Apa yang dimaksud dengan Sumber Energi Panas dan bagaimana potensinya di Indonesia?

4 min read

Apa yang dimaksud dengan Sumber Energi Panas?

HermanAnis.com. Teman-teman semua, pembahasan kita kali ini adalah Apa yang di maksud dengan Sumber Energi Panas? Apa saja itu, dan bagaimana potensinya di Indonesai?

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Namun sebelum membahas itu, kita bahas dulu sumber energi terbarukan dan tak terbarukan.

Sumber Energi Terbarukan dan Tak Terbarukan

Sumber Energi Panas- Kalian telah memahami bahwa energi menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi manusia di seluruh penjuru dunia saat ini. Bagaimana cara agar kebutuhan energi dapat terpenuhi? Bagaimana cara menekan penggunaan energi listrik yang berlebih?

Untuk menyelesaikan masalah kebutuhan energi tersebut, seluruh potensi sumber energi yang ada perlu di manfaatkan seoptimal mungkin. Sumber energy dapat di kategorikan menjadi dua jenis, yaitu sumber energi terbarukan dan sumber energi tak terbarukan.

Sumber Energi Panas: Apa saja itu dan bagaimana potensinya di Indonesia?

Baca Juga : Kalor Lebur Es

Sumber Energi Terbarukan

Secara defenisi sumber energi terbarukan merupakan sumber energi yang dapat di gantikan oleh proses alami dalam kurun waktu yang sebanding dengan penggunaannya, sehingga tidak akan pernah dapat habis.

Sumber Energi Tak Terbarukan

Sementara sumber energi tak terbarukan merupakan sumber energi yang terbatas dan proses pergantiannya dalam kurun waktu yang sangat lama secara alami, sehingga pada akhirnya dapat habis.

Jenis-jenis sumber energi yang dapat di manfaatkan di Indonesia

Sebelum kita menjawab pertanyaan ini, kita petakan dulu jenis-jenis sumber energi yang dapat di manfaatkan saat ini khususnya kita di indonesia.

Sumber Energi dari Bahan Bakar Fosil

Bahan bakar fosil terbentuk dari proses ilmiah yang dialami oleh sisa-sisa hewan dan tanaman purba dalam kurun waktu yang sangat lama dengan orde jutaan tahun. Bahan bakar fosil tersusun atas senyawa Hidrokarbon. Contoh bahan bakar fosil adalah batubara, minyak bumi, gas alam, dan lain-lain.

Energi Biogas

Energi biogas berasal dari limbah organik yang di olah melalui proses anaerobic digestion dengan bantuan bakteri tanpa oksigen, contohnya kotoran sapi, sampah dedaunan, dan sampah-sampah lain yang berasal dari organisme yang belum lama mati atau organisme hidup.

Sumber Energi Air

Energi air merupakan salah satu energi paling banyak di gunakan untuk keperluan pembangkit energi listrik, khususnya di Indonesia. Air ada di mana-mana, jumlahnya tidak pernah habis, dan tetap.

Prinsip kerjanya adalah aliran air di permukaan Bumi di bendung kemudian di alirkan menuju ke tempat yang lebih rendah untuk memutar turbin sehingga menghasilkan energi listrik.

Energi Angin

Energi angin merupakan sumber energi yang memanfaatkan angin untuk memutar kincir angin sehingga di hasilkan energi listrik.

Sumber Energi Matahari

Matahari sebagai Sumber Energi Panas

Energi matahari merupakan sumber energi yang memanfaatkan matahari untuk menyinari atau memberi energi pada perangkat lempengan logam sel surya, sehingga menghasilkan energi listrik. Sumber energi panas terbesar bagi makhluk hidup di bumi adalah matahari.

Selain itu, sumber energi panas terbesar di bumi adalah matahari. Energinya tak berhingga dan tak perlu diperbaharui lagi.

Energi Gelombang Laut

Energi gelombang laut atau ombak merupakan energi yang bersumber dari gerak naik turunnya gelombang air laut. Gerakan naik turun gelombang air tersebut memberikan tekanan pada turbin, hingga turbin dapat berputar dan mengahasilkan energi listrik.

Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki potensi tinggi yang dapat di manfaatkan sebagai sumber energi dari gelombang laut. Namun, sumber ini masih dalam taraf pengembangan di Indonesia.

Sumber Energi Pasang Surut

Energi pasang surut merupakan energi yang bersumber dari proses pasang surut air laut. Terdapat dua jenis sumber energi pasang surut air laut, yaitu perbedaan tinggi rendah air laut saat pasang dan surut, dan arus pasang surut terutama pada selat-selat yang kecil.

Tekanan yang di hasilkan oleh air laut memutar turbin sehingga menghasilkan energi listrik. Seperti energi gelombang laut, Indonesia sebagai negara maritim memiliki potensi dalam pemanfaatan energi pasang surut air laut, namun masih dalam taraf pengembangan.

Energi Panas Bumi

Salah satu sumber energi yang dapat di kembangkan di Indonesia adalah geothermal atau panas bumi. Indonesia merupakan negara dengan sistem hidrotermal untuk sumber geotermal terbesar di dunia dengan potensi lebih dari 17.000 MW yang dapat menghemat 40 persen sumber daya panas bumi dunia.

Kondisi geologis Indonesia yang terletak pada pertemuan tiga lempeng tektonik utama (Lempeng Eurasia, Indo-Australia dan Pasifik) memberikan dampak banyaknya energi panas bumi di Indonesia. Indonesia menempati urutan keempat di dunia, bahkan dari variabel suhu tinggi, Indonesia menempati urutan kedua.

Jumlah potensi energi panas bumi di Indonesia sangat besar yaitu lebih dari 252 lokasi yang tersebar di Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Bali, Sulawesi hingga Maluku.

Apa yang dimaksud dengan Sumber Energi Panas?

Sumber Energi Panas – Yang dimaksud dengan sumber energi panas adalah segala bentuk sumber energi yang sumber energi berasal dari energi panas.

Jika ada pertanyaan, sebutkan paling sedikit dua sumber energi panas yang kamu ketahui? maka berdasarkan uraian jenis-jenis energi di atas, maka yang dapat di golongkan dalam sumber energi panas adalah Sumber Energi Matahari dan Sumber Energi Panas Bumi.

Sumber energi panas terbesar di bumi adalah Matahari. Pembahasan matahari sebagai sumber energi panas dapat Anda baca pada link artikel berikut.

Mengapa Matahari Disebut Sebagai Sumber Energi Terbesar Di Bumi?

Sementara sumber energi alternatif yang dapat menghasilkan energi panas adalah energi biogas, energi air, energi angin, energi gelombang laut, dan energi pasang surut.

Sedangkan untuk sumber energi panas bumi yang paling potensial di kembangkan adalah energi geotermal. Indonesia memiliki Potensi Geotermal yang sangat melimpah.

Sumber Energi Panas dari Geotermal

Indonesia merupakan salah satu negara yang di lalui oleh sabuk sirkum Pasifik atau yang biasa di kenal dengan istilah Ring of Fire. Ciri-ciri daerah yang di lalui oleh sabuk sirkum pasifik adalah memiliki banyak gunung api aktif dan sering terjadi aktivitas seismik.

Gambar di bawah menunjukkan 10 negara peraih peringkat penghasil energi listrik terbesar dari sumber panas bumi. Indonesia ada di posisi kedua loh! “Indonesia memang kaya Bro”.

Sumber Energi Panas
Diagram Sepuluh negara peraih peringkat penghasil energi listrik terbesar dari sumber panas bumi.
Sumber: thinkgeoenergy.com/ThinkGeo Energy Research (2020)

Berdasarkan data yang di rilis pada lipi.go.id, 13% dari gunung api di dunia berada di Indonesia, yaitu sebanyak 127 gunung api, dengan 58 gunung api di antaranya belum di pantau dengan peralatan seismik.

Salah satu keuntungan yang di dapatkan Indonesia sebagai negara yang di lalui sabuk sirkum pasifik adalah banyaknya sumber panas bumi yang dapat di manfaatkan menjadi sumber energi. Pada akhir tahun 2019, Indonesia berhasil meraih peringkat dua sebagai negara penghasil energi listrik dari sumber panas bumi di dunia.

Di lansir dari bekasi.pikiran-rakyat.com, energi panas bumi yang telah di manfaatkan baru 8,9% dari seluruh potensi panas bumi yang ada di Indonesia.

Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi

Bagaimana cara mengelola sumber panas bumi menjadi energi listrik? Cara kerja pembangkit listrik tenaga panas bumi di tunjukkan pada Gambar berikut.

Sumber Energi Panas
Skema pembangkit listrik tenaga panas bumi.
Sumber: undip.ac.id/Agus Purnomo Adi (2014)

Zat cair dan uap panas dari sumur produksi di alirkan menuju alat yang bernama separator, tujuannya untuk memisahkan uap panas dengan zat cair yang keluar dari sumur produksi. Zat cair tersebut di keluarkan dari separator, sementara uap panas di alirkan menuju turbin.

Uap panas tersebut memutar turbin yang di hubungkan dengan generator. Generator merupakan alat pengubah energi gerak menjadi energi listrik. Listrik yang di hasilkan generator pembangkit di alirkan dan di olah kembali hingga dapat di gunakan oleh masyarakat.

Setelah uap panas melewati turbin, uap panas dialirkan menuju menara pendingin untuk di dinginkan. Ketika uap panas di dinginkan terjadi kondensasi, sehingga uap panas berubah wujud menjadi air dan di alirkan kembali pada sumur produksi.

Sumber Rujukan

  • Prima, C. Eka. 2019. Modul 4. Kinematika dan Dinamika Gerak, serta Suhu dan kalor, Kegiatan Belajar 3, Konsep dan Aplikasi Tekanan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Ayuk Ratna Puspaningsih, dkk. 2021. Ilmu Pengetahuan Alam. SMA Kelas X. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Demikian pembahasan tentang, Apa yang dimaksud dengan Sumber Energi Panas?
Mudah-mudahan bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *