Bagaimana Proses terjadinya Fotosintesis pada Tumbuhan?

1 min read

Bagaimana Proses Terjadinya Fotosintesis?

HermanAnis.com – Teman-teman semua, Hai Adik-adik semua, dalam pembahasan kita kali ini, kita akan membahas tentang Bagaimana Proses terjadinya Fotosintesis pada Tumbuhan?

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Pengertian Fotosintesis

Nah, yang pertama kita harus tahu dulu adalah apa itu yang fotosintesis? Fotosintesis merupakan proses pembuatan makanan pada tumbuhan. Jadi fotosintesis itu adalah bagaimana tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri.

Tumbuhan itu adalah makhluk hidup yang spesial, oleh karena tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri tanpa bantuan yang lainnya. Namun, dalam membuat makanannya sendiri tumbuhan memerlukan empat hal penting.

Empat hal penting yang di butuhkan tumbuhan dalam proses fotosintesis yaitu:

  1. Air
  2. Karbondioksida
  3. Klorofil
  4. Cahaya Matahari atau energi cahaya.

Nah ini adalah empat hal penting yang di butuhkan tumbuhan dalam membuat makanannya sendiri.

Mari kita bahas satu persatu.

Fungsi Air dalam Proses terjadinya Fotosintesis

Bagaimana cara tumbuhan memperoleh air untuk keseluruhan bagian dari tumbuhan tersebut?

Perhatikan gambar berikut!

Proses terjadinya Fotosintesis pada Tumbuhan?

Gambar di atas untuk mempermudah adik-adik. Bagaimana cara tumbuhan mendapatkan air keseluruh bagian tumbuhan tersebut. Air yang diperoleh tumbuhan berasal dari dalam tanah. Jadi tugasnya akar dari tumbuhan tersebut, menyerap air dari dalam tanah.

Lalu, setelah di serap oleh akar, maka batang tumbuhan bertugas untuk mengalirkan air keseluruh bagian tumbuhan tersebut. Itulah bagaimana air mengalir dalam bagian tubuh tumbuhan.

Fungsi Karbondioksida dalam Fotosintesis

Bagaimana cara tumbuhan memperoleh karbondioksida? sama seperti kita manusia, contohnya ketika kita bernafas gas yang kita buang tersebut itu adalah karbondioksida. Kita menghirup oksigen dan melepaskan karbondioksida dari dalam tubuh kita. Nah, kita bernafas melalui hidung kita.

Tumbuhan juga mempunyai alat pernafasan yang di sebut dengan stomata. Stomata tersebut bertugas untuk menyerap atau menghirup karbondioksida dari udara.

Karbondioksida

Karbondioksida itu bisa berasal dari udara yang kita keluarkan dari dalam tubuh kita. Itulah bagaimana tumbuhan memperoleh karbondioksida.

Fungsi Klorofil dalam Proses terjadinya Fotosintesis

Klorofil ini di sebut juga sebagai zat hijau daun. Klorofil ini berfungsi untuk menangkap cahaya matahari atau energi cahaya yang terjadi pada daun tumbuhan.

Klorofil

Fungsi Cahaya matahari atau energi cahaya dalam Proses terjadinya Fotosintesis

Cahaya matahari atau energi cahaya bertugas untuk menyempurnakan keseluruhan proses terjadinya fotosintesis. Dengan adanya energi cahaya maka sempurnalah proses dari pembuatan makanan tumbuhan tersebut.

Cahaya matahari dalam proses fotosintesis

Jika kita tarik kesimpulannya, bagaimana proses terjadinya fotosintesis tersebut maka kita dapat rumuskan

Air atau rumus ilmiahnya H2O di tambah dengan karbondioksida atau CO2 ini dengan bantuan energi cahaya atau atau cahaya matahari akan menghasilkan glukosa di tambah dengan Oksigen.

Reaksi dalam Proses Fotosintesis

Jadi tumbuhan tidak hanya menghasilkan makanan saja atau yang di sebut dengan glukosa, namun tumbuhan juga menghasilkan oksigen.

Nah, oksigen tersebut dapat kita hirup lagi. Jadi manusia mengeluarkan karbondioksida, Tumbuhan mengeluarkan makanannya sendiri dan juga oksigen.

=Baca Juga=

Adik-adik semua, demikian tentang proses terjadinya fotosintesis buat adik-adik sekalian. Semoga bermanfaat.
wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sumber:

  • Buku elektronik Kemendikbud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *