Cara Mengatasi Pemanasan Global

Cara Mengatasi Pemanasan Global

HermanAnis.com – Teman-teman semua, pada tulisan kali ini kita akan membahas cara mengatasi pemanasan global. Kita akan membahas 10 hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi perubahan iklim.

Perubahan temperatur seperti panas, dingin, hujan, dan angin di kenal sebagai perubahan iklim. Penggunaan bahan bakar fosil seperti minyak mentah, gas alam, atau batu bara mempengaruhi iklim kita. Ini karena pembakaran bahan bakar tersebut mengganggu keseimbangan gas rumah kaca di atmosfer bumi kita (selubung gas yang menutupi bumi). Jika Anda peduli lakukan satu atau lebih cara mengatasi pemanasan global.

Baca Juga: Perubahan Iklim di Indonesia: Data, Penyebab, dan Dampaknya

A. 10 Cara Mengatasi Pemanasan Global untuk mengurangi perubahan iklim

1. Ganti bola lampu Anda – Cara Mengatasi Pemanasan Global

cara mengatasi pemanasan global - Ganti bola lampu Anda

10 cara mengatasi pemanasan global hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi perubahan iklim yang pertama adalah ganti bola lampu Anda. Gunakan bohlam CFL (compact fluorescent light) atau LED (light-emitting diode). Keduanya menggunakan energi setidaknya 75% lebih sedikit di bandingkan bohlam biasa dan bertahan lebih lama. Jika 20 juta bola lampu di ubah menjadi CFL, kita semua dapat menghemat lebih dari $118 juta biaya energi.

Hal ini akan mencegah pelepasan gas rumah kaca yang setara dengan emisi lebih dari 150.000 mobil setiap tahunnya. Gas rumah kaca mengubah suhu bumi kita. Bohlan jenis CFL dan LED sekarang ini sudah banyak tersedia. Meskipun harganya lebih tinggi dari bohlam biasa, namun ini merupakan bentuk atau cara Anda dalam berpartisipasi dalam upaya mengurangi perubahan iklim.

Baca Juga: Miskonsepsi Perubahan Iklim

2. Kurangi sampah, gunakan kembali, dan lakukan daur ulang

10 hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi perubahan iklim yang pertama adalah Kurangi sampah, gunakan kembali, dan lakukan daur ulang

10 hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi perubahan iklim yang kedua adalah kurangi sampah, gunakan kembali, dan lakukan daur ulang. Gunakan produk yang dapat di gunakan kembali. Ini lebih baik daripada barang yang Anda dan kemudian Anda buang. Pastikan untuk mendaur ulang kaleng kertas, plastik, koran, kaca, dan aluminium.

Mendaur ulang kaleng soda menggunakan lebih sedikit energi di bandingkan membuat kaleng baru. Energi yang Anda hemat dapat memberi daya pada televisi Anda selama tiga jam. Ini akan menghemat hingga $22 per bulan. Pastikan Anda membawa barang yang sudah tidak di gunakan lagi ke pusat daur ulang setempat jika ada. Temukan pusat daur ulang di dekat Anda, jika tidak ada, lakukan inisiasi untuk mengupayakan pengadaanya dengan melibatkan pemerintah, swasta atau pihak yang peduli dengan lingkungan.

3. Gunakan lebih sedikit air

cara mengatasi pemanasan global - Gunakan lebih sedikit air

10 cara mengatasi pemanasan global yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi perubahan iklim yang ketiga adalah gunakan lebih sedikit air. Kebanyakan orang di LA County menggunakan 123 galon air sehari. Kebanyakan keluarga membayar $51 per bulan untuk air.

Berikut tips untuk menghemat air:

  • Mandilah, upayakan jangan berendam, sebab dengan berendam, Anda akan menggunakan lebih dari dua kali lipat air.
  • Matikan air saat Anda menyikat gigi. Anda akan menghemat hingga 200 galon sebulan.
  • Pastikan jaringan pipa air di rumah Anda berfungsi baik. Hampir semua tagihan air yang tinggi di sebabkan oleh jaringan pipa air yang bocor. Pikirkan tentang cara memasang jaringan pipa air yang hemat air. Ini dapat menghemat biaya hingga $110 dan 13.000 galon air setiap tahun.

4. Jaga suhu rumah Anda tepat

10 hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi perubahan iklim yang pertama adalah Jaga suhu rumah Anda tepat

10 hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi perubahan iklim yang keempat adalah jaga suhu rumah Anda tepat. Lebih dari separuh energi yang kita gunakan di rumah berasal dari pemanas dan pendingin. Anda dapat menghemat 10-15% tagihan energi jika menyetel termostat ke 68 F̊ di musim dingin dan 78 F̊ di musim panas.

Hal ini juga akan membantu satu rumah menghasilkan 2.000 pon lebih sedikit karbon dioksida setiap tahunnya. Gas ini di hasilkan ketika kita membakar bahan bakar fosil, seperti gas alam, batu bara, dan minyak mentah. Karbon dioksida adalah salah satu gas utama yang mengubah suhu bumi kita.

5. Lebih banyak berjalan dan bersepeda

cara mengatasi pemanasan global - Lebih banyak berjalan dan bersepeda

10 cara mengatasi pemanasan global yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi perubahan iklim yang kelima adalah lebih banyak berjalan dan bersepeda. Tinggalkan mobil Anda di rumah dua hari seminggu. Hal ini akan menurunkan jumlah gas rumah kaca yang kita keluarkan sekitar dua ton setiap tahunnya. Berjalan kaki dan bersepeda juga membantu Anda tetap sehat. Orang di California menghabiskan sekitar $34 miliar setiap tahun untuk biaya pengobatan penyakit jantung, obesitas, dan penyakit lain yang di sebabkan oleh orang yang kelebihan berat badan dan kurang berolahraga.

6. Kurangi berkendara ke tempat kerja

10 hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi perubahan iklim yang pertama adalah Kurangi berkendara ke tempat kerja

10 hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi perubahan iklim yang keenam adalah kurangi berkendara ke tempat kerja. American Automobile Association (AAA) menemukan bahwa perjalanan pulang pergi sejauh 40 mil menghabiskan biaya rata-rata:

  • $22.08 per hari
  • $463,68 per bulan
  • $5.564,16 per tahun

Turunkan stres Anda dan kurangi waktu Anda di jalan. Tanyakan kepada atasan Anda tentang bekerja dari rumah atau bekerja dengan jadwal yang di ubah. Anda juga dapat menggunakan angkutan umum atau bergabung dengan carpool. Jika Anda berada di Kota Makassar, Anda dapat menggunakan layanan Teman Bus “Trans Mamminasata” . Untuk jalur yang dilewati Anda dapat baca dalam artikel berikut.

Baca Juga: Jalur Trans Mamminasata: Rute Bus dan Jadwal

7. Belilah makanan yang ditanam di dekat rumah

cara mengatasi pemanasan global - Belilah makanan yang ditanam di dekat rumah

10 cara mengatasi pemanasan global yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi perubahan iklim yang ketujuh adalah belilah makanan yang ditanam di dekat rumah. Kebanyakan buah-buahan dan sayuran menempuh jarak sekitar 1.500 mil dari pertanian ke pusat perbelanjaan supermarket. Ketika Anda membeli produk dari petani lokal, Anda mendukung perekonomian lokal dan menurunkan polusi udara dari transportasi. Kunjungi Pasar Petani di dekat Anda.

8. Makan lebih banyak sayuran

10 hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi perubahan iklim yang pertama adalah Makan lebih banyak sayuran

10 hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi perubahan iklim yang kedelapan adalah makan lebih banyak sayuran. Makan satu kali tanpa daging setiap minggu membantu hati, dompet, dan bumi Anda. Peternakan sapi menghasilkan gas rumah kaca dan menghabiskan banyak air dan tanah. Dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran, Anda menurunkan permintaan terhadap hewan ternak dan menghemat setidaknya $237 setiap tahun untuk biaya terkait daging.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa makan lebih sedikit daging dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

9. Tanam pohon – Cara Mengatasi Pemanasan Global

cara mengatasi pemanasan global - Tanam pohon

10 cara mengatasi pemanasan global yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi perubahan iklim yang kesembilan adalah tanam pohon. Menanam pohon bermanfaat bagi udara dan bumi. Ini juga menghemat uang Anda untuk biaya pendinginan dengan membuat tempat berteduh untuk rumah Anda. Departemen Energi AS melaporkan bahwa menempatkan hanya tiga pohon peneduh di tempat yang tepat dapat menghemat biaya energi sekitar $100-250 setiap tahunnya.

Pohon juga menyerap karbon dioksida dan gas berbahaya lainnya. Pepohonan dapat meningkatkan nilai properti dan memperbaiki lingkungan. Jadikan ini sebagai kegiatan keluarga. Programkan untuk menanam pohon setiap tahun.

10. Bagikan tips ini

10 hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi perubahan iklim yang pertama adalah bagikan tips ini

10 hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi perubahan iklim yang terkhir adalah Bagikan tips ini. Mintalah teman, keluarga, dan tetangga Anda untuk melakukan satu hal dari daftar ini. Jika kita bekerja sama, kita semua dapat menikmati Bumi yang lebih sehat.

B. Hambatan dalam cara mengatasi pemanasan global untuk mengurangi perubahan iklim

Mengatasi pemanasan global dan mengurangi perubahan iklim adalah tantangan kompleks yang melibatkan berbagai hambatan. Beberapa hambatan utama dalam upaya ini melibatkan aspek politik, ekonomi, sosial, dan teknologi. Berikut beberapa hambatannya:

  1. Ketidaksepakatan Internasional: Kesulitan dalam mencapai kesepakatan global tentang langkah-langkah konkret untuk mengatasi perubahan iklim merupakan hambatan utama. Setiap negara memiliki kepentingan ekonomi yang berbeda.
  2. Ketergantungan pada Energi Fosil: Banyak negara masih sangat bergantung pada energi fosil seperti batu bara, minyak, dan gas. Pergantian ke sumber energi terbarukan membutuhkan investasi besar dan perubahan infrastruktur yang signifikan.
  3. Kemiskinan dan Pembangunan Ekonomi: Negara yang masih berkembang mungkin menghadapi dilema antara mengatasi pemanasan global dan memenuhi kebutuhan dasar penduduknya. Pembangunan ekonomi seringkali dianggap lebih mendesak daripada mengurangi emisi gas rumah kaca.
  4. Ketidaksetaraan dan Keadilan: Ada kekhawatiran bahwa upaya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dapat mengakibatkan ketidaksetaraan global yang lebih besar. Negara kaya mungkin lebih mampu mengimplementasikan solusi hijau daripada negara miskin.
  5. Ketidakpastian Teknologi: Beberapa solusi teknologi yang diusulkan, seperti penangkapan dan penyimpanan karbon (CCS) atau teknologi nuklir, masih dalam tahap pengembangan dan mungkin memerlukan waktu yang lama untuk menjadi solusi yang dapat diandalkan.
  6. Tingginya Ketergantungan pada Transportasi Fosil: Sektor transportasi, terutama kendaraan bermotor, seringkali bergantung pada bahan bakar fosil. Peralihan ke kendaraan listrik atau infrastruktur transportasi berkelanjutan memerlukan investasi dan perubahan kebijakan yang signifikan.
  7. Perubahan Kebiasaan Konsumen: Mengubah perilaku konsumen, seperti mengurangi konsumsi daging, mengurangi limbah, dan menggunakan produk ramah lingkungan, merupakan tantangan. Edukasi dan insentif ekonomi dapat diperlukan untuk mendorong perubahan ini.
  8. Lobi Industri dan Kepentingan Ekonomi: Beberapa industri, terutama yang terkait dengan energi fosil, mungkin memiliki kepentingan ekonomi yang besar dalam status quo dan dapat menghambat perubahan ke arah yang lebih berkelanjutan.

Sumber Rujukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
Index