Contoh LKPD Pengukuran

Contoh LKPD Pengukuran Jangka Sorong

HermanAnis.com – Pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang Contoh LKPD Pengukuran besaran panjang dengan Jangka Sorong dan Mikrometer Sekrup. Contoh LKPD pengukuran yang menarik dalam tulisan ini merupakan LKPD yang disusun berbasis pada keterampilan proses sains (KPS).

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Bagaimana sistematika LKPD Pengukuran Panjang?

Model LKPD pengukuran panjang dengan jangka sorong dan di sajikan melalui kerangka kerja /prosedural sebagai berikut:

  1. Judul LKPD
  2. Tujuan LKPD
  3. Informasi Kerja
  4. Pengamatan Fenomena
  5. Analisis data Interpretasi
  6. Membuat Kesimpulan

Judul LKPD

Judul LKPD, sebaiknya di sajikan secara ringkas padat dan jelas. Contohnya:

Pengukuran panjang dengan Jangka Sorong

Tujuan LKPD

Bagian ini berisi informasi tentang tujuan yang akan di capai setelah kegiatan pembelajaran. Contohnya:

  1. Setelah melakukan praktikum, peserta didik dapat menentukan NST jangka sorong yang di gunakan
  2. Setelah mengikuti praktikum, peserta didik dapat terampil dalam menggunakan jangka sorong untuk mengukur besaran panjang
  3. Setelah mengikuti praktikum, peserta didik dapat menggunakan hasil pengukuran untuk analisis.

Informasi Kerja

Bagian ini menyajikan gambar utuh jangka sorong berbagai model. Berdasarkan gambar, peserta didik menentukan bagian-bagian dari jangka sorong dan memberikan deskripsi fungsi bagian-bagian tersebut. LKPD menyajikan lembar isian berupa tabel identifikasi dan deskripsi fungsi.

Contoh LKPD Pengukuran Jangka Sorang

Tahap ini menampilkan gambar sebuah jangka sorong dengan skala yang jelas. Berdasarkan gambar, LKPD menampilkan cara menentukan NST jangka sorong tahap demi tahap. Mulai dari menentukan jumlah skala utama, skala nonius, dan seterusnya.

Contoh LKPD Pengukuran Jangka Sorang

Baca Juga :

Pengamatan Fenomena

LKPD atau LKS menampilkan gambar jangka sorong dan isian siswa untuk menentukan NST jangka sorong secara mandiri. Bagian ini merupakan bagian untuk melatih siswa secara mandiri dalam menentukan NST jangka sorong berdasarkan gambar dalam LKPD. Siswa dapat menggunakan contoh cara menentukan NST sebelumnya.

Menentukan NST jangka sorong

Tahap ini berisi menampilan gambar sebuah jangka sorong yang telah di gunakan mengukur panjang suatu benda. Gambar menampilkan skala hasil pengukuran secara dengan jelas.

Bagian bawah gambar ini menyajikan panduan untuk menentukan hasil pengukuran berdasarkan gambar. Hal ini untuk membekali siswa cara menentukan hasil pengukuran berdasarkan melalui.

Bagian ini menyajikan gambar hasil pengukuran panjang suatu benda dengan jangka sorong dengan skala hasil pengukuran yang sangat jelas. Isian pada bagian bawah gambar merupakan tempat bagi siswa untuk mengisikan hasil pengukuran panjang secara mandiri. Bagian ini merupakan bagian untuk melatih siswa secara sendiri-sendiri dalam menentukan hasil pengukuran berdasarkan gambar.

Contoh LKPD Pengukuran Jangka Sorang

Contoh LKPD Pengukuran selengkapnya dapat anda baca pada artikel berikut:

Contoh LKPD Pengukuran – Jangka Sorong

Terima kasih, semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: