Bagaimana Cara Melestarikan Budaya Bangsa?

Bagaimana Cara Melestarikan Budaya Bangsa?

HermanAnis.com – Teman-teman semua, pembahasan kita kali ini adalah Bagaimana Cara Melestarikan Budaya Bangsa?

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hai adik-adik semua. Bagaimana kabarnya hari ini, semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap semangat. Pada Kesempatan ini kita akan belajar mengenai cara melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia.

adik-adik semua, telah kita ketahui bahwasannya bangsa Indonesia merupakan bangsa yang beragam. Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku, ras, dan agama. Keberagaman dalam masyarakat Indonesia membentuk beragam budaya yang harus dipelihara sebagai identitas dan kekayaan bangsa.

Berbagai Budaya Bangsa
Bagaimana Cara Melestarikan Budaya Bangsa?

Oleh karena itu, kita harus menjaga dan menghargai budaya tersebut, serta mempertahankan budaya bangsa kepada generasi penerus. Perbedaan budaya yang ada disekitar kita, sebaiknya tidak menjadi bahan perselisihan dan pertentangan.

Kita harus menghormati budaya dari daerah lainnya. Mengapa demikian? Hal ini bertujuan untuk menjaga kedaulatan negara dan ketentraman dalam hidup bermasyarakat. Serta melestarikan kebudayaan bangsa. Menghormati budaya ini juga termasuk salah satu cara kita dalam mengisi kemerdekaan.

Adapun sikap yang dapat kita lakukan untuk menghormati dan menghargai Budaya daerah lain sebagai berikut:

  1. tidak membangga-banggakan budaya sendiri.
  2. tidak menjelek-jelekkan budaya daerah lainnya
  3. mau menikmati pertunjukan budaya daerah lainnya, misalnya kita mengikuti festival budaya dari berbagai daerah yang ada di Indonesia dan
  4. mau mempelajari budaya daerah lainnya, misalnya kita mempelajari lagu-lagu daerah yang ada di Indonesia dan juga tarian-tarian daerah. Kita juga bisa mempelajarinya di sanggar-sanggar tari.

Cara Melestarikan Budaya Bangsa

Berikut ini cara kita dalam melestarikan budaya bangsa sebagai berikut:

  • mau menerima keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di masyarakat kita
  • mempelajari kesenian daerah lainnya
  • mengembangkan budaya daerah sendiri
  • mengadakan pertunjukan kesenian daerah

Berbicara mengenai keberagaman telah kita pelajari keberagaman yang ada di masyarakat. Selanjutnya Mari kita pelajari keberagaman di sekolah.

Bagaimana Cara Melestarikan Budaya Bangsa?

Selain di lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah juga memiliki keberagaman individu. Kalian tentu memiliki teman yang berasal dari daerah atau Suku yang berbeda.

Keberagaman tersebut harus disikapi dengan bijak, agar tercipta kerukunan sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia, masih ingatkah adik-adik semua dengan semboyan bangsa kita? Yah, Bhinneka Tunggal Ika” semboyan ini berarti “berbeda-beda tetapi tetap satu jua”.

Contoh sikap kita dalam menjaga kerukunan dalam keberagaman di sekolah antara lain sebagai berikut:

  1. Menerima perbedaan pendapat teman saat diskusi. Jadi kita tidak boleh memaksakan pendapat kita kepada teman, begitupun ketika teman berpendapat kita harus bisa menerimanya.
  2. tidak mengucilkan teman yang memiliki kebiasaan atau sifat tertentu
  3. Menjenguk teman yang sedang sakit
  4. Meminjamkan peralatan sekolah kepada teman, jika ada teman yang tidak membawa peralatan sekolah, kita bisa meminjamkannya dan
  5. Melerai dan saling mengingatkan saat ada teman yang berselisih pendapat.

Sumber:

  • Buku elektronik Kemendikbud

Adik-adik semua, demikian tadi materi kita tentang mengenai keberagaman dan bagaimana cara kita untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia.

=Baca Juga=

Semoga bermanfaat
wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: