Jari jari Lingkaran

Jari jari Lingkaran

HermanAnis.com – Hai semuanya, bahasan kali ini adalah Jari jari Lingkaran. Pada geometri Euklid, jari jari lingkaran R merupakan garis lurus yang menghubungkan titik pusat dengan lingkaran.

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

.

Lingkaran merupakan contoh dari kurva tertutup sederhana yang membagi bidang di jadikan bidang dalam dan bidang luar lingkaran. Bidang yang berada di dalam lingkaran, dan ada juga berada di luar lingkaran.

Untuk memahami tentang hal ini, kita bahasi dulu titik pusat lingkaran dan diameter lingkaran.

Baca Juga:
Rumus Keliling Lingkaran

A. Jari jari Lingkaran

Jari jari lingkaran merupakan unsur atau bagian lingkaran berupa titik dan garis. Bagian lingkaran berupa titik yang berada di pusat lingkaran di sebut titik pusat lingkaran. Jarak titik pusat tersebut ke titik manapun pada lingkaran selalu tetap.

Untuk lebih jelasnya, titik pusat lingkaran yang di maksud di tampilkan dalam gambar di bawah ini.

Elemen Titik pusat lingkaran

Sudah paham toh, apa, di mana dan bagaimana titik pusat lingkaran itu.

Selanjutnya, Unsur atau bagian lingkaran berupa garis. Bagian yang paling dasar adalah jari jari lingkaran yang biasanya di simbolkan dengan R atau r. terserah teman-teman mau pake yang mana, tidak ada ketentuan harus pakai yang mana.

Jari jari R merupakan garis lurus yang menghubungkan titik pusat dengan lingkaran. Lebih jelasnya di tunjukkan dalam gambar di bawah ini.

Gambar jari jari lingkaran

Baca Juga:
Rumus Luas Lingkaran

B. Hubungan Diameter (D) dengan Jari jari R

Unsur atau bagian lingkaran berupa garis berikutnya adalah Diameter yang di simbolkan D. Diameter lingkaran merupakan panjang tali busur (TB) terbesar yang besarnya dua kali panjang R.

Diameter D ini membagi lingkaran menjadi dua bagian yang sama besarnya. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini!

Besar diameter lingkaran adalah dua kali panjang jari jari lingkaran

Hubungan matematis atau rumus yang menghubungkan antara jari jari lingkaran (R) dan diameter lingkaran (D) adalah,

D = 2 R

Contohnya, jika ada lingkaran yang memiliki R 7 cm, maka diameternya pasti 14 cm. Olehnya itu, jika ada lingkaran memiliki diameter 20 cm, maka R lingkaran tersebut adalah 10 cm.

C. Tali Busur (TB) Lingkaran

Unsur atau bagian lingkaran berikutnya adalah Tali Busur yang disimbolkan TB. Tali busur merupakan garis lurus di dalam lingkaran yang memotong lingkaran pada dua titik yang berbeda.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar di bawah ini!

Tali busur (TB)

D. Hubungan Panjang Busur (B) dengan R

Elemen lingkaran berikutnya adalah Panjang Busur, yang di simbolkan dengan B. B ini merupakan garis lengkung yang mengikuti kontur lingkaran, garisnya bisa terbuka dan juga tertutup. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini.

Hubungan panjang busur dengan jari jari lingkaran

Hubungan matematis atau rumus yang menghubungkan antara R dan Panjang Busur (B) adalah,

B = R Ɵ

Contohnya, jika ada lingkaran dengan R 7 cm, maka panjang busurnya untuk setengah lingkaran adalah 7 x (22/7) = 22 cm. Ingatlah untuk setengah lingkaran sudut Ɵ = π, di mana π harus dalam satuan radian, atau π = 22/7 atau 3,14. Sampai di sini sudah paham toh.

Bagian lingkaran bentuk garis yang terakhir adalah keliling lingkaran, yang di simbolkan dengan K. K ini merupakan panjang busur terpanjang pada lingkaran. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini!

Hubungan jari jari lingkaran dengan keliling lingkaran

Baca juga:
Contoh Soal Limit Tak Hingga

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga ada manfaat.

Soal Matematika Kelas 4

Herman Anis
3 min read

Contoh Soal Logaritma

Herman Anis
4 min read

Rumus Keliling Lingkaran

Herman Anis
2 min read

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: