Desain Pembelajaran Inovatif

Desain Pembelajaran Inovatif

HermanAnis.com. Teman-teman semua, pada bahasan kali ini kita akan membahas tentang desain pembelajaran inovatif. Desain pembelajaran inovatif merupakan sebuah persiapan pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan unsur unsur pembelajaran abad 21. Bagi teman-teman yang berprofesi sebagai tenaga pendidik, ini penting untuk di ketahui dalam mendukung pembelajaran.

Baca Juga: Soal Pedagogik PPG

Salah satu tuntutan guru abad 21 adalah guru harus dapat berinovasi untuk memenuhi kebutuhan dan tututan profesi. Inovasi dalam pembelajaran perlu dilakukan sebagai bentuk adaptasi terhadap perkembangan dan kebutuhan pembelajaran.

Baca Juga: Rencana Aksi PPG

A. Pengertian Desain Pembelajaran

Menurut Smith & Ragan (1999), rancangan atau desain pembelajaran adalah proses sistematis dalam mengartikan prinsip belajar dan pembelajaran ke dalam pedoman untuk bahan dan aktivitas pembelajaran.

Sedangkan menurut Reigeluth (1983) desain pembelajaran yaitu suatu sistem pengembangan setiap unsur atau komponen pembelajaran, meliputi; tujuan, isi, metode, dan pengembangan evaluasi.

Kemudian menurut Gagne, Briggs, dan Wager (1992) desain pembelajaran adalah penyiapan kondisi eksternal peserta didik secara sistematis yang menggunakan pendekatan sistem guna meningkatkan mutu kinerjanya.

Sejalan dengan itu, Reiser (2002) mengatakan bahwa desain pembelajaran berbentuk rangkaian prosedur sebagai suatu sistem untuk pengembangan program pendidikan dan pelatihan secara konsisten dan teruji.

Dick & Carey (2005) menegaskan desain pembelajaran mencakup seluruh proses yang di laksanakan dengan pendekatan sistem. Pendekatan sistem itu sendiri meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.

Dari beberapa pengertian di atas, dapat di simpulkan bahwa desain pembelajaran adalah suatu prosedur sistematis yang terdiri dari beberapa komponen menjadi satu kesatuan yang saling terkait dan mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu secara konsisten dan teruji.

Baca Juga: Penentuan Solusi LK 2.2

B. Apa itu Pembelajaran Inovatif?

Secara garis besar bahwa pembelajaran inovatif adalah program pembelajaran yang langsung memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi oleh kelas berdasarkan kondisi kelas. Sehingga, program pembelajaran inovatif ini akan memberi sumbangan dalam meningkatkan mutu pemeblajaran, sekolah, dan pendidikan di Indonesia.

Desain pembelajaran inovatif adalah merupakan sebuah persiapan pelaksanaan pembelajaran yang mana dituangkan dalam sebuah perencanaan dan menerapkan unsur unsur pembelajaran abad 21. Selain itu desain pembelajaran inovatif dalam hal ini di maknai sebagai aktivitas persiapan pelaksanaan pembelajaran.

Dimana di dalamnya menerapkan unsur-unsur pembelajaran abad 21 dan terintegrasi dalam komponen maupun tahapan pembelajaran yang akan di laksanakan untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.

Baca Juga: Eksplorasi Alternatif Solusi Permasalahan Pembelajaran

C. Unsur-unsur dalam Desain pembelajaran Inovatif

Dalam desain pembelajaran inovatif ada beberapa unsur yang menjadi acuan kita sebagai guru yang inovatif yaitu

  1. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
  2. Adanya kolaborasi antara guru dengan peserta didik
  3. Kompetensi Abad 21 atau 4C (Comunication, Collaboration, Critical Thinking, Creativity)
  4. Berorientasi pada High Order Thingking Skill (HOTS)
  5. TPACK (Technology Pedagogical and Content Knowledge).
  6. Berbasis pada STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics)
  7. Kemampuan Literasi

1. Unsur pembelajaran inovatif 1 – Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) terdiri dari religius, nasionalisme, integritas, mandiri, dan gotong royong.

Jadi peserta didik tidak cukup hanya kaya akan pengetahuan tetapi memiliki akhlak yang baik adalah sebuah kesempurnaan dalam mencapai tujuan pendidikan.

Baca Selengkapnya: Penguatan Pendidikan Karakter

2. Unsur pembelajaran inovatif 2 -Adanya kolaborasi antara guru dengan peserta didik

Adanya kolaborasi antara guru dengan peserta didik. Artinya dalam sebuah pembelajaran tidak boleh hanya berpusat kepada guru sedangkan peserta didik hanya bersifat pasif.

Sebaliknya meskipun berpusat pada peserta didik tetapi guru tidak bisa lepas tangan begitu saja. Guru harus menjadi seorang fasilitator dalam sebuah pembelajaran.

3. Unsur pembelajaran inovatif 3 -Kompetensi Abad 21 atau 4C (Comunication, Collaboration, Critical Thinking, Creativity)

4C Keterampilan Abad 21 merupakan keterampilan-keterampilan yang harus dimiliki peserta didik agar dapat survive di era Revolusi Industri 4.0 sekarang ini, dan berhasil masa mendatang. Keterampilan 4C ini terdiri dari; Creativity Thinking and innovation, Critical Thinking and Problem Solving, Communication, dan Collaboration.

Baca Selengkapnya: 4C Keterampilan Abad 21 yang harus dimiliki Peserta Didik

4. Unsur pembelajaran inovatif 4 -Berorientasi pada High Order Thingking Skill (HOTS)

Guru harus memberikan segalanya untuk memberikan pembelajaran yang berorientasi pada hots ini. Bagaimanapun juga kita tidak bisa langsung kesana tanpa melalui low order thingking skill (lots) terlebih dahulu.

Maksudnya tidak boleh seorang guru hanya berpuas diri ketika peserta didik sudah mencapai titik minimum melainkan harus lebih tinggi lagi guna mencapai kompetensi maksimum dalam sebuah pembelajaran.

Seorang peserta didik tidak akan pernah mampu menganalisis sebuah permasalahan tanpa adanya pemahaman dari sesuatu yang sifatnya definitif.

Baca Selengkapnya: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) dalam Konteks Pembelajaran Abad 21

5. Unsur pembelajaran inovatif 5 -TPACK (Technology Pedagogical and Content Knowledge)

Sebagai guru selain melaksanakan kompetensi pedagogik juga harus menerapkan teknologi sebagai bekal peserta didik menyambut era revolusi Industri 4.0. Dimana, pekerjaan yang dilakukan manusia mulai bergeser kepada teknologi digital dan lebih canggih dari pada mesin mekanik.

Baca selengkapnya: Pengetahuan TPACK – Framework Pengetahuan Guru & PCK (Pedagogical Content Knowledge)

6. Unsur pembelajaran inovatif 6 -Berbasis pada STEAM (Sains Teknologi Engineering Art Mathematic)

Sangat sulit memang untuk mengintegrasikan kelima unsur tersebut dalam sebuah pelaksanaan pembelajaran. Namun kita sebagai guru harus melihat karakteristik setiap kompetensi dasar yang akan kita capai.

Pada prinsipnya kalau tidak bisa mengintegrasikan semuanya jangan membuang semuanya. Artinya suatu ketika kita mengintegrasikan teknologi dan engineering dalam suatu pembelajaran.

Pada pertemuan berikutnya berganti dengan Mathematic dan seni. Bahkan ada kalanya hanya Sains yang dapat kita integrasikan itu bukan menjadi sebuah permasalahan.

Baca Selengkapnya : Pendidikan STEM & STEAM

7. Unsur pembelajaran inovatif 7 -Pembelajaran Neurosains

Pembelajaran Neurosains merupakan pelaksanaan pembelajaran yang memperhatikan kondisi otak peserta didik supaya bekerja secara maksimal sehingga dapat menunjang kesuksesan dalam hasil belajar peserta didik.

8. Unsur pembelajaran inovatif 8 -Kemampuan Literasi

Teman-teman semua, penguasaan enam literasi dasar yang di sepakati oleh World Economic Forum pada tahun 2015 sangat penting bagi peserta didik, bagi orang tua, dan seluruh warga masyarakat. Enam literasi dasar tersebut mencakup;

  1. literasi baca tulis,
  2. literasi numerasi,
  3. literasi sains,
  4. literasi digital,
  5. literasi finansial, dan
  6. literasi budaya dan kewargaan.

Baca Selengkapnya : Pembelajaran “Blended Learning” & Eksplorasi Alternatif Solusi PPG 2022

D. Model model Pembelajaran Inovatif

Pembahasan kita awali dengan dalam platform Rumah Belajar Kemendikbud RI, setidaknya ada 6 model pembelajaran inovatif. Ke model tersebut adalah:

  • Model Pembelajaran DiscoveryInquiry
  • Project based learning (PjBL)
  • Flipped classroom
  • Blended learning dengan blog
  • Berbasis gim
  • Self organized learning environments (sole)

Baca Selengkapnya: Model model Pembelajaran Inovatif

Sebenarnya masih banyak model lain, namun dalam bahasan kali ini kita akan fokus pada bagaimana merancang pembelajaran yang inovatif.

E. Desain Pembelajaran Inovatif Abad 21

Seorang guru di era industri 4.0 abad 21 di harapkan mampu menjadi agen pembaruan. Pembaruan yang saudara lakukan bisa di mulai dari aktivitas perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, evaluasi hingga tindak lanjutnya.

Untuk itu, Pendidik perlu memahami beberapa karakteristik desain pembelajaran inovatif abad 21 yang akan di terapkan dalam RPP.

Penerapan unsur-unsur terbaru dalam komponen RPP terletak pada:

  1. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK),
  2. Tujuan Pembelajaran,
  3. Kegiatan Pendahuluan, Inti, dan
  4. Penutup Pembelajaran, serta
  5. Penilaian Pembelajaran.

Hal itu sejalan dengan rencana penguatan karakter siswa pada kurikulum 2013 (Kemdikbud, 2018). Pembedanya adalah pada unsur TPACK dan Neuroscience sebagai payung konsep pendekatan maupun model pembelajaran yang di pilih dalam desain pembelajaran dan juga adanya STEAM.

Berikut ini karakteristik desain pembelajaran inovatif abad 21 beserta penerapannya dalam RPP, yaitu:

  1. Kolaborasi peserta didik dan guru
  2. Berorientasi HOTS
  3. Mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT)
  4. Berorientasi pada keterampilan belajar dan mengembangkan Keterampilan Abad 21 (4C)
  5. Mengembangkan kemampuan literasi
  6. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

Baca Juga Artikel Terkait:

1. Kolaborasi peserta didik dan guru dalam Model model Pembelajaran Inovatif

Pada era industry 3.0, orientasi pembelajaran berpusat pada peserta didik. Orientasi ini berangkat dari paradigma bahwa peserta didik merupakan subjek aktif baik secara individu maupun kolektif.

Pada era industri 4.0 ini, orientasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik telah berubah menjadi pembelajaran kolaborasi antara peserta didik dan guru.

Ciri desain pembelajaran yang berpusat pada peserta didik maupun kolaboratif biasanya tampak pada komponen tujuan, pilihan strategi pembelajaran, dan langkah-langkah kegiatan pembelajaran dalam RPP.

Untuk itu, Pendidik harus mencermati kalimat rumusan tujuan dan kalimat-kalimat kegiatan pembelajarannya di RPP. Pendidik harus mampu membedakan berbagai pendekatan, model, maupun metode pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, kolaborasi, atau selainnya.

Tabel 1. Perbandingan 3 Orientasi Pembelajaran dalam Rumusan Tujuan Pembelajaran

Desain Pembelajaran Inovatif - Perbandingan 3 Orientasi Pembelajaran dalam Rumusan Tujuan Pembelajaran

Ciri berikutnya, RPP yang berorientasi kolaborasi peserta didik dan guru akan tampak pada pemilihan pendekatan, model, dan metode pembelajaran yang tepat. Untuk pendekatan pembelajaran yang tepat, bisa di pilih :

  1. Saintifik atau STEAM.
  2. Problem based learning,
  3. Project based learning,
  4. Cooperative learning,
  5. Contextual learning,
  6. Digital learning, atau
  7. Blended learning

Baca Selengkapnya: Model Pembelajaran ‘Blended Learning’

atau pilihan model pembelajaran lain yang sesuai.

Adapun metode pembelajaran yang berorientasi kolaborasi peserta didik dan guru dapat di lakukan dengan tanya jawab, diskusi, demontrasi, bermain peran, simulasi, permainan, praktek, latihan, penemuan, atau eksperimen.

Ciri lainnya yang tampak dalam RPP ada pada langkah-langkah pembelajaran. Berikut contoh deskripsi kegiatan pembelajaran yang berorientasi kolaborasi peserta didik dan guru, kegiatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dan berpusat pada guru.

Tabel 2. Perbandingan 3 Orientasi Pembelajaran dalam Deskripsi Kegiatan Pembelajaran

Desain Pembelajaran Inovatif -Perbandingan 3 Orientasi Pembelajaran dalam Deskripsi Kegiatan Pembelajaran

2. Berorientasi HOTS

HOTS (Higher Order Thinking Skill) atau keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah proses berpikir kompleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar.

HOTS menunjukkan pemahaman terhadap informasi dan bernalar (reasoning) bukan hanya sekedar mengingat informasi (Resnick: 987)

Untuk memperjelas pemahaman Saudara tentang HOTS, berikut ini di sajikan tabel hubungan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan.

Tabel 3. Hubungan Level Kognitif dan Dimensi Pengetahuan

Hubungan Level Kognitif dan Dimensi Pengetahuan

Adapun ciri desain pembelajaran inovatif yang berorientasi HOTS dalam komponen RPP, yaitu: Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) sebagai jabaran Kompetensi Dasar (KD), Tujuan, Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran, dan Penilaian Pembelajaran dalam RPP.

a. Ciri pertama,

RPP yang berorientasi HOTS terdapat pada komponen IPK. Hal ini di tandai dengan penggunaan kata kerja operasional sesuai perkembangan berpikir tingkat tinggi sebagaimana contoh berikut ini.

Tabel 4. Contoh Penerapan HOTS dalam Indikator Pencapaian Kompetensi

Desain Pembelajaran Inovatif - Contoh Penerapan HOTS dalam Indikator Pencapaian Kompetensi

Dari contoh tersebut, dapat di cermati bahwa indikator 3.3.1 bukan termasuk HOTS karena kata kerja yang di pakai masih pada tingkat berfikir rendah C1. Adapun indikator lainnya sudah HOTS karena menggunakan kata kerja tingkat berfikir tinggi C6.

b. Ciri kedua,

Desain pembelajaran inovatifyang berorientasi HOTS ada pada rumusan tujuan pembelajaran dalam RPP. Berikut ini contoh rumusan tujuan pembelajaran yang berorientasi HOTS atau tidak.

Tabel 5. Contoh Penerapan HOTS dalam Tujuan Pembelajaran

Desain Pembelajaran Inovatif - Contoh Penerapan HOTS dalam Tujuan Pembelajaran

Coba perhatikan, mengapa tujuan pembelajaran 2 dan 3 pada kolom sisi kanan berorientasi HOTS? Benar sekali, tujuan pembelajaran 2 dan 3 tersebut beroritentasi HOTS sebab sudah menggunakan kata kerja operasional dengan kategori berpikir tingkat tinggi pada level C4 dan C5.

c. Ciri ketiga,

Komponen RPP yang berorientasi HOTS ada pada langkah-langkah pembelajarannya. Integrasi HOTS bisa di lakukan pada Kegiatan Pendahuluan, Kegiatan Inti, maupun Kegiatan Penutup. Berikut ini contoh integrasi HOTS tersebut.

Tabel 6. Contoh Penerapan HOTS dalam Deskripsi Kegiatan Pembelajaran

Desain Pembelajaran Inovatif - Contoh Penerapan HOTS dalam Deskripsi Kegiatan Pembelajaran

d. Ciri keempat,

RPP yang berorientasi HOTS ada pada komponen penilaian. Integrasi HOTS pada penilaian biasanya tercermin pada instrumen penilaian yang di gunakan, baik berupa tes maupun non tes.

Untuk membuat instrumen tes yang berorientasi HOTS, perlu di perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  • Menganalisis KD yang dapat di buat soal-soal HOTS
  • Tidak semua KD dapat di buatkan model-model soal HOTS.
  • Menyusun kisi-kisi soal,
    Secara umum, kisi-kisi tersebut di perlukan untuk memandu guru dalam: (1) memilih KD yang dapat di buat soal-soal HOTS, (2) memilih materi pokok yang terkait dengan KD yang akan di uji, (3) merumuskan indikator soal, dan (4) menentukan level kognitif.
  • Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual.
  • Menulis butir pertanyaan sesuai dengan kisi-kisi soal.
  • Membuat pedoman penskoran (rubrik) atau kunci jawaban.

3. Mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT)

Pengintegrasian ICT di segala bidang adalah suatu keniscayaan yang harus di laksanakan di Era Industri 4.0 ini. Demikian pula dalam bidang pendidikan, desain pembelajaran inovatif tentunya semaksimal mungkin mengintegrasikan ICT.

Penggunaan laptop, HP, atau gawai lainnya oleh guru maupun siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas maupun di luar kelas merupakan wujud dari integrasi ICT. Ciri desain pembelajaran inovatif yang mengintegrasikan ICT dalam RPP ada pada komponen Tujuan Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran, pilihan Media dan atau Sumber Belajarnya.

Berikut contoh rumusan Tujuan Pembelajaran yang mengintegrasikan ICT maupun yang tidak.

Tabel 7. Contoh Integrasi ICT dalam Tujuan Pembelajaran

Model model Pembelajaran Inovatif - Contoh Integrasi ICT dalam Tujuan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan ICT pada komponen langkah-langkah pembelajaran dalam RPP dapat di lihat pada contoh berikut ini.

Tabel 8. Contoh Integrasi ICT dalam Deskripsi Kegiatan Pembelajaran

Desain Pembelajaran Inovatif - Contoh Integrasi ICT dalam Deskripsi Kegiatan Pembelajaran

Ciri-ciri desain pembelajaran inovatif yang mengintegrasikan ICT dapat juga di telusuri dari penggunaan media atau sumber belajar guru dalam RPP. Penggunaan media dan sumber belajar ini tidak hanya untuk kegiatan pembelajaran tapi bisa juga berfungsi sebagai instrument penilaian.

Contoh Sumber Belajar:

  1. Lingkungan Sekitar
  2. Kartu fungsi bagian tumbuhan
  3. Kartu bagian tumbuhan
  4. Bahan ajar tentang kata tanya
  5. LCD dan laptop
  6. Google form untuk kuis/jawab soal

4. Berorientasi pada keterampilan belajar dan mengembangkan Keterampilan Abad 21 (4C)

Keterampilan belajar merupakan suatu teknik yang di gunakan untuk memperoleh, mempertahankan, serta mengungkapkan pengetahuan dan merupakan cara untuk menyelesaikan persoalan belajarnya.

Dalam memperoleh keterampilan belajar, siswa di arahkan untuk mampu menyadari bagaimana cara belajar yang terbaik sehingga menjadi lebih bertanggung jawab terhadap kegiatan belajarnya baik secara individu maupun kelompok (Conny Semiawan, 1992).

Selanjutnya di katakan bahwa, ada 4 unsur utama dalam keterampilan belajar, yaitu: transformasi persepsi belajar, keterampilan manajemen pribadi, interpersonal dan kerjasama tim, serta kesempatan bereksplorasi.

Unsur yang serupa meski tidak sama ada pada tuntutan keterampilan abad 21 terutama 4C (Creativity, Collaboration, Critical Thingking, dan Communication). Untuk mewujudkan 2 hal di atas, guru dapat menerapkan model, pendekatan, dan metode pembelajaran yang tepat dalam RPP.

Integrasi keterampilan belajar dan keterampilan abad 21 dalam RPP juga dapat di wujudkan pada langkah-langkah kegiatan belajar sebagaimana contoh berikut:

Tabel 9. Contoh Integrasi ICT dalam Kegiatan Pembelajaran

Desain Pembelajaran Inovatif - Contoh Integrasi ICT dalam Kegiatan Pembelajaran

5. Mengembangkan kemampuan literasi

Teman-teman semua, penguasaan enam literasi dasar yang di sepakati oleh World Economic Forum pada tahun 2015 sangat penting bagi peserta didik, bagi orang tua, dan seluruh warga masyarakat. Enam literasi dasar tersebut mencakup;

  1. literasi baca tulis,
  2. literasi numerasi,
  3. literasi sains,
  4. literasi digital,
  5. literasi finansial, dan
  6. literasi budaya dan kewargaan (Kemdikbud, 2017).

Desain pembelajaran inovatif yang mengembangkan kemampuan 6 literasi ini dapat di wujudkan dengan menerapkan konsep Neuroscience dan TPACK dalam RPP pada aktivitas pembelajaran. Contohnya secara singkat sebagai berikut:

Tabel 10. Contoh Penerapan unsur TPACK dan Kemampuan Literasi dalam Kegiatan Pembelajaran

Contoh Penerapan unsur TPACK dan Kemampuan Literasi dalam Kegiatan Pembelajaran

6. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

Terdapat lima nilai karakter utama dalam PPK yang bersumber dari Pancasila, yaitu; religiusitas, nasionalisme, integritas (kejujuran), kemandirian, dan gotongroyong. PPK dapat di capai melalui aktivitas berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, dan berbasis masyarakat.

PPK berbasis budaya sekolah berupa kegiatan 6 literasi, sedangkan PPK berbasis kelas berupa pembelajaran tematik yang menggunakan kompetensi abad 21 terutama 4C, serta keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) (Kemdikbud, 2018).

RPP yang mengintegrasikan PPK ada pada komponen Tujuan Pembelajaran dan Deskripsi Langkah-langkah Kegiatan Pembelajarannya. Berikut ini contoh rumusan Tujuan Pembelajaran yang menerapkan PPK:

Tabel 11. Contoh Penerapan unsur PPK dalam Tujuan Pembelajaran

Contoh Penerapan unsur PPK dalam Tujuan Pembelajaran

Adapun contoh penerapan PPK pada bagian langkah-langkah aktivitas pembelajarannya, yaitu:

Tabel 12. Contoh Penerapan unsur PPK dalam Deskripsi Kegiatan Pembelajaran

Contoh Penerapan unsur PPK dalam Deskripsi Kegiatan Pembelajaran

Sumber Rujukan
Estu Miyarso. 2019. Modul 4. Perancangan Pembelajaran Inovatif. PPG Kemdikbud.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close