Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains

Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains

HermanAnis.comRubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains merupakan instrumen yang di gunakan untuk menilai kinerja praktikum peserta didik. Sedangkan, kinerja praktikum dapat berupa laporan hasil praktikum atau Lembar Kerja Peserta Didik (LPKD).

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya, hal ini dilakukan sebagai penciri dari hermananis.com.

A. Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains

Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains di perlukan untuk memberikan penilaian terhadap kinerja praktikum peserta didik. Instrumen ini dapat di gunakan jika laporan praktikum atau lembar kerja yang di gunakan berbasis atau berorientasi pada Keterampilan Proses Sains.

Oleh itu, maka sebelum menggunakan rubrik ini, cek dulu apakah laporan yang di buat sudah berorientasi pada keterampilan proses sains. Untuk memahami tentang bagaimana model LKPD berbasis keterampilan proses sains silahkan baca artikel berikut.

Baca Juga: Pengembangan LKPD Fisika Tingkat SMA Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS), Lembar Kerja Fisika SMA Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS), Pengukuran Panjang dengan Jangka Sorong

Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains untuk menilai kinerja praktikum di berikan dalam bentuk dua tabel rujukan yakni, tabel pertama berisi aspek yang di nilai dan tabel kedua adalah pedoman penskorannya. Keduanya akan di berikan untuk setiap aspek dalam Keterampilan Proses Sains.

1. Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains ke 1. Merumuskan Masalah.

Aspek atau indikator merumuskan masalah, yang akan di nilai dari Laporan atau Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) di dasarkan pada elemen-elemen yang menunjukkan rumusan masalah yang baik. Elemen tersebut di berikan dalam tabel berikut.

Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains Laporan Hasil Praktikum

Rumusan masalah dalam laporan/LKPD di cek dan di periksa dan kemudian kriteria penskorannya menggunakan tabel di bawah.

Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains Laporan Hasil Praktikum

2. Rubrik 2: Identifikasi Variabel

Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains pada aspek atau indikator Identifikasi Variabel, yang akan di nilai dari Laporan atau Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) didasarkan pada elemen-elemen yang menunjukkan Identifikasi Variabel yang baik. Elemen tersebut diberikan dalam tabel berikut.

Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains Laporan Hasil Praktikum

Identifikasi Variabel dalam laporan/LKPD di cek dan di periksa dan kemudian kriteria penskorannya menggunakan tabel di bawah

3. Rubrik 3: Definisi Operasional Variabel

Aspek atau indikator Definisi Operasional Variabel, yang akan di nilai dari Laporan atau Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) didasarkan pada elemen-elemen yang menunjukkan Definisi Operasional Variabel yang baik. Elemen tersebut di berikan dalam tabel berikut.

Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains Laporan Hasil Praktikum

Definisi Operasional Variabel dalam laporan/LKPD di cek dan di periksa dan kemudian kriteria penskorannya menggunakan tabel di bawah.

4. Rubrik 4: Membuat Grafik dalam Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains Laporan Hasil Praktikum

Aspek atau indikator Membuat Grafik, yang akan di nilai dari Laporan atau Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) di dasarkan pada elemen-elemen yang menunjukkan Membuat Grafik yang baik. Elemen tersebut di berikan dalam tabel berikut.

Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains Laporan Hasil Praktikum

Membuat Grafik dalam laporan/LKPD di cek dan di periksa dan kemudian kriteria penskorannya menggunakan tabel di bawah.

5. Rubrik 5: Analisis Data

Aspek atau indikator Analisis Data, yang akan di nilai dari Laporan atau Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) di dasarkan pada elemen-elemen yang menunjukkan Analisis Data yang baik. Elemen tersebut di berikan dalam tabel berikut.

Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains Laporan Hasil Praktikum

Analisis Data dalam laporan/LKPD di cek dan di periksa dan kemudian kriteria penskorannya menggunakan tabel di bawah.

Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains Laporan Hasil Praktikum

6. Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains ke 6: Pembahasan

Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains berikutnya yaitu pada aspek atau indikator Pembahasan, yang akan di nilai dari Laporan atau Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) didasarkan pada elemen-elemen yang menunjukkan Pembahasan yang baik. Elemen tersebut di berikan dalam tabel berikut.

Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains Laporan Hasil Praktikum

Pembahasan dalam laporan/LKPD di cek dan di periksa dan kemudian kriteria penskorannya menggunakan tabel di bawah.

7. Rubrik 7: Membuat Simpulan

Aspek atau indikator Membuat Simpulanl, yang akan di nilai dari Laporan atau Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) di dasarkan pada elemen-elemen yang menunjukkan Membuat Simpulan yang baik. Elemen tersebut di berikan dalam tabel berikut.

Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains Laporan Hasil Praktikum

Membuat Simpulan dalam laporan/LKPD di cek dan di periksa dan kemudian kriteria penskorannya menggunakan tabel di bawah.

8. Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains ke 8: Saran

Aspek atau indikator Saran, yang akan di nilai dari Laporan atau Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) di dasarkan pada elemen-elemen yang menunjukkan Saran yang baik. Elemen tersebut di berikan dalam tabel berikut.

Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains Laporan Hasil Praktikum

Saran dalam laporan/LKPD di cek dan di periksa dan kemudian kriteria penskorannya menggunakan tabel di bawah.

Berdasarkan penilaian pada setiap aspek, selanjutnya jumlahkan semua skor perolehan (N). Sehingga, berdasarkan hasil tersebut, selanjutnya tentukanlah nilai Rata-rata rata-rata (R) tiap hasil kinerja (laporan) dihitung dengan menggunakan persamaan:

Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains Laporan Hasil Praktikum

Contoh :

Skor total keseluruhan rubrik yang di nilai adalah 32 dengan jumlah rubrik sebanyak 8, maka skor rata-rata adalah :

Sehingga berdasarkan nilai R tersebut, selanjutnya gunakan Pedoman Penilaian pada tabel 1. untuk menentukan nilai akhir yang di peroleh setiap siswa. Dari tabel Rentang Skor terlihat bahwa skor rata-rata sebesar 4,00 berada antara

Dengan demikian, nilai kinerja peserta didik tersebut adalah 80.

Tabel. 1. Pedoman Penilaian (Nilai Kinerja)

Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains ini merupakan panduan yang di gunakan dalam praktikum Fisika Dasar Jurusan Fisika FMIPA UNM.

Instrumen ini telah melewati tahapan pengembangan instrumen yang dapat di pertanggungjawabkan, sehingga bisa anda gunakan sebagai rujukan. Jika anda menggunakan tulisan ini sebagai rujukan, berlaku bijaklah dengan cara mencantumkan tulisan ini sebagai sumber rujukan.

B. Daftar Rujukan

  • Hibbard, Michael, K. 1995. Performance Assessment in the Science Classroom. New York: Glencoe Mc Graw-Hill.
  • Ibrahim, M. 2005. Asesmen Berkelanjutan. Surabaya: Unesa University Press
  • Tampa,M.T. 2007. Pengembangan Asesmen Portofolio Untuk Mengases Kompetensi Fisika Pada Topik Suhu dan Kalor Siswa SMA. Tesis tidak di pulikasikan. Program Pascasarjana UNESA Surabaya.
  • Laboratorium Fisika FMIPA UNM. 2016. Pedoman Penilaian Kinerja Praktikum Fisika.
  • http://www.longwood.edu/

Mudah-mudahan artikel Rubrik Penilaian Keterampilan Proses Sains (KPS) ini dapat bermanfaat. Jika ada yang ingin di tanyakan dan di sampaikan terkait dengan instrumen ini, silahkan menuliskannya pada kolom komentar.

Salam Sehat
Herman Anis

Angket Gaya Belajar

Herman Anis
1 min read

Angket Minat Belajar

Herman Anis
2 min read

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: