Cara Mengetahui Gaya Belajar Siswa

Cara Mengetahui Gaya Belajar Siswa

HermanAnis.com – Teman-teman semua, dalam kesempatan ini kita akan membahas secara khusus tentang bagaimana Cara Mengetahui Gaya Belajar Siswa! Gaya belajar merujuk pada cara individu memproses, mengingat, dan menggunakan informasi untuk belajar dan memecahkan masalah.

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Beberapa siswa lebih memilih belajar secara visual, sedangkan yang lainnya lebih memilih belajar secara auditori atau kinestetik.

A. Pengertian Gaya Belajar menurut Ahli

Gaya belajar merujuk pada cara individu memproses, mengingat, dan menggunakan informasi untuk belajar dan memecahkan masalah. Ada beberapa definisi dari gaya belajar menurut para ahli, di antaranya:

  1. Dunn and Dunn:
    Gaya belajar adalah preferensi belajar yang terdiri dari faktor-faktor seperti persepsi, kebiasaan, lingkungan, dan emosi.
  2. Kolb:
    Gaya belajar adalah suatu cara belajar yang melibatkan kombinasi dari pengalaman konkret, refleksi, konseptualisasi, dan pengujian dalam situasi baru.
  3. Honey and Mumford:
    Gaya belajar adalah cara individu memproses informasi, melibatkan pengalaman belajar sebelumnya, persepsi terhadap lingkungan belajar, dan kecenderungan untuk mengadopsi suatu strategi belajar tertentu.
  4. Felder and Silverman:
    Gaya belajar adalah karakteristik individu yang mempengaruhi cara individu memproses informasi, termasuk preferensi belajar seperti penggunaan gambar atau teks, belajar sendiri atau dalam kelompok, dan belajar dengan pendekatan terstruktur atau tak terstruktur.

Secara umum, gaya belajar merujuk pada cara individu memproses informasi dan preferensi belajar yang unik untuk setiap individu. Memahami gaya belajar individu dapat membantu pengajar merancang metode pengajaran yang lebih efektif dan efisien, serta membantu siswa belajar dengan lebih efektif dan efisien.

Baca Juga: Angket Gaya Belajar

B. Mengapa guru harus mengetahui gaya belajar siswa?

Guru harus mengetahui gaya belajar siswa karena setiap individu memiliki preferensi dan kemampuan belajar yang berbeda-beda. Dengan mengetahui gaya belajar siswa, guru dapat menyesuaikan metode pengajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa sehingga siswa dapat lebih mudah memahami dan mengingat materi yang diajarkan.

Ada beberapa gaya belajar yang umum, seperti visual, auditori, dan kinestetik. Siswa yang mempunyai gaya belajar visual lebih mudah memahami materi yang disajikan dalam bentuk gambar atau diagram, sementara siswa yang mempunyai gaya belajar auditori lebih mudah memahami materi melalui pendengaran, seperti dengan mendengarkan penjelasan dari guru. Siswa yang mempunyai gaya belajar kinestetik lebih mudah memahami materi melalui pengalaman langsung dan aktivitas fisik.

Dengan mengetahui gaya belajar siswa, guru dapat menggunakan berbagai teknik pengajaran yang sesuai, seperti menggunakan gambar atau diagram untuk siswa visual, memberikan penjelasan secara lisan untuk siswa auditori, atau menggunakan metode pembelajaran yang melibatkan aktivitas fisik untuk siswa kinestetik. Dengan demikian, siswa akan lebih mudah memahami dan mengingat materi yang diajarkan, sehingga dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.

C. Bagaimana Cara Mengetahui Gaya Belajar Siswa?

Mengetahui gaya belajar siswa dapat membantu guru atau orang tua untuk memberikan strategi pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui gaya belajar siswa:

  1. Observasi langsung
    Guru atau orang tua dapat melakukan observasi langsung terhadap siswa selama kegiatan belajar. Dalam observasi ini, perhatikan bagaimana siswa berinteraksi dengan materi ajar, apakah ia lebih suka membaca, menulis, mendengarkan, atau bergerak. Hal ini dapat memberikan gambaran tentang gaya belajar yang dominan pada siswa.
  2. Tes gaya belajar
    Terdapat tes gaya belajar yang tersedia online yang dapat membantu menentukan gaya belajar siswa. Tes ini biasanya meminta siswa untuk menjawab serangkaian pertanyaan dan memberikan pilihan jawaban yang berkaitan dengan preferensi belajar mereka. Setelah menyelesaikan tes, siswa akan di berikan hasil tentang gaya belajar dominan mereka.
  3. Wawancara
    Guru atau orang tua dapat melakukan wawancara dengan siswa untuk mengetahui preferensi belajar mereka. Dalam wawancara ini, tanyakan kepada siswa bagaimana mereka biasanya belajar, apa yang mereka sukai dan tidak sukai, serta strategi pembelajaran apa yang paling efektif untuk mereka.
  4. Diskusi kelompok
    Guru dapat meminta siswa untuk berpartisipasi dalam diskusi kelompok tentang preferensi belajar mereka. Diskusi ini dapat membantu siswa memahami gaya belajar mereka sendiri dan gaya belajar teman-teman mereka.

Dengan mengetahui gaya belajar siswa, guru atau orang tua dapat menyesuaikan strategi pembelajaran mereka agar sesuai dengan kebutuhan siswa. Hal ini dapat membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran dan kinerja akademik siswa.

Demikian semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
Index