Sumber Energi Terbarukan dan Tak Terbarukan

2 min read

Sumber Energi Terbarukan dan Tak Terbarukan

HermanAnis.com. Sumber Energi adalah segala sesuatu yang menghasilkan energi. Sumber energi dapat di bagi menjadi sumber energi terbarukan dan tak terbarukan.

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Panas matahari yang di gunakan untuk memanaskan air adalah sumber energi. Begitu juga spiritus yang di gunakan sebagai bahan bakar adalah sumber energi.

Selain itu, listrik dan arang yang di bakar untuk memanaskan setrika merupakan sumber energy juga. Energi memegang peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Semua aktivitas kehidupan manusia memerlukan energi.

Pada zaman prasejarah sampai awal zaman sejarah, hanya kayu dan batu yang dapat di gunakan sebagai sumber energi untuk keperluan hidup manusia. Sampai saat ini, bahan bakar minyak bumi dan gas di gunakan untuk berbagai keperluan hidup manusia.

Baca Juga: Contoh Penerapan Usaha dan Energi dalam Kehidupan Sehari hari

Sumber Energi Tak Terbarukan

Sumber energi tak terbarukan merupakan sumber yang terbatas dan proses pergantiannya dalam kurun waktu yang sangat lama secara alami, sehingga pada akhirnya dapat habis. Energi tak terbarukan yang paling banyak di manfaatkan adalah minyak bumi, batu bara, dan gas alam.

Ketiganya di gunakan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu pada industri, untuk pembangkit listrik, maupun transportasi. Berdasarkan hasil perhitungan para ahli, minyak bumi akan habis 30 tahun lagi, sedangkan gas alam akan habis 47 tahun lagi, dan batu bara akan habis 193 tahun lagi.

Baca Juga: Fenomena Planet Sejajar: Jam berapa & apa dampaknya bagi bumi?

Energi Hasil Tambang Bumi

Minyak bumi, gas, dan batu bara merupakan bahan bakar fosil yang berasal dari tumbuhan dan hewan-hewan yang terkubur jutaan tahun di dalam bumi.

Energi Nuklir

Energi nuklir adalah energi potensial yang terdapat pada partikel di dalam nukleus atom. Partikel nuklir, seperti proton dan neutron, tidak terpecah di dalam proses reaksi fisi dan fusi. Akan tetapi, kumpulan tersebut memiliki massa yang lebih rendah daripada ketika berada dalam posisi terpisah.

Adanya perbedaan massa ini maka di bebaskan dalam bentuk energi panas melalui radiasi nuklir (Lihat Gambar 1).

Gambar 1. Ledakan bom atom di Hiroshima (kiri) dan Nagasaki (kanan) tahun 1945
Sumber: tempo.co

Sumber Energi Terbarukan

Energi terbarukan merupakan sumber energi yang dapat di gantikan oleh proses alami dalam kurun waktu yang sebanding dengan penggunaannya, sehingga tidak akan pernah dapat habis. Ancaman bahwa sumber energi suatu saat akan habis menyebabkan banyak ilmuwan berusaha menemukan energi alternatif yang terbarukan atau tidak akan habis di pakai.

Sumber energi terbarukan yang saat ini mulai di kembangkan adalah biogas dari kotoran ternak, air mengalir, angin, dan panas matahari. Salah satu sumber energi terbarukan yang saat ini mulai di pelajari agar dapat di kembangkan di Indonesia adalah biogas yang berasal dari sampah biologis.

Energi Matahari

Energi surya atau energi matahari adalah energi yang di dapat dengan mengubah energi panas surya (matahari) melalui peralatan tertentu menjadi energi dalam bentuk lain (Lihat Gambar 2).

Energi Matahari - Sumber Energi Terbarukan dan Tak Terbarukan
Gambar 2. Panel Sel Surya
Sumber: Bukalapak.com

Matahari merupakan sumber utama energi. Energi matahari dapat di gunakan secara langsung maupun di ubah ke bentuk energi lain.

Pembangkit Listrik Tenaga Air

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) adalah pembangkit yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik. Energi listrik yang di bangkitkan ini di sebut hidroelektrik.

Komponen pembangkit listrik jenis ini adalah generator yang di hubungkan ke turbin yang di gerakkan oleh energi kinetik dari air (Lihat Gambar 3).

Pembangkit Listrik Tenaga Air - Sumber Energi Terbarukan dan Tak Terbarukan
Gambar 3. Turbin
Sumber: http://lipi.go.id/

Namun, secara luas pembangkit listrik tenaga air tidak hanya terbatas pada air dari sebuah waduk atau air terjun, melainkan juga pembangkit listrik yang menggunakan tenaga air dalam bentuk lain seperti tenaga ombak.

Angin

Energi angin memanfaatkan tenaga angin dengan menggunakan kincir angin untuk di ubah menjadi energi listrik atau bentuk energi lainnya (Lihat Gambar 4).

Angin - Sumber Energi Terbarukan dan Tak Terbarukan
Gambar 4. Kincir raksasa di PLTB Sidrap
Sumber: ebtke.esdm.go.id

Umumnya, di gunakan dalam ladang angin dalam skala besar untuk menyediakan listrik di lokasi yang terisolir.

Sumber Energi Tidal

Energi tidal merupakan energi yang memanfaatkan pasang surutnya air yang sering di sebut juga sebagai energi pasang surut.

Sehingga, jika di bandingkan dengan energi angin dan energi matahari, energi tidal memiliki sejumlah keunggulan. Keunggulan tersebut antara lain memiliki aliran energi yang lebih pasti/mudah di prediksi, lebih hemat ruang, dan tidak membutuhkan teknologi konversi yang rumit.

Selain itu, kelemahan energi ini adalah membutuhkan alat konversi yang Andal yang mampu bertahan dengan kondisi lingkungan laut yang keras karena tingginya tingkat korosi dan kuatnya arus laut.

Sumber Rujukan

  • Prima, C. Eka. 2019. Modul 4. Kinematika dan Dinamika Gerak, serta Suhu dan kalor, Kegiatan Belajar 3, Konsep dan Aplikasi Tekanan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Ayuk Ratna Puspaningsih, dkk. 2021. Ilmu Pengetahuan Alam. SMA Kelas X. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

=Baca Juga=

Demikian,
semoga ada manfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *