Soal KSN Fisika 2020 tingkat Kabupaten

1 min read

Soal KSN Fisika 2020 tingkat kabupaten

HermanAnis.com – Untuk membantu Bapak/Ibu dalam mempersiapkan peserta didiknya dalam Kompetensi Sains Nasional (KSN) bidang Fisika, maka berikut ini kami berikan Soal KSN Fisika 2020 tingkat Kabupaten.

Soal dan Pembahasan KSN Fisika dan OSN Fisika Tingkat SMA

Tes Seleksi OSN 2020 Bidang FISIKA
TINGKAT KABUPATEN/KOTA
Waktu: 3 Jam

Soal Nomor 1 Soal KSN fisika 2020 tingkat Kabupaten

Soal KSN fisika 2020 nomor 1

(8 poin) Sebuah benda A dapat bergerak tanpa gesekan sepanjang kawat berbentuk parabola yang memenuhi persamaan 𝑦 = 𝑎𝑥2. Dengan a suatu konstanta positif, x adalah jarak horizontal dari sumbu simetri kawat, dan y adalah tinggi benda dari titik terendah kawat.

Jika kawat ini di putar dengan kecepatan sudut 𝜔 dengan sumbu y sebagai porosnya. Tentukan nilai 𝜔 (di nyatakan dalam 𝑔 dan 𝑎) agar benda A berada dalam keadaan setimbang!

Soal Nomor 2

(10 poin) Selama empat hari berturut-turut, seorang anak mulai berangkat dari rumah dengan berjalan kaki menuju sekolah selalu pada waktu keberangkatan yang sama. Bel masuk sekolah juga memang di set untuk berbunyi pada waktu yang selalu sama.

  • Pada hari pertama, anak tersebut mulai berjalan dengan kecepatan awal 50 meter per menit dan di percepat dengan percepatan 2 meter per menit2 . Ternyata dia tiba di sekolah 5 menit setelah bel berbunyi.
  • Pada hari kedua, anak tersebut mulai berjalan dengan kecepatan awal 150 meter per menit dan di perlambat dengan perlambatan 2 meter per menit2. Ternyata dia tiba di sekolah 5 menit sebelum bel berbunyi.
  • Pada hari ketiga, ia memutuskan untuk berjalan dengan kecepatan konstan (yang nilainya lebih besar dari 100 meter per menit) hingga tiba di sekolah. Ternyata dia tiba di sekolah tepat saat bel berbunyi.

Jika pada hari keempat ia berjalan dengan kecepatan konstan 100 meter per menit, berapa menit ia tiba di sekolah setelah bel berbunyi.

Soal Nomor 3 KSN fisika 2020 tingkat Kabupaten

Soal KSN fisika 2020 nomor 3

(10 poin) Dua orang anak ingin melempar bola agar mengenai suatu sasaran di ujung tebing (titik Q).

Mereka berdiri pada titik pelemparan (titik P) yang berada pada jarak tertentu dari sasaran. Mereka melempar bola dengan kelajuan awal yang sama pada waktu bersamaan. Namun dengan sudut elevasi yang berbeda sehingga waktu yang ditempuh bola orang pertama dan kedua untuk mengenai sasaran masing-masing adalah tA dan tB . Di ketahui percepatan grativasi di tempat itu adalah 𝑔. Tentukanlah jarak antara titik P dan titik Q (di nyatakan dalam tA dan tB!

Untuk soal KSN Fisika 2020 tingkat kabupaten, teman-teman dapat download pada link di bawah ini.

Soal KSN Fisika 2020 tingkat Kabupaten

Sedangkan untuk Pembahasan soal KSN Fisika 2020 tingkat kabupaten selengkapnya, teman-teman dapat download pada link di bawah ini.

Pembahasan Soal KSN Fisika 2020 tingkat Kabupaten

Selain itu, bagi teman-teman yang memerlukan Panduan pelaksanaan Kompetensi Sains Nasional tahun 2022, link downloadnya sebagai berikut, Panduan KSN 2022 .

Demikian semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *