Bagaimana Standar Guru Profesional di Australia?

Bagaimana Standar Guru Profesional di Australia?

HermanAnis.com – Bagaimana Standar Guru Profesional di Australia? Untuk menjawabnya, maka tulisan ini merujuk pada Australian Institute for Teaching and School Leadership 2011, Australian Professional Standards for Teachers, AITSL, Melbourne.

Guru memiliki tanggung jawab yang signifikan dalam mempersiapkan anak didik untuk menjalani kehidupan yang sukses dan produktif. Prinsip dasar dalam Standar Guru Profesional di Australia yakni,

  1. Kualitas guru merupakan faktor terpenting di sekolah yang mempengaruhi prestasi siswa.
  2. Guru yang efektif dapat menjadi sumber inspirasi, dan memberikan pengaruh pada anak didik dalam membuat pilihan studi kejenjang selanjutnya, pekerjaan dan kehidupannya.

Seperti yang dinyatakan dalam National Partnership on Improving Teacher Quality dan the Melbourne Declaration on Educational Goals for Young Australians (the Melbourne Declaration), bahwa meningkatkan kualitas guru dianggap sebagai reformasi penting sebagai upaya untuk meningkatkan pencapaian siswa dan memastikan bahwa Australia memiliki sistem pendidikan kelas dunia.

Sumber daya terbesar di sekolah-sekolah Australia adalah para guru. Secara Internasional dan nasional, sistem pendidikan mengembangkan standar guru profesional.

Standar Guru Profesional di Australia

Standar profesional guru pada aspek pembelajaran, praktik, dan keterlibatan profesional dapat memfasilitasi peningkatan kualitas guru. Elemen kunci dari pemebelajaran yang berkualitas diberikan dalam bentuk Standar.

Terdapat empat level karir guru di Australia yakni: Graduate, Proficient, Highly Accomplished dan Lead. Standar Profesional Guru pada setiap level mencakup domain Pengetahuan Profesional, Praktek Profesional, dan Keterlibatan Profesional.

Standar ini mendukung Deklarasi Melbourne yang menggambarkan aspirasi pemuda Australia untuk dekade selanjutnya. Tujuan pendidikan pada setiap sekolah Australia adalah mempromosikan kesetaraan dan keunggulan, dimana semua pemuda Australia akan menjadi pelajar yang berhasil, individu yang percaya diri dan kreatif, serta warga negara yang aktif dan berpengetahuan. Pemerintahan di Australia, universitas, dan sekolah memiliki tanggung jawab untuk bekerja sama dalam mendukung pembelajaran yang berkualitas tinggi.

Domain Pengajaran

Standar Guru Profesional di Australia terdiri dari tujuh Standar yang menguraikan apa yang harus diketahui dan dilakukan oleh guru. Standar dikelompokkan menjadi tiga domain pengajaran; Pengetahuan Profesional, Praktik Profesional dan Keterlibatan Profesional. Dalam praktiknya, pengajaran mengacu pada aspek dari ketiga domain tersebut. Pada setiap domain, dikembangkan standar-standar.

Domain PengajaranStandar
Pengetahuan Profesional1. Mengenal anak didik dan bagaimana mereka belajar
2. Mengetahui konten dan cara mengajarkannya
Praktik Profesional3. Merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang efektif
4. Menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung
5. Menilai, memberikan umpan balik dan melaporkan pembelajaran siswa
Keterlibatan Profesional6. Terlibat dalam pembelajaran profesional
7. Terlibat secara profesional dengan rekan kerja, orang tua, dan komunitas

Pengetahuan Profesional

  • Guru menggunakan pengetahuan dan hasil penelitian untuk menanggapi kebutuhan anak didik dalam konteks pembelajaran.
  • Guru mengenal anak didiknya, seperti bahasa, budaya, dan agama mereka yang beragam. Mereka tahu bagaimana pengalaman yang dibawasetiap anak didik ke kelas mempengaruhi pembelajaran mereka. Guru memahami bagaimana mengembangkan pembelajaran sesuai dengan perkembangan fisik, sosial dan intelektual serta karakteristik anak didiknya.
  • Guru menguasai isi mata pelajaran dan kurikulum. Mereka mengetahui dan memahami konsep dasar, struktur, dan proses penyelidikan yang relevan dengan mata pelajaran yang mereka ajarkan.
  • Guru memahami strategi yang sesuai dan efektif dalam melaksanakan pembelajaran yang bermakna.
  • Melalui praktik mengajar, guru mengembangkan literasi dan numerasi anak didik. Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mengontekstualisasikan dan memperluas mode dan keluasan pembelajaran anak didik mereka.

Standar Guru Profesional di Australia – Praktik Profesional

  • Guru mampu membuat pembelajaran menjadi menarik dan dihargai. Mereka mampu menciptakan dan memelihara lingkungan belajar yang aman, inklusif dan menantang serta menerapkan rencana pengelolaan perilaku yang adil dan setara. Guru dapat menggunakan teknik komunikasi yang canggih.
  • Guru memiliki daftar strategi pengajaran yang efektif dan menggunakannya dalam pembelajaran. Mereka secara teratur mengevaluasi semua aspek praktik mengajar mereka untuk memastikan mereka memenuhi kebutuhan belajar siswa mereka. Mereka menafsirkan dan menggunakan data Penilaian siswa untuk mendiagnosis hambatan belajar dan menantang siswa untuk meningkatkan kinerja mereka.
  • Mereka beroperasi secara efektif di semua tahapan siklus belajar mengajar, termasuk perencanaan pembelajaran dan penilaian, mengembangkan program pembelajaran, mengajar, menilai, memberikan umpan balik tentang pembelajaran siswa dan melaporkan kepada orang tua.

Standar Guru Profesional di Australia – Keterlibatan Profesional

  • Para guru mencontohkan pembelajaran yang efektif. Mereka mengidentifikasi kebutuhan belajar mereka sendiri dan menganalisis, mengevaluasi dan memperluas pembelajaran profesional mereka baik secara kolegial maupun individual.
  • Guru menunjukkan rasa hormat dan profesionalisme dalam semua interaksi mereka dengan siswa, kolega, orang tua, dan masyarakat. Mereka peka terhadap kebutuhan orang tua dan dapat berkomunikasi secara efektif dengan mereka tentang pembelajaran anak-anak mereka.
  • Guru secara aktif terlibat dengan komunitas di dalam dan di luar kelas untuk memperkaya konteks pendidikan bagi anak didiknya. Mereka memahami hubungan antara sekolah, rumah, dan komunitas dalam perkembangan sosial dan intelektual anak didiknya.

Level Kompetensi dalam Standar Guru Profesional di Australia

Empat level karir dalam Standar Guru Profesional di Australia memberikan tolok ukur untuk melihat perkembangan level profesional guru sepanjang karir mereka. Deskriptor di empat level karier mewakili peningkatan tingkat pengetahuan, praktik, dan keterlibatan profesional bagi para guru. Kemajuan melalui tahapan menggambarkan pemahaman yang berkembang, penerapan dengan peningkatan kemampuan dan kecakapan pada berbagai situasi yang lebih luas dan kompleks.

Graduate teachers

Graduate teachers adalah guru yang telah menyelesaikan pendidikan dan telah memenuhi kualifikasi dan persyaratan program pendidikan guru pemula yang terakreditasi secara nasional. Pemberian kualifikasi ini menunjukkan bahwa mereka telah memenuhi Standar Graduate teachers.

Setelah berhasil menyelesaikan pendidikan, maka Graduate teachers memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk merencanakan dan mengelola pembelajaran bagi anak didiknya. Mereka harus menunjukkan pengetahuan dan pemahaman serta implikasinya dalam pembelajaran dengan memperhatikan karakteristik fisik, budaya, sosial, linguistik dan intelektual siswa.

Mereka menguasai prinsip-prinsip inklusi dan strategi untuk melaksanakan pembelajaran dalam memenuhi kebutuhan belajar khusus anak didik di berbagai kemampuan. Graduate teachers memiliki pemahaman tentang mata pelajaran, konten kurikulum dan strategi pembelejaran. Kemudian merak mampu merancang pembelajaran yang memenuhi persyaratan kurikulum, penilaian dan pelaporan.

Sehingga mereka dapat mendemonstrasikan pengetahuannya dalam menafsirkan data penilaian siswa untuk mengevaluasi pembelajaran siswa dan memodifikasi praktik mengajar. Mereka tahu bagaimana memilih dan menerapkan jenis umpan balik pada waktu yang tepat dan sesuai untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Graduate teachers mampu mendemonstrasikan pengetahuan tentang strategi praktis untuk menciptakan hubungan baik dengan anak didik dan mengelola perilaku anak didik. Mereka tahu bagaimana mendukung kesejahteraan dan keselamatan anak didik, bekerja dalam kurikulum sekolah dan aturan-aturan yang berlaku.

Mereka memahami pentingnya bekerja secara etis, berkolaborasi dengan kolega, perwakilan profesional dan komunitas eksternal, serta berkontribusi pada kehidupan sekolah. Graduate teachers memahami strategi untuk bekerja secara efektif, sensitif dan rahasia dengan orang tua anak didik.

Standar Guru Profesional di Australia – Proficient teachers

Proficient teachers merupakan guru yang telah memenuhi persyaratan untuk mendaftar dan mendemonstrasikan pencapaian tujuh Standar profesionalisme guru. Guru-guru ini menciptakan pengalaman belajar mengajar yang efektif bagi siswanya. Mereka mengetahui latar belakang unik anak didik mereka dan menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan individu, karakteristik budaya, sosial dan bahasa.

Mereka mengembangkan lingkungan belajar yang aman, positif dan produktif di mana setiap anak didik didorong untuk berpartisipasi. Kemudian merancang dan menerapkan program pengajaran yang menarik dan memenuhi persyaratan kurikulum, penilaian dan pelaporan.

Mereka menggunakan umpan balik dan penilaian untuk menganalisis dan mendukung pengetahuan dan pemahaman siswa mereka. Proficient teachers menggunakan berbagai sumber, termasuk hasil anak didik, untuk mengevaluasi pengajaran mereka dan untuk menyesuaikan program mereka agar lebih memenuhi kebutuhan anak didik.

Proficient teachers merupakan guru yang berpartisipasi aktif dalam profesinya dalam mengidentifikasi, merencanakan, dan mengevaluasi kebutuhan pembelajaran profesional mereka. Profesi Guru adalah anggota tim. Mereka bekerja secara kolaboratif dengan rekan kerja; mereka mencari dan responsif terhadap nasihat tentang masalah pendidikan yang mempengaruhi praktik mengajar mereka.

Kemudian mereka berkomunikasi secara efektif dengan siswa, kolega, orang tua, dan anggota komunitas mereka. Mereka berperilaku profesional dan etis di semua forum.

Highly Accomplished teachers

Highly Accomplished teachers merupakan praktisi kelas yang sangat efektif dan terampil yang secara rutin bekerja secara mandiri dan kolaboratif untuk meningkatkan praktik mereka secara individu maupun bersama rekan kerjanya. Mereka adalah anggota sekolah yang berpengetahuan luas dan aktif.

Highly Accomplished teachers memiliki kontribusi pada pembelajaran rekan mereka. Mereka juga dapat mengambil peran membimbing, menasihati, atau memimpin orang lain. Mereka secara teratur memulai dan terlibat dalam diskusi tentang pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Highly Accomplished teachers memberikan kesempatan belajar bagi anak didiknya dengan memahami latar belakang dan karakteristik individu serta dampak dari faktor-faktor tersebut terhadap pembelajaran mereka. Mereka memberi dukungan dan strategi kepada kolega, termasuk guru pra-jabatan, untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif dan produktif.

Highly Accomplished teachers memiliki pengetahuan yang mendalam tentang mata pelajaran dan konten kurikulum mereka. Mereka memberikan contoh praktik pembelajaran yang baik, bekerja dengan rekan kerja untuk merencanakan, mengevaluasi dan memodifikasi program pengajaran untuk meningkatkan pembelajaran siswa. Mereka mengikuti perkembangan terbaru pada mata pelajaran mereka.

Highly Accomplished teachers terampil dalam menganalisis data penilaian siswa dan menggunakannya untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran. Kemudian guru aktif dalam membangun lingkungan yang dapat memaksimalkan kesempatan belajar dan praktik profesional bagi rekan kerja.

Mereka memantau kebutuhan pembelajaran profesional mereka sendiri dan menyesuaikannya dengan kebutuhan belajar siswa, dan berperilaku etis setiap saat. Keterampilan interpersonal dan presentasi mereka sangat berkembang. Mereka berkomunikasi secara efektif dan penuh hormat dengan siswa, kolega, orang tua, dan anggota masyarakat.

Standar Guru Profesional di Australia – Lead teachers

Lead teachers diakui dan dihormati oleh rekan kerja, orang tua/wali, dan masyarakat sebagai guru teladan. Mereka telah menunjukkan praktik pengajaran yang konsisten dan inovatif dari waktu ke waktu. Di dalam dan di luar sekolah mereka memulai dan memimpin kegiatan yang berfokus pada peningkatan kesempatan pendidikan bagi semua anak didik.

Mereka membangun lingkungan belajar inklusif yang memenuhi kebutuhan anak didik berdasarkan latar belakang bahasa, budaya, agama dan sosial ekonomi yang berbeda. Kemudian mereka berusaha meningkatkan praktik mereka sendiri dan berbagi pengalaman dengan rekan kerja.

Mereka terampil dalam mendampingi guru dan guru pra-jabatan, menggunakan aktivitas yang mengembangkan pengetahuan, praktik, dan keterlibatan profesional pada orang lain. Kemudian mempromosikan pemikiran kreatif dan inovatif di antara rekan kerja.

Selain itu, guru juga perlu menerapkan keterampilan dan pengetahuan serta pemahaman yang mendalam untuk menyampaikan pelajaran dan peluang pembelajaran yang efektif dan berbagi informasi dengan kolega dan guru pra-jabatan. Kemudian menggambarkan hubungan antara pengajaran dan pembelajaran yang sangat efektif dengan cara yang menginspirasi kolega untuk meningkatkan praktik profesional mereka sendiri.

Mereka memimpin proses untuk meningkatkan kinerja anak didik dengan mengevaluasi dan merevisi program, menganalisis data penilaian anak didik dan memperhitungkan umpan balik dari orang tua/wali. Ini digabungkan dengan sintesis penelitian terkini tentang pengajaran dan pembelajaran yang efektif. Mereka mewakili sekolah dan profesi guru di masyarakat. Mereka adalah individu yang profesional, etis, dan dihormati di dalam dan di luar sekolah.

Kesimpulan

Pengembangan Standar untuk profesi guru merupakan bagian integral untuk memastikan pembelajaran dan pengajaran berkualitas di sekolah-sekolah Australia. Dengan perkembangan dan penerapannya, sistem pendidikan Australia diharapkan menjadi yang terbaik di dunia. Standar ini merupakan komponen fundamental dari reformasi yang disepakati di National Partnership on Improving Teacher Quality dan akan membantu mewujudkan tujuan dan komitmen yang ditetapkan dalam Melbourne Declaration.

=Baca Juga=

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: