah dalam pembelajaran dan keterlambatan dalam kehadiran sangat berkurang.
  2. Inceased Problem-Solving Ability. Lingkungan belajar pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, membuat siswa lebih aktif dan berhasil memecahkan masalah-masalah yang bersifat kompleks.
  3. Improved Library Research Skills. Keterampilan siswa untuk mencari dan mendapatkan informasi akan meningkat.
  4. Increased Collaboration. Pentingnya kerja kelompok dalam proyek memerlukan siswa mengembangkan dan mempraktikkan keterampilan komunikasi.
  5. Increased Resource-Management Skills, dapat memberikan kepada siswa pembelajaran dan praktik dalam mengorganisasi proyek, dan membuat alokasi waktu dan sumber lain seperti perlengkapan untuk menyelesaikan tugas.
Kelebihan PjBL menurut para Ahli

Kelebihan PjBL Neac

Keunggulan atau Kelebihan PjBL menurut Neac juga menyatakan bahwa model pembelajaran project based learning memiliki potensi besar dalam membangun karakteristik siswa, antara lain:

  1. Mendukung pembelajaran secara individu maupun berkelompok.
  2. Meningkatkan kemampuan eksplorasi siswa.
  3. Mendukung perkembangan kognitif / intelektual siswa.
  4. Berinteraksi dan bersemangat dalam bekerja sama.
  5. Mendukung siswa untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman.
  6. Merangsang motivasi dan minat belajar siswa.
  7. Membentuk sikap dan nilai-nilai yang positif.
  8. Mengembangkan kemampuan mengambil keputusan.
  9. Mengembangkan berpikir kreatif.
  10. Mengembangkan kemampuan belajar secara mandiri maupun kolaboratif

Keunggulan dan Kelebihan PjBL Menurut Ledward

Menurut Ledward merupakan salah satu cara mengembangkan keterampilan yang di tuntut dalam pendidikan abad 21. PjBL dapat melatih siswa mengubah sifat pembelajaran dengan menemukan konsep dasar melalui kerluasan informasi dan teknologi komunikasi yang nantinya sangat di perlukan untuk keberhasilan dalam menghadapi kehidupan di masa depan.

Kelebihan PjBL menurut Mergendoller, Zachariou dkk

Siswa yang ikut berpartisipasi dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah.

Kelebihan Menurut Neo

Selain itu, Menurut Neo (2009) menambahkan bahwa, minat belajar, kemampuan berpikir kritis, kemampuan membangun relasi, dan kemampuan bekerja sama pada siswa lebih baik apabila siswa belajar dan beraktivitas melalui project based learning, dan kemampuan-kemampuan tersebut hampir di pastikan dapat berkembang, di bandingkan pada pembelajaran tradisional.

Kelebihan menurut Wena

Wena (2012) mengemukakan bahwa model pembelajaran PjBL memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan sebagai berikut.

  1. Meningkatkan motivasi
  2. Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
  3. Meningkatkan kolaborasi
  4. Meningkatkan keterampilan mengelola sumber daya

Pendapat lain di kemukakan oleh Husamah (2013), bahwa model PjBL memiliki kelebihan di antaranya

  1. pelajar memperoleh pengetahuan dasar (basic science) yang berguna untuk memecahkan masalah bidang keteknikan yang di jumpainya,
  2. pelajar belajar secara aktif dan mandiri dengan sajian materi terintegrasi dan relevan dengan kenyataan sebenarnya, yang sering di sebut student centered, dan
  3. pelajar mampu berpikir kritis dan mengembangkan inisiatif.

Ada tiga kategori umum penerapan proyek untuk pelajar, yakni mengembangkan keterampilan, meneliti permasalahan, dan menciptakan solusi. Kreativitas dari suatu proyek membantu perkembangan pertumbuhan individu.

Kelebihan PjBL menurut Muresan

  • Model pembelajaran PjBL memfasilitasi peserta didik agar dapat memiliki kompetensi di gital serta keterampilan-keterampilan untuk mengembangkan materi pembelajaran berbasis komputer.
  • Model pembelajaran PjBL memfasilitasi siswa agar dapat menyelesaikan permasalahan secara kreatif dan innovatif serta dapat menggunakan pengetahuannya dalam lingkungan yang nyata.

Demikian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: