Soal KSN Fisika 2021 tingkat Provinsi

1 min read

KSN Fisika 2021 tingkat Provinsi

HermanAnis.com – Untuk membantu Bapak/Ibu dalam mempersiapkan peserta didiknya dalam Kompetensi Sains Nasional (KSN) bidang Fisika, maka berikut ini kami berikan Soal KSN Fisika 2021 tingkat Provinsi.

Soal KSN Fisika 2021 tingkat Provinsi

Soal Nomor 1 Soal KSN fisika 2021 tingkat Provinsi

(10 poin) Sebuah balok bermassan m1 di letakkan di atas bidang miring licin bermassa M dengan sudut kemiringan ‘teta‘. Sistem balok dan bidang miring tersebut kemudian di letakkan di atas lantai licin. Balok lain bermassa m2 di hubungkan dengan balok m1 melalui katrol ringan, licin dan tali tak bermassa seperti pada gambar di bawah ini.

Soal KSN Fisika 2021 tingkat Provinsi

Bila percepatan gravitasi g, hitung percepatan bidang miring M terhadap lantai. Asumsikan m2 bergerak turun, balok m1 dan bidang miring selalu kontak, dan tali selalu tegang.

Soal Nomor 2 KSN-Provinsi

Sistem rem anti terkunci atau Anti-lock Bracking System (ABS) adalah suatu sistem pengereman untuk mencegah terjadinya ‘penguncian’ roda ketika di lakukan pengereman mendadak/keras. Ketika pengereman mendadak terdeteksi oleh sistem ABS.

Torka efektif pengereman yang di kerjakan pada roda mobil di kurangi (dengan cara ‘digetarkan’) sehingga perlambatan mobil akan di maksimalkan dan tidak terjadi slip antara ban dengan jalan. Dengan demikian, tingkat kecelakaan dapat berkurang, penyetiran mobil tetap terkendali, dan jarak pengereman lebih singkat.

Pada soal ini, kita tinjau sebuah mobil bermassa M dengan 4 roada berjari-jari r dengan beban identik. Koefisien gaya gesek statis dan kinetis roda dengan jalan adalah us dan uk. Ketika mobil di rem, torka pengereman sebesar Tf di aplikasikan pada setiap roda. Anggap massa roda jauh lebih kecil dari massa mobil, dan anggap roda benda pejal.

  • Buatlah sketsa grafik perlambatan mobil at terhadap torka pengereman Tf yang di aplikasikan! Cari juga kondisi Tf di mana perlambatan maksimum terjadi, dan nyatakan dalam variabel us, uk, M, r dan percepatan gravitasi g!
  • Hitunglah perbandingan jarak pengereman,
Soal KSN Fisika 2021 tingkat Provinsi

dimana SABS adalah jarak pengereman oleh sistem ABS, dan STf,max adalah jarak pengereman dengan torka Tf maksimal (tanpa sistem ABS), jika diketahui us = 1 dan uk = 0,5.

Untuk soal KSN Fisika 2021 tingkat Provinsi selengkapnya, teman-teman dapat download pada link di bawah ini.

Soal KSNP Fisika SMA 2021

Selain itu, bagi teman-teman yang memerlukan Panduan pelaksanaan Kompetensi Sains Nasional tahun 2022, link downloadnya sebagai berikut, Panduan KSN 2022.

Demikian semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *