Contoh Soal Literasi Sains

3 min read

Contoh Soal Literasi Sains

HermanAnis.com – Teman-teman semua, bahasan kita kali ini adalah Contoh Soal Literasi Sains. Sebelum kita membahas Contoh-contoh Soal Literasi Sains, kita bahas dulu apa itu literasi sains?

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Secara harfiah literasi berasal dari kata literacy yang berarti melek huruf/gerakan pemberantasan buta huruf (Echols&Shadily, 1990). Sedangkan istilah sains berasal dari bahasa Inggris Science yang berarti ilmu pengetahuan. Sains berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis.

Sehingga, sains bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan.

Definisi Literasi Sains

Studi Programme for International Student Assessment (PISA) bertujuan untuk mengetahui efektivitas sistem pendidikan dalam perspektif internasional dengan berfokus pada hasil asesmen terhadap literasi sains, literasi numerasi (matematika), dan Literasi Membaca.

C.E.de Boer mengemukakan bahwa orang pertama yang menggunakan istilah “Scientific Literacy” adalah Paul de Hart Hurt dari Stamford University. Paul de Hart Hurt menyatakan bahwa Scientific Literacy berarti memahami sains dan aplikasinya bagi kebutuhan masyarakat.

Literasi sains menurut National Science Education Standards (NSES) adalah “scientific literacy is knowledge and understanding of scientific concepts. and processes required for personal decision making, participation in civic and cultural affairs, and economic produvtivity.

Literasi sains menurut PISA diartikan sebagai “ the capacity to use scientific knowledge, to identify questions and to draw evidence-based conclusions in order to understand and help make decisions about the natural world and the changes made to it through human activity”.

Olehnya itu, literasi sains di definisikan sebagai kemampuan menggunakan pengetahuan sains, mengidentifikasi pertanyaan dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti-bukti. Dalam rangka memahami serta membuat keputusan berkenaan dengan alam dan perubahan yang di lakukan terhadap alam melalui aktivitas manusia.

National Teacher Association (1971) mengemukakan bahwa seorang yang literat sains adalah orang yang menggunakan konsep sains, keterampilan proses. dan nilai dalam membuat keputusan sehari-hari kalau ia berhubungan dengan orang lain atau dengan lingkungannya dan memahami interelasi antara sains, teknologi dan masyarakat, termasuk perkembangan sosial dan ekonomi.

Contoh Soal Literasi Sains

Berikut ini kami berikan contoh-contoh soal literasi sains

Contoh Soal Literasi Sains 1

Salah satu dampak pandemi Covid-19 adalah melambatnya pertumbuhan ekonomi termasuk di negara kita, Indonesia. Kelompok yang paling merasakan dampak tersebut adalah masyarakat kurang mampu. Untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu dan masyarakat terdampak. Maka pemerintah memberikan pembebasan atau listrik gratis kepada pelanggan 450 VA dan diskon sebesar 50% kepada pelanggan 900 VA subsidi.

Ada dua golongan tarif pelanggan yang mendapatkan bantuan, yaitu 450 VA dan 900 VA. Selain itu dalam prakteknya, terdapat dua golongan, yaitu pelanggan pasca-bayar (pelanggan reguler yang membayar setiap akhir bulan atau setelah pemakaian) dan pelanggan pra-bayar (pembeli voucher listrik atau token sebelum pemakaian).

Pelanggan rumah tangga daya 450 VA yang regular atau pasca bayar akan di gratiskan biaya pemakaian dan biaya beban untuk rekening listrik bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Sedangkan untuk pelanggan daya 450 VA yang pra-bayar atau token, Pemerintah akan memberikan token gratis sebesar pemakaian tertinggi dari tiga bulan terakhir, pada pembelian token bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Sementara ntuk pelanggan rumah tangga daya 900 VA subsidi yang reguler atau pasca-bayar, Pemerintah akan memberikan diskon 50% atas tagihan rekening listrik bulan April, Mei, dan Juni 2020.

Sedangkan untuk pelanggan daya 900 VA subsidi yang pra-bayar atau token, Pemerintah akan memberikan token gratis sebesar 50% dari pemakaian tertinggi dari tiga bulan terakhir pada pembelian token bulan April, Mei, dan Juni 2020. Berikut adalah biaya penggunaan listrik pada beberapa daya di rumah.

Contoh Soal Literasi Sains

Misalkan, pada bulan April sebuah keluarga yang terdiri dari Ayah, Ibu dan dua orang anak yang berstatus sebagai mahasiswa memiliki pemakaian listrik sebulan yakni:

Contoh Soal Literasi Sains

Soal Literasi Numerasi

  1. Berapa besar biaya yang harus di bayarkan atau di siapkan oleh keluarga tersebut jika tidak mendapat subsidi dan berapa pula jika mendapat subsidi sebesar 50%?
  2. Jika lampu yang di gunakan di rumah di ganti menjadi 16 Watt dengan pemakaian 10 jam/hari berapakah energi listrik yang di gunakan dalam sehari?
  3. Jika yang di gunakan dalam 5 bulan terakhir dari mei, juni, juli, agustus, september adalah setrika, rice cooker, kulkas, lampu dan TV. Berapakah biaya voucher listrik (token) prabayar yang harus disiapkan jika diasumsikan keluarga tersebut mendapat subsidi 50% dari Pemerintah?

Soal Literasi Sains

  1. Bagaimana cara menghemat penggunaan listrik dalam sebulan setelah subsidi di hapuskan jika token yang di isi hanya 250.000/bulan. Kemudian apa saja penggunaan yang rasional perlu di kurangi oleh keluarga ini dalam penggunaan listrik sehari-hari?
  2. Menurut Kamu, bagaimana caranya keluarga tersebut dapat menghemat listrik tanpa mengganti perabotan yang berdaya rendah dari perabotan yang telah di miliki oleh di rumahnya?

Contoh Soal Literasi Sains 2

Balap Sepeda Time Trial

Sumber: https://republika.co.id/berita/n03q82

Para pembalap sepeda mengikuti balap individual time trial. Pada balapan ini, pembalap memacu sepeda sendirian melawan waktu pada lintasan. Pembalap berangkat satu per satu sehingga catatan waktunya dapat dihitung secara adil. Jarak lintasan yang harus ditempuh peserta lomba yaitu 8 km. Dari balapan ini terdapat 4 pembalap yang memiliki kecepatan rata-rata tercepat. Pembalap nomor 001 mampu mengayuh dengan kecepatan rata-rata 50 km/jam. Pembalap nomor 002 mengayuh dengan kecepatan rata-rata 48 km/jam. Pebalap’ nomor 005 mengayuh dengan kecepatan rata-rata 52 km/jam. Pembalap nomor 007 mengayuh dengan kecepatan 48 km/jam.

Berdasarkan informasi, beriklah persetujuan dari pertanyaan-pertanyaan berikut dengan mencentang pada kolom yang tersedia.

Jodohkanlah pernyataan-pernyataan berikut dengan pasangan jawaban yang tepat.

Penyelesaian:

Nanti dilanjutkan

Jika informasi ini bermanfaat, jangan lupa untuk mengklik iklan yang tampil. Hal tersebut akan sangat berarti dan menjadi penyemangat bagi kami. Terima kasih.

Sumber:

Terima kasih telah membaca artikel ini
semoga ada manfaat

One Reply to “Contoh Soal Literasi Sains”

  1. terima kasih pa atas penjelasan tentang literasi sains
    tapi mohon maaf…bagaimana penyelesaiannya ? 🙏🙏

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *