Kumpulan Pidato Hari Pendidikan Nasional dari tahun ketahun

Pidato Mendikbud

HermanAnis.com– Teman-teman semua, pada tulisan kali ini kami berikan Kumpulan Pidato Hari Pendidikan Nasional pada Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) oleh Menteri Pendidikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia padamasanya.

Baca Juga:
Kualitas Pendidikan Akibat Pandemi COVID-19: Laporan SDGs Tahun 2022

Hari Pendidikan Nasional adalah sebuah momen bersejarah di Indonesia yang di rayakan setiap tanggal 2 Mei. Tanggal ini di pilih untuk memperingati kelahiran Ki Hajar Dewantara, seorang pendidik terkenal yang menjadi pionir dalam sistem pendidikan di Indonesia. Hari ini tidak hanya menjadi waktu untuk merayakan prestasi pendidikan, tetapi juga untuk merenungkan tantangan dan peluang dalam memajukan pendidikan di masa depan.

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di peringati setiap tahunnya pada tanggal 2 Mei, untuk mengenang, memperingati, dan menghormati jasa Ki Hadjar Dewantara yang lahir 2 Mei 1889 di Pakualaman, Yogyakarta. Beliau merupakan pelopor dalam bidang pendidikan, terutama kaum pribumi pada masa penjajahan.

Ki Hadjar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan

Melalui Ki Hajar Dewantara kita mengenal istilah “Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani” yang berarti di depan memberi teladan yang baik; di tengah menciptakan ide dan prakarsa; dan di belakang memberikan dorongan. Kutipan ini merupakan landasan Filosofis Pendidikan Nasional.

Pidato-pidato yang disampaikan pada Hari Pendidikan Nasional semoga dapat menginspirasi, mengingatkan akan pentingnya pendidikan, dan menggugah semangat untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan. Dalam artikel ini, kita akan mengulas kumpulan pidato Hari Pendidikan Nasional.

Baca Juga: Apa Visi Misi dan Tujuan Kemendikbud 2020 – 2024?

A. Pidato Hari Pendidikan Nasional

Peringatan Hari pendidikan Nasional (Hardiknas) setiap tanggal 2 Mei, tidaklah lengkap rasanya jika belum mendengarkan/menyimak atau membaca pidato menteri pendidikan.

1. Pidato Ki Hajar Dewantara (1961)

Sebagai pendiri Taman Siswa, Ki Hajar Dewantara memiliki peran besar dalam perkembangan pendidikan di Indonesia. Pidato beliau yang legendaris pada tahun 1961 selalu menjadi sumber inspirasi dalam memajukan pendidikan. Dalam pidatonya, Ki Hajar Dewantara menekankan bahwa pendidikan sejati adalah pendidikan yang mengembangkan karakter, bukan sekadar mengisi kepala dengan pengetahuan.

2. Pidato Bung Hatta (1960)

Bung Hatta merupakan salah satu proklamator kemerdekaan Indonesia, juga memiliki gagasan besar tentang pendidikan. Dalam pidatonya pada tahun 1960, beliau menekankan pentingnya pendidikan sebagai landasan bagi kemajuan bangsa. Beliau berpendapat bahwa pendidikan adalah investasi terbaik yang dapat kita berikan kepada generasi muda.

3. Pidato Soekarno (1963)

Presiden pertama Indonesia, Soekarno, juga memberikan pidato inspiratif tentang pendidikan pada tahun 1963. Beliau menggarisbawahi pentingnya pendidikan dalam membangun bangsa yang kuat. Pidato ini memotivasi kita untuk terus berusaha dalam mengembangkan sistem pendidikan yang merata dan berkualitas.

Untuk selengkapnya, berikut ini kami berikan link Kumpulan Pidato Hari Pendidikan Nasional pada hari pendidikan nasional dari Bapak Menteri Pendidikan kita (seingat saya selalu Bapak-bapak yang jadi Menteri Pendidikan), yang mungkin sekarang lebih familiar di sapa “Mas Menteri”.

B. Kumpulan Pidato Menteri Pendidikan pada Hari Pendidikan Nasional

Berikut ini kami lampirkan link kumpulan Kumpulan Pidato Mendikbud atau Mendikbudristek dari tahun ketahun.

Pidato Hari Pendidikan Nasional - Kumpulan Pidato Menteri Pendidikan
TahunNama MenteriLink Naskah Pidato
2024Nadiem Anwar MakarimPidato Mendikbudristek Dalam Rangka Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2024
2023Nadiem Anwar MakarimPidato Menteri Pendidikan. Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI
2022N. Anwar MakarimPidato Menteri Pendidikan. Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI
2021Nadiem Anwar MakarimPidato Menteri Pendidikan. Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI
2020N. Anwar MakarimPidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI
2019Muhadjir EffendiPidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI
2018Muhadjir EffendiPidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI
2017Muhadjir EffendiPidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI
2016Anies BaswedanPidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI
2015Anies BaswedanPidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI
2014Mohammad NuhPidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI
2013Moh. NuhPidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI
2012Mohammad NuhPidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI

Kesimpulan

Pidato-pidato Hari Pendidikan Nasional adalah sumber inspirasi yang tak ternilai harganya bagi masyarakat Indonesia. Mereka mengingatkan kita akan pentingnya pendidikan dalam membangun masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan. Semua tokoh yang disebutkan di atas memiliki visi yang kuat tentang pentingnya pendidikan dalam pembangunan bangsa, dan kita semua dapat belajar dari mereka dalam usaha kita untuk meningkatkan sistem pendidikan Indonesia. Dengan semangat dan tekad, kita bisa memastikan bahwa pendidikan akan tetap menjadi tonggak kemajuan bangsa Indonesia. Selamat Hari Pendidikan Nasional!

Baca Juga: Bagaimana Profil Pelajar Pancasila?

Demikian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close