Solusi Ujian Akhir Semester (UAS) Fisika Dasar 1

HermanAnis.com-Bagi anda yang sekarang sedang menempuh perkuliahan di PT, kegiatan yang akan menjadi fokus perhatian anda di akhir semester adalah Ujian Akhir Semester (UAS). Berikut ini Solusi Ujian Akhir Semester (UAS) Fisika Dasar 1.

Solusi Ujian Akhir Semester Mata kuliah Fisika Dasar 1 Jurusan Fisika FMIPA UNM tahun akademik 2014-2015 yang dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2015 dapat anda lihat dan download pada link di bawah ini. Solusi ini mungkin tidak tampil secara keseluruhan pada Perangkat Android, untuk itu anda dapat membukanya pada Windows.

Meskipun waktunya masih lama dari sekarang, mempersiapkan diri dari awal akan membantu anda untuk mencapai hasil maksimal. Salah satu yang dapat membantu anda untuk itu adalah mengetahui contoh-contoh soal ujian yang pernah diujikan pada tahun-tahun sebelumnya. Namun, sebelum saya memberikan Soal dan Solusi UAS Fisika Dasar 1 Jurusan Fisika FMIPA UNM terlebih dahulu akan saya sampaikan 4 tips yang bisa anda coba untuk menghadapi UAS ditempat masing-masing. Selamat membaca dan good luck buat Ujian Akhir Semesternya.  

A. Jaga Kesehatan dan Kondisi Tubuh 

Saya sangat yakin bahwa pandemi COVID yang terjadi sekarang ini berpengaruh ke cara pandang anda terhadap kesehatan. Mungkin yang sebelumnya tidak peduli-peduli amat terhadap kebersihan tangan sekarang jadi suka cuci tangan setiap mau menyentuh makanan atau habis melakukan sesuatu. Meskipun saya yakin anda sudah lebih aware terhadap isu kesehatan, namun aku tetap mau kasih tips dan beberapa saran biar kesehatan anda tetap terjaga saat menghadapi ujian akhir semester nanti. 

Photo by Dziana Hasanbekava on Pexels.com

1. Atur pola tidur dari satu minggu sebelum ujian, jangan begadang!

Ayo, siapa yang kalau malam bukannya tidur malah main game online? Kalau kamu termasuk golongan gamer yang suka begadang buat push rank, sudah saatnya kebiasaan itu kamu mengurangi dulu dan mulai fokus ke ujian. Hasrat main gimnya kamu tahan-tahan dulu deh. Nanti kamu bisa lanjut main setelah libur semester setelah ujian selesai.

2. Makan yang teratur dan minum multivitamin

Siapa yang rutin konsumsi vitamin selama pandemi? Yah, kalau kamu termasuk orang yang seperti itu, kita segolongan. Selain minum vitamin untuk membantu menjaga daya tahan tubuh, kamu juga perlu makan secara teratur biar kesehatan tetap terjaga dan terhindar dari diare dan penyakit-penyakit lainnya.

3. Jangan melakukan kegiatan olahraga secara berlebihan

Pertanyaan berikutnya, siapa yang rutin naik sepeda selama pandemi? Hurray aku ada teman. Nah, buat yang suka sepedaan ataupun olahraga lainnya, saatnya menjaga porsi olahraga biar tidak berlebihan dan dapat membuat cedera.  

B. Persiapkan Semua yang Dibutuhkan Menjelang Ujian Akhir Semester

Pastikan semua yang kamu butuhkan untuk mengerjakan ujian tersedia agar kamu dapat lebih fokus mengerjakan ujian. Kalau biasanya kamu butuh let’s say pulpen dan beberapa benda lain karena ujiannya di sekolah, sekarang pastikan sinyal stabil, kuota internet masih cukup, dan ada listrik berhubung ujiannya online. Pokoknya pastikan sampai detail terkecil. Saran aku, kamu buat list barang-barang apa aja yang harus ada dan kamu contreng barang yang sudah tersedia agar makin mantap dan tidak ada barang yang kelewatan. 

C. Hindari Konflik Emosional 

Oke ini mungkin lebay sih tapi menurut aku ini isu yang krusial. Jangan sampai kamu jadi tidak fokus ujian gara-gara lagi berantem sama pacar. Kalau di jaman aku dulu pas mau UAS sering ada celetukan seperti “Kayanya kita sudah gak bisa bersama, deh. Aku mau fokus ujian”

Iyesss, kalimat putus andalan menjelang ujian. Bayangkan kamu diputusin ketika pas mau ujian, wah pasti kacau. Bisa-bisa kamu tidak hanya tidak fokus ujian tapi malah jadi skip ujian gara-gara bersedih.  

D. Siapkan Strategi Menghadapi Ujian Akhir Semester 

Berapa orang di antara kamu yang suka skip soal-soal yang sebenarnya gampang tetapi tidak kamu kerjakan karena waktunya keburu habis? Nah, buat menghindari hal seperti itu, ada baiknya kamu siapkan strategi untuk hadapi ujian akhir semester. Berikut beberapa strategi yang bisa kamu terapkan. 

1. Begitu dapet soal, analisis dulu soalnya kayak gimana

Kamu cek mana soal-soal yang gampang dan mana soal yang menuntut lebih banyak waktu untuk menyelesaikannya. Dari situ kamu bisa mendahulukan soal-soal yang gampang terlebih dahulu dan dilanjut mengerjakan soal yang lebih rumit setelahnya. 

2. Kerjakan soal tidak harus berurutan

Yang namanya mengerjakan soal ujian tidak harus berurutan kecuali memang sistem ujian yang dipakai menghendaki seperti itu. Nah kalau tidak harus, santai, kamu bisa mulai mengerjakan dari yang gampang dulu.

3. Jangan kelamaan berkutat di soal yang sudah mentok

Memuaskan nafsu mengengerjakan soal di soal yang kamu sudah tidak tahu cara memecahkannya dapat memebuat kamu kehabisan waktu. So, kalau kamu ketemu soal yang memang kamu sudah merasa buntu, langsung move aja deh baru nanti kalau ada sisa waktu kamu bisa balik ke soal itu. 

Nah itu tadi beberapa tips untuk anda sebelum ketemu sama UAS atau nanti. Good luck buat ujiannya dan jangan lupa beristirahat yang cukup ya!
Susuai informasi di awal tulisan tadi, maka berikut ini contoh soal dan solusi UAS Fisika Dasar 1 di Jurusan Fisika FMIPA beberapa tahun lalu, silahkan anda buka dan dipelajari, mudah-mudahan bermanfaat.

=Baca juga=

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: