Fenomena Planet Sejajar: Jam berapa & apa dampaknya bagi bumi?

2 min read

fenomena planet sejajar

HermanAnis.com – Teman-teman semua, pada kesempatan ini kita akan membahas tentang fenomena langit yang akan terjadi pada tanggal 24 Juni 2022, yakni Fenomena Planet Sejajar. Akan ada lima planet dalam tata surya yang akan terlihat sejajar.

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini.

Lima Planet yang akan berada dalam satu garis dalam fenomena ini adalah; Merkurius, Venus, Jupiter, Mars, dan Saturnus. Peristiwa ini akan bisa terlihat dengan mata telanjang.

Merkurius Fenomena Planet Sejajar 24 Juni 2022
Merkurius
Venus
Venus
Mars - Fenomena Planet Sejajar 24 Juni 2022
Mars
Jupiter
Jupiter
Jupiter - Fenomena Planet Sejajar 24 Juni 2022
Saturnus

Mengapa Fenomena Planet Sejajar disebut fenomena langka?

Mungkin ada yang bertanya, mengapa Fenomena Planet Sejajar disebut fenomena langka? Jawabnya, karena fenomena ini hanya terjadi 18 tahun sekali. Sehingga, peristiwa ini sayang untuk di lewatkan.

Fenomena ini terakhir kali terjadi pada tahun 2004 silam. Bagi teman-teman yang mungkin tidak sempat melihat fenomena ini nanti, tidak usah khawatir, ada rekamannya pasti.

Dipastikan, 18 tahun mendatang akan ada peristiwa serupa, dan bahkan, akan ada yang lebih indah lagi yakni, pada tanggal 6 Mei 2490 akan ada peristiwa 8 planet dalam tata surya kita akan berada dalam posisi sejajar. Jika kita dihitung, ya.. sekitar 470 tahun lagi.

Sebelum kita membahas fenomena ini terlalu jauh, kita bahas dulu apakah peristiwa ini memberikan dampak bagi bumi yah?

Baca Juga : Apa itu Pelangi dan Bagaimana Proses Terjadinya Pelangi?

Apakah Fenomena ini memberikan dampak bagi bumi?

Mungkin ada yang bertanya, apa yang terjadi jika 5 planet sejajar, 5 planet sejajar apa dampaknya, planet sejajar tanda apa, atau fenomena planet sejajar 24 juni apa dampaknya bagi bumi? Berikut penjelasan untuk menjawabnya.

Terkait dengan fenomena ini, berkembang di masyarakat anggapan bahwa:

  • Ada pendapat yang mengatakan kalau fenomena ini akan memiliki dampak pada bumi. Dampak tersebut di sebabkan oleh Gravitasi akibat kesejajaran planet, dan ini akan membuat terjadinya bencana di bumi.
  • Ada juga penjelasan yang mengatakan, akan ada gaya Gravitasi yang besar, sehingga dapat memicu adanya ombak besar dari laut yang akan menyebabkan Tsunami.
  • Kesejajaran planet akan menyebabkan Gravitasi antar planet saling menguatkan, dan bisa memicu ketidakstabilan kehidupan di Bumi.

Semua pernyataan itu, tidak bisa dipercaya. Pernyataan ini tidak berdasar sama sekali, dan tentu tidak akan terjadi. Oleh karena, gaya Gravitasi planet-planet terhadap bumi sangat lemah, sehingga tidak akan memiliki efek yang signifikan terhadap Bumi.

Jadi kalau ada penjelasan yang mengatakan kalau fenomena ini berbahaya dan dapat menimbulkan bencana, sudah dapat di pastikan kalau itu hoax yah…

Kesimpulannya, fenomena palnet sejajar tidak memberikan dampak apapun bagi bumi.

Apakah 5 Planet dalam fenomena ini benar-benar sejajar?

Walaupun fenomena ini di katakan sebagai kesejajaran planet, namun sebenarnya lima Planet tidak akan berada dalam segaris lurus.

Karena menurut para ilmuwan seluruh planet di tata surya kita ini, tidak akan pernah bisa berbaris dalam satu garis lurus sempurna. Seperti yang di tampilkan dalam ilustrasi berikut.

Fenomena Planet Sejajar 24 Juni 2022

Hal itu dapat terjadi di karenakan seluruh planet di tata surya ini, tidak mengitari matahari dalam satu bidang yang sama. Melainkan memiliki inklinasi atau kemiringan bidang orbit yang berbeda-beda.

Jadi Walaupun memang di sebut kesejajaran planet, namun sebenarnya lima Planet yang akan terlihat pada fenomena 24 juni 2022 nanti sebenarnya tidak benar-benar lurus sejajar.

Meskipun begitu, fenomena ini tetap indah untuk saksikan. Apalagi dapat di saksikan dengan mata telanjang.

Dalam fenomena ini, Teman-teman yang ingin menyaksikannya secara langsung jangan berekspektasi tinggi atau berharap menyaksikan seluruh planet dengan sangat jelas.

Oleh karena, dalam fenomena ini hanya planet Venus dan Jupiter yang paling mudah untuk dapat di lihat dengan mata telanjang.

Karena ketiga planet lainnya akan tampak lebih redup, dan hanya menyajikan pemandangan titik cahaya yang redup di langit.

Baca Juga: Apa yang menjadi Objek Pengamatan IPA?

Kapan waktu yang paling pas untuk melihat Fenomena Planet Sejajar ini?

Jika ada yang bertanya, 5 planet sejajar jam berapa atau kapan waktu yang paling pas untuk melihat Fenomena Planet Sejajar ini? berikut penjelasannya.

Apakah bisa peristiwa ini di amati dari Indonesia? Peneliti astronomi dan astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Clara Yenitin mengatakan bahwa fenomena langka lima Planet sejajar ini bisa di lihat juga dari Indonesia.

Bahkan kita bisa mengamatinya dengan mata langsung atau tanpa bantuan alat pencitraan seperti teropong. Fenomena ini akan terlihat mulai pada tanggal 23 sampai 24 Juni 2022.

  • Planet Mars dan Jupiter mulai terlihat sekitar 02.45 pagi,
  • Venus berada tepat di atas Cakrawala sekitar pukul 04.00 pagi,
  • Saturnus mulai naik di atas Cakrawala sekitar pukul 01.30, namun Saturnus akan terlihat lebih redup,
  • Merkurius akan menjadi yang paling sulit di temukan karena baru terbit sekitar 04.30 pagi dan kalah terang dengan cahaya matahari.

Olehnya itu, waktu yang tepat melihat lima Planet sejajar bersamaan adalah saat setelah Merkurius terbit. Waktu terbaik dalam menyaksikannya adalah 45 menit sebelum matahari terbit, tepatnya adalah sekitar 04.30 pagi.

Baca Juga: Mengapa Matahari Disebut Sebagai Sumber Energi Terbesar Di Bumi?

Bagaimana cara mengamati fenomena ini?

Meskipun fenomena ini dapat teramati dengan mata telanjang, namun untuk mendapatkan pengalaman pengamatan yang lebih baik, tentu anda harus menggunakan teleskop. Selain itu, untuk mengamati fenomena 18 tahun sekali ini, maka teman-teman harus bangun saat dini hari.

Baca Juga: Sumber Energi Terbarukan dan Tak Terbarukan

Terima kasih telah membaca artikel ini.
semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *