Keterampilan Komunikasi

Keterampilan Komunikasi

HermanAnis.com – Teman-teman semua, dalam kesempatan ini kita akan membahas satu topik dalam keterampilan abad 21 yakni keterampilan atau kemampuan komunikasi. Keterampilan komunikasi adalah kemampuan untuk mengirim, menerima, dan memproses informasi secara efektif melalui berbagai saluran komunikasi.

A. Pengertian Komunikasi menurut ahli

Komunikasi adalah proses pertukaran informasi, gagasan, dan emosi antara dua atau lebih individu atau kelompok melalui berbagai medium dan saluran. Berikut adalah pengertian komunikasi menurut beberapa ahli:

  1. Harold Lasswell:
    “Komunikasi adalah siapa yang mengatakan apa, melalui saluran apa, kepada siapa, dengan efek apa.”
  2. Shannon dan Weaver:
    “Komunikasi adalah proses yang melibatkan pengiriman pesan dari sumber ke penerima melalui saluran yang di terima oleh penerima dalam bentuk pesan yang sama dengan yang di kirim oleh sumber.”
  3. Wilbur Schramm:
    “Komunikasi adalah proses di mana seseorang atau kelompok menciptakan, mengirim, menerima, dan memproses pesan yang di maksudkan untuk mempengaruhi pikiran, perasaan, atau tindakan orang lain.”
  4. Michael Burgoon:
    “Komunikasi adalah proses melalui mana orang membangun, memelihara, dan mengubah hubungan sosial.”
  5. Theodore Levitt:
    “Komunikasi adalah proses saling mengerti dan saling mengembangkan makna di antara individu atau kelompok.”

Pengertian-pengertian di atas menggambarkan komunikasi sebagai proses pertukaran pesan dan makna yang melibatkan pengirim, pesan, saluran, penerima, dan konteks. Komunikasi juga melibatkan berbagai aspek, seperti bahasa, non-verbal, dan aspek psikologis serta sosial.

Baca Juga:
Keterampilan Kolaborasi

C. Pengertian Keterampilan Komunikasi

Keterampilan komunikasi adalah kemampuan individu untuk mengirim, menerima, dan memproses informasi secara efektif melalui berbagai saluran komunikasi. Keterampilan komunikasi melibatkan keterampilan verbal dan non-verbal, serta kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dalam berbagai konteks sosial dan budaya.

Berikut adalah beberapa elemen penting dalam keterampilan komunikasi:

  1. Mendengarkan:
    kemampuan untuk mendengarkan secara aktif, memahami pesan yang di sampaikan, dan memberikan umpan balik yang tepat.
  2. Berbicara:
    kemampuan untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan secara jelas dan terorganisir, menggunakan bahasa yang tepat dan mempertimbangkan audiens.
  3. Menulis:
    kemampuan untuk mengekspresikan pikiran dan ide secara tertulis dengan jelas dan teratur, serta menggunakan bahasa dan format yang sesuai dengan audiens.
  4. Membaca:
    kemampuan untuk memahami dan menafsirkan teks secara efektif, serta mengidentifikasi pesan utama dan detail penting dalam teks.
  5. Bahasa tubuh:
    kemampuan untuk memahami dan mengirimkan pesan melalui bahasa tubuh, seperti gerakan, ekspresi wajah, dan kontak mata.
  6. Penggunaan media:
    kemampuan untuk menggunakan media sosial dan teknologi komunikasi lainnya dengan bijaksana dan efektif.
  7. Kemampuan beradaptasi:
    kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dalam berbagai situasi sosial dan budaya, serta mengubah gaya komunikasi sesuai dengan audiens.

Keterampilan komunikasi yang baik dapat membantu individu dalam kehidupan pribadi dan profesional, seperti membantu dalam membangun hubungan, menciptakan kolaborasi yang efektif, dan mengatasi konflik. Keterampilan komunikasi yang efektif juga sangat penting dalam karir, terutama dalam posisi yang membutuhkan interaksi dengan orang lain, seperti manajemen, penjualan, dan pelayanan pelanggan.

Baca Juga:
Keterampilan pemecahan masalah

C. Indikator Kemampuan komunikasi

Indikator kemampuan komunikasi yang umumnya di gunakan dalam konteks pendidikan dan pengajaran dapat meliputi:

  1. Kemampuan Menyimak atau Mendengarkan: Kemampuan untuk memahami dan memproses informasi secara efektif ketika mendengarkan pembicaraan atau presentasi.
  2. Kemampuan Berbicara atau Berbicara di Depan Umum: Kemampuan untuk mengungkapkan pikiran, pendapat, atau ide secara jelas, konsisten, dan efektif dalam percakapan sehari-hari atau dalam situasi presentasi di depan publik.
  3. Kemampuan Menulis: Kemampuan untuk menghasilkan tulisan yang jelas, terstruktur, dan dapat di pahami dengan baik oleh pembaca.
  4. Kemampuan Membaca: Kemampuan untuk memahami dan menafsirkan informasi dari bahan bacaan.
  5. Kemampuan Berpikir Kritis: Kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menyusun argumen secara kritis.
  6. Kemampuan Memahami Bahasa Tubuh: Kemampuan untuk memahami pesan yang di sampaikan melalui bahasa tubuh, seperti ekspresi wajah, gerakan tubuh, dan nada suara.
  7. Kemampuan Berinteraksi Sosial: Kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain secara efektif dan membangun hubungan interpersonal yang baik.

Nah, Indikator ini dapat menjadi acuan dalam mengukur kemampuan komunikasi seseorang, baik dalam lingkungan pendidikan maupun lingkungan kerja. Namun, perlu di ingat bahwa kemampuan komunikasi bukan hanya tentang menguasai keterampilan teknis, tetapi juga melibatkan keterampilan sosial dan emosional, seperti empati, kesabaran, dan kemampuan untuk mendengarkan dengan baik.

Demikian semoga bermanfaat,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
Index