Cara Daftar SNMPTN 2021, pendaftaran akan ditutup tanggal 24 Februari 2021

HermanAnis.com-Berikut ini adalah tulisan tentang tata cara daftar SNMPTN 2021. Untuk memperoleh informasi tentang pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri secara lengkap silahkan anda login pada laman https://portal.ltmpt.ac.id. Penutupan pendaftaran SNMPTN 2021 oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) adalah tanggal 24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB.

Catatan buat pembaca:
Pada setiap tulisan dalam www.hermananis.com, semua tulisan yang berawalan “di” sengaja dipisahkan dengan kata dasarnya satu spasi, hal ini sebagai penciri dari website ini

Jadwal Kegiatan SNMPTN 2021

Jadwal kegiatan SNMPTN 2021 dapat di lihat pada gambar berikut ini,

Panduan Cara Daftar SNMPTN

Cara Pendaftaran SNMPTN 2021

Pendaftar SNMPTN 2021 harus login pada laman SBMPTN 2021 yaitu https://snmptn.ltmpt.ac.id. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai lembaga yang di tunjuk pemerintah untuk menyelenggarakan seleksi mahasiswa baru mengimbau kepada semua peserta untuk login agar menggunakan laptop atau komputer yang sama dengan yang di gunakan saat melakukan pendaftaran pada laman https://portal.ltmpt.ac.id.

Hal ini untuk menghindari kesalahan yang dapat terjadi pada saat pengisian data. Setiap peserta perlu memastikan jaringan internet yang di gunakan pada saat melakukan pendaftaran dalam keadaan stabil.

Untuk di ketahui, tidak semua siswa dapat mendaftar SNMPTN, hanya siswa yang sudah memiliki akun di LTMPT, akunnya sudah permanen, termasuk salah satu siswa yang di nyatakan eligible oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap yang dapat mendaftar di SNMPTN.

Berikut ini tahapan Cara Daftar SNMPTN 2021 berdasarkan panduan SNMPTN 2021 yang telah di rilis oleh LTMPT sebagai berikut:

Login Siswa

Langkah pertama, silakan anda login pada laman https://snmptn.ltmpt.ac.id. Pastikan Portal LTMPT akan tampil seperti pada gambar di bawah ini:

Login Cara Daftar SNMPTN

Setelah tampil, silahkan masukkan Email dan Password pada form login di atas pada laman https://snmptn.ltmpt.ac.id. Email dan Password yang di maksud adalah yang telah di daftarkan dan di verifikasi pada portal LTMPT.

Jika Anda tidak memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, maka akan muncul pesan “Mohon maaf, Anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2021, silahkan mengikuti SBMPTN 2021”

Pengisian profil

Halaman profil berisi informasi biodata. Data biodata ini diambil dari data yang telah diisikan diportal LTMPT, seperti Nama, NISN, NPSN Sekolah, dan Asal Sekolah. Isian tersebut tidak dapat diubah pada aplikasi pendaftaran SNMPTN.

Silahkan anda mengisi kolom Kelengkapan Data Orang Tua pada halaman profil, seperti penghasilan orang tua (pada laman sudah ada rentang pilihan penghasilan orang tua), serta Jumlah Tanggungan Orang Tua.

Pilihan Program Studi (Prodi)

Bagian ini merupakan bagian anda memilih salah satu PTN/Politeknik Negeri dari daftar yang disediakan pada kolom Pilihan PTN/Politeknik Negeri, setelah itu silahkan memilih Prodi yang diminati. Prodi yang akan muncul hanya Prodi yang memperbolehkan jurusan dari SMA/SMK/MA asal siswa untuk mendaftar.

Setiap siswa dapat memilih dua Prodi dari satu PTN/Politeknik Negeri atau dua PTN/Politeknik Negeri. Jika anda memilih dua Prodi, maka salah satu Prodi tersebut harus berada di PTN/Politeknik Negeri pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya.

Portofolio

Silahkan anda mengisi portofolio diri dengan memilih Choose File untuk memilih file yang akan di upload kemudian tekan tombol SIMPAN. Terdapat beberapa prodi yang mensyaratkan untuk mengisikan portofolio, seperti Seni Tari yang di haruskan mengupload video tari dan lain sebagainya.

Jika prodi yang di pilih tidak mensyaratkan adanya portofolio maka halaman pada gambar di atas akan kosong (hanya muncul header Portofolio saja). Untuk melihat instruksi dan kebutuhan portofolio silakan Unduh Instruksi dan Unduh Dokumentasi yang di sediakan. Silahkan unduh PPT untuk mengunduh PPT portofolio yang sudah anda upload.

Prestasi

Isian prestasi bersifat tidak wajib di isikan, artinya jika memang tidak memiliki prestasi dengan Bidang dan Tingkat Prestasi yang di syaratkan pada pilihan, halaman ini bisa di kosongkan. Prestasi yang bisa di isikan pada halaman ini maksimal 3.

Selanjutnya, silahkan anda upload Bukti Prestasi dengan menekan tombol Choose File dan pilih file yang akan anda upload (ukuran maksimal 2MB dengan format jpg atau pdf). Unduh Bukti Prestasi untuk melihat apakah file prestasi yang sudah di upload benar atau tidak dengan validasi oleh masing-masing siswa.

Setelah selesai silahkan tekan tombol SIMPAN sehingga muncul notifikasi jika penyimpan telah berhasil.

Finalisasi

Setelah semua langkah dari a sampai e, maka langkah selanjutnya adalah finalisasi. Pastikan tampilan awal halaman Finalisasi anda akan tampil seperti pada gambar di bawah ini:

Panduan Cara Daftar SNMPTN

Finalisasi data pilihan SNMPTN Anda jika anda telah yakin bahwa semua isian sudah di isikan dengan benar. Perlu di catat, ketika anda telah melakukan Finalisasi maka seluruh isian data tidak dapat di ubah lagi dan anda tidak bisa membatalkan Finalisasi dengan cara apapun.

Jika sudah yakin benar, berikan ceklist pada pernyataan persetujuan “Saya setuju untuk finalisasi” seperti pada gambar sebelumnya pada kotak yang di beri warna merah. Langkah selanjutnya pilih Finalisasi, maka akan muncul pop-up persetujuan seperti pada gambar berikut:

Panduan Cara Daftar SNMPTN

Pilih Finalisasi jika anda sudah yakin semua isian anda sudah benar.

Kartu Registrasi

Kartu registrasi berada pada halaman yang sama dengan Finalisasi. Anda hanya bisa mengunduh kartu registrasi jika anda sudah melakukan Finalisasi.

Panduan Cara Daftar SNMPTN

Setelah itu maka kartu tanda peserta SNMPTN 2021 akan tampil seperti berikut:

Panduan Cara Daftar SNMPTN

Tampilan ini menunjukkan bahwa anda telah terdaftar sebagai peserta SBMPTN 2021, dengan demikian maka tahapan pendaftaran SNMPTN telah selesai. Demikian panduan singkat Cara Daftar SNMPTN tahun 2021. Semoga Bermanfaat.

Download panduan pendaftaran SNMPTN 2021 di sini.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: