Bagaimana Ciri Ciri Pertanyaan yang Baik?

1 min read

Ciri ciri pertanyaan yang baik

HermanAnis.com – Pada bagian ini kita akan membahas tentang Ciri Ciri Pertanyaan yang Baik. Hal ini penting, oleh karena mengawali pemikiran, ide, dan gagasan selalu dari pertanyaan-pertanyaan.

Kalau orang tidak bertanya, menerima saja apa yang terjadi, maka ilmu baru tidak akan lahir. Olenya itu, maka salah satu point pentingnya adalah dengan pertanyaan-pertanyaan.

Selain tentang ciri-ciri pertanyaan yang baik dalam tulisan ini anda dapat membaca artikel tentang Adab Bertanya dalam Forum, Bagaimana Cara Berdebat Dengan Benar? atau tentang hierarki Ketidaksetujuan Graham, Apa itu berpikir kritis? dan Indikator Keterampilan Berpikir Kritis dalam Sains, semua topik ini relevan bagi teman-teman yang ingin meningkatkan kualitasnya dalam mengajukan pertanyaan.

Ciri Ciri Pertanyaan yang Baik

Sebelum kita membahas Ciri Ciri Pertanyaan yang Baik, terlebih dahulu kita bahas dua dua tipe mendasar pertanyaan yakni:

1. Pertanyaan Konvergen

Pertanyaan tipe konvergen serupa dengan pertanyaan sempit. Tipe pertanyaan ini memiliki hanya satu jawaban yang benar. Tipe ini merupakan pertanyaan tingkat awal. Kata tanya dasar untuk tipe ini mulai dengan kata, apa, siapa, kapan atau dimana.

2. Pertanyaan Divergen

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang bersifat terbuka dan memiliki banyak jawaban yang dapat berbeda-beda dan dapat menantang kreativitas berpikir seseorang.

Kata tanya dasar untuk mengawali pertanyaan tipe ini biasanya menggunakan kata bagaimana dan mengapa, seperti; mengapa pandemi Covid 19 belum berhenti-berhenti?

Untuk memahami cara bertanya yang baik, maka berikut ini kami berikan 9 ciri-ciri pertanyaan yang baik. Hal ini untuk dasar dalam mengecek, apakah pertanyaan tersebut baik atau tidak.

9 Ciri Ciri Pertanyaan yang Baik

Apa saja ciri-ciri pertanyaan yang baik itu, berikut penjelasannya:

1. Membangkitkan rasa ingin tahu

Orang jika mendengar pertanyaan ini akan merasa tertarik atau ingin tau jawabannya.

2. Membangkitkan semangat untuk progres

Ini kalo jawabannya ketemu, maka akan ada perubahan yang lebih baik. Kemudian, carilah pertanyaan yang membangkitkan pertanyaan yang memicu untuk menjadi lebih baik, konstruktif kreatif

3. Ciri Ciri Pertanyaan yang Baik yang ke tiga adalah Memicu diskusi yang reflektif

Ciri ketiga yakni gengan pertanyaan itu, akal kita berputar, berefleksi, dan melatih kita untuk berpikir.

4. Memfokuskan perhatian dan pembahasan

Ciri ke empat yakni pertanyaan yang fokus pada pembahasan yang jelas.

5. Memancing pemikiran kreatif

Ciri ke lima yakni, memancing munculnya ide-ide kreatif

6. Melahirkan kemungkinan-kemungkinan baru

Kelanjutan dari pemikiran kreatif untuk melahirkan kemungkinan-kemungkinan hal-hal yang baru

7. Menampakkan asumsi-asumsi tersembunyi

Kadang-kadang pernyataan seseorang hanya menampakkan luarnya saja, dan biasanya jika pertanyaannya mendalam maka asumsi-asumsi yang tersembunyi akan tampak.

8. Menggali makna secara dalam

Ciri ke delapan adalah mempertanyakan makna, hikma dari suatu peristiwa.

9. Ciri terakhir pertanyaan yang baik yang terakhir adalah pertanyaan itu dapat membuahkan pertanyaan-pertanyaan selanjutnya

Dan yang terakhir, pertanyaan yang tidak berhenti disitu saja, jawaban yang diajukan memicu munculnya pertanyaan-pertanyan yang baru.

Ciri Ciri Pertanyaan yang Baik

Demikian.
Mudah-mudahan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *